Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALIM WISNU KURNIAWAN, 6101405513 SURVEI KAPASITAS VO2 MAX SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TANJUNG MAS KECAMATAN SEMARANG UTARA TAHUN 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALIM WISNU KURNIAWAN, 6101405513 SURVEI KAPASITAS VO2 MAX SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TANJUNG MAS KECAMATAN SEMARANG UTARA TAHUN 2009."— Transcript presentasi:

1 ALIM WISNU KURNIAWAN, SURVEI KAPASITAS VO2 MAX SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TANJUNG MAS KECAMATAN SEMARANG UTARA TAHUN 2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ALIM WISNU KURNIAWAN - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - alim_wisnu pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. H. Sulaiman, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Drs. Bambang Priyono, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul SURVEI KAPASITAS VO2 MAX SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TANJUNG MAS KECAMATAN SEMARANG UTARA TAHUN 2009

4 Abstrak Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah seberapa besar kapasitas VO2 Max siswa kelas V sekolah dasar di Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang tahun Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kapasitas VO2 Max siswa kelas V sekolah dasar di Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Populasi yang diambil adalah siswa sekolah dasar kelas V di Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang tahun Banyaknya populasi adalah 237 siswa. Sedangkan sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 5 siswa SDN Tanjung Mas 01, 6 siswa SDN Tanjung Mas 02, 19 siswa SD Islam Taqwiyatul Wathon., 9 siswa SD Bandarharjo, 5 siswa MI kebonharjo dan 26 siswa SD Kusuma Bhakti. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik acak wilayah ( area probablility sampling ). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah gambaran kapasitas VO2 Max siswa sekolah dasar di Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang usia tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multi Stage Fitness Test dengan beberapa kategori untuk putera maupun puteri yaitu sangat baik (A), baik ( B), sedang (C), buruk ( D ) dan sangat buruk ( E ). Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Gambaran hasil penelitian kapasitas VO2 Max siswa putera kelas V sekolah dasar di Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Kota Semarang tahun 2009 adalah 2,85 %termasuk kategori baik, 25,71 %termasuk kategori sedang dan 45,71 % termasuk kategori buruk. Kapasitas VO2 Max siswa puteri kelas V sekolah dasar di Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang tahun 2009 menunjukkan bahwa 25,92 % termasuk kategori sedang dan 55,55 % termasuk kategori buruk dan 18,51 % termasuk kategori sangat buruk.. Kapasitas VO2 Max siswa putera kelas V sekolah dasar di Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang tahun 2009 menunjukkan bahwa 2,85 % termasuk kategori baik, 25,71 % termasuk kategori sedang, 45,71 % termasuk kategori buruk dan 22,8 % termasuk kategori sangat buruk. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kapasitas VO2 Max siswa kelas V sekolah dasar di Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang termasuk dalam kategori buruk. Saran yang dapat diberikan penulis selalu menjaga kebugaran aerobik (V02 Max) dengan melakukan aktifitas fisik secara rutin, membiasakan hidup sehat, makan-makanan dan guru penjasorkes menambah waktu olahraga di luar jam kurikulum sekolah.

5 Kata Kunci VO2 MAX

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka cipta Astrand Pendidikan Kesegaran Jasmani. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dwikusworo, Eri Pratiknyo Tes dan Pengukuran Olahraga. Semarang : FIK UNNES Dwiloka, Bambang dan Rati Riana Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : PT Rineka Cipta. Lutan dan Suherman Perencanaan Pemebelajaran Penjaskes. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ________ Pengukuran dan Evaluasi Penjaskes. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Magnus dan Sundet Pendidikan Kesegaran Jasmani. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Mugiarso, Heru Bimbingan dan Konseling. Semarang : UPT MKDK UNNES Prasetyo, Bambang Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Setyawan, Ipang Kebugaran dan Kesehatan. Sharkey, Brian J Kebugaran dan Kesehatan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Soejono dan H. Abdurrahman Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta : PT Rineka Cipta dan PT Bina Adiaksara. Sudarno Pendidikan Kesegaran Jasmani. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sugandi, Ahmad Teori Pembelajaran. Semarang : UPT MKK UNES. Sugiyanto dan Sujarwo Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Suharno Biologi Untuk Sma Kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga. Sumanto, Agus Manfaat dan Terapi Air. Jakarta : Cahaya Media. Tri, Anni Catharina Psikologi Belajar. Semarang : UPT MKK UNNES.

7 Terima Kasih


Download ppt "ALIM WISNU KURNIAWAN, 6101405513 SURVEI KAPASITAS VO2 MAX SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TANJUNG MAS KECAMATAN SEMARANG UTARA TAHUN 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google