Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AMIN SUPRAPTO, 5301906005 MINAT MASUK PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI LISTRIK PADA SMK DI PURWOREJO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AMIN SUPRAPTO, 5301906005 MINAT MASUK PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI LISTRIK PADA SMK DI PURWOREJO."— Transcript presentasi:

1 AMIN SUPRAPTO, MINAT MASUK PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI LISTRIK PADA SMK DI PURWOREJO

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AMIN SUPRAPTO - NIM : PRODI : Pendidikan Teknik Elektro - JURUSAN : Teknik Elektro - FAKULTAS : Teknik - samin_cluk pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Abdulah.M.Pd - PEMBIMBING 2 : Drs. Herdi Saputra - TGL UJIAN :

3 Judul MINAT MASUK PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI LISTRIK PADA SMK DI PURWOREJO

4 Abstrak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang berorientasi pada dunia kerja dan salah satu tujuannya memberikan bekal siap kerja kepada siswa sebagai tenaga kerja yang terampil tingkat menengah sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh dunia kerja. Dimana lulusan Sekolah Menengah Kejuruan juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kejuruannya atau bahkan jurusan yang lain, dengan harapan lebih bisa mengembangkan diri sehingga mampu bersaing menghadapi ketatnya persaingan di era global. Bertolak dari pemikiran tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “minat masuk perguruan tinggi bagi siswa kelas III Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik pada SMK di Purworejo”. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan informasi dan mengetahui seberapa besar minat masuk perguruan tinggi bagi siswa kelas III Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik pada SMK di Purworejo. Dalam penelitian ini jumlah populasi siswa kelas III Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik pada SMK di Purworejo Tahun Ajaran 2006/2007 dengan jumlah 379 siswa yang terbagi dalam 7 SMK. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proporsional Area Random Sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel yang ada sebesar 25% dari jumlah populasi yang ada maka jumlah sempelnya sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket. Sebelum instrumen penelitian digunakan, dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Setelah data diperoleh maka dilakukan analisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase minat masuk perguruan tinggi bagi siswa kelas III program keahlian teknik instalasi listrik pada SMK di Purworejo yang masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 4.2 %, kategori tinggi sebesar 73.7 % dan kategori sedang sebesar 22.1 %. Hal ini berarti bahwa minat masuk perguruan tinggi siswa masuk dalam kategori tinggi. Ada indikator yang mempunyai rata-rata prosentase sangat rendah yaitu indikator keinginan memperoleh pekerjaan yang lebih tinggi (dari dalam diri siswa) sebesar %, indikator pemberian wawasan pendidikan (lingkungan keluarga) sebesar % dan indikator teman (lingkungan sekolah) sebesar 19,25 %. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah siswa yang mempunyai minat masuk perguruan tinggi, alangkah baiknya sebelum lulus siswa mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perguruan tinggi yang ada. Orang tua hendaknya memberikan perhatian dan wawasan tentang pendidikan guna masa depan anaknya yang disesuaikan dengan keadaan sosial masing-masing keluarga. Komponen sekolah diharapkan dapat memberikan motivasi dan dorongan terhadap siswa yang mempunyai minat masuk perguruan tinggi dengan memberikan gambaran atau pengarahan tentang perguruan tinggi, salah satunya dengan membina kerjasama dengan perguruan tinggi

5 Kata Kunci

6 Referensi Abu Ahmadi & Nur Uhbiyati. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Ali Muhammad. (1984). Penelitian kependidikan prosedure dan strategi. Bandung: Angkasa. ……. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan.Bandung: Angkasa Irawati Ayana. (2004). “hubungan antara keadaan sosial ekonomi orang tua dengan minat melanjutkan keperguruan tinggi siswa kelas 3 program keahlian tektil SMK N 2 Jepara” (Skripsi). Semarang : Busana TJP. Martono Hadi. (1993). “Minat siswa sekolah menengah pertama untuk belajar ke sekolah menengah kejuruan di jawa tengah” (laporan penelitian). Semarang Puslit Ikip Semarang. Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ngalim Purwanto. (2003). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Poerwadarminta W.J.S. (2002). Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Singgih Santoso SPSS : Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Elex Media Komputinda Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung : Penerbit Tarsito Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Supriyanto Bambang. (1997). Perencanaan Instalasi Listrik. Bandung: Angkasa. Wiji Suwarno. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Winkel. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

7 Terima Kasih


Download ppt "AMIN SUPRAPTO, 5301906005 MINAT MASUK PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI LISTRIK PADA SMK DI PURWOREJO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google