Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi Pembelajaran Pendidikan. Definisi Adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi Pembelajaran Pendidikan. Definisi Adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi."— Transcript presentasi:

1 Materi Pembelajaran Pendidikan

2 Definisi Adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

3 Jenis Materi Fakta yaitu segala hal yang bewujud kenyataan dan kebenaran, meliputi nama-nama objek, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, nama bagian atau komponen suatu benda, dan sebagainya. Konsep yaitu segala yang berwujud pengertian-pengertian baru yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran, meliputi definisi, pengertian, ciri khusus, hakikat, inti /isi dan sebagainya. Contoh, dalam mata pelajaran Biologi: Hutan hujan tropis di Indonesia sebagai sumber plasma nutfah, Usaha-usaha pelestarian keanekargaman hayati Indonesia secara in-situ dan ex-situ, dsb.

4 Jenis Materi … Prinsip yaitu berupa hal-hal utama, pokok, dan memiliki posisi terpenting, meliputi dalil, rumus, adagium, postulat, paradigma, teorema, serta hubungan antarkonsep yang menggambarkan implikasi sebab akibat. Prosedur merupakan langkah-langkah sistematis atau berurutan dalam mengerjakan suatu aktivitas dan kronologi suatu sistem. Sikap atau Nilai merupakan hasil belajar aspek sikap, misalnya nilai kejujuran, kasih sayang, tolong- menolong, semangat dan minat belajar dan bekerja, dsb

5 Cakupan Materi Penentuan cakupan atau ruang lingkup materi pembelajaran harus memperhatikan : aspek kognitif (fakta, konsep, prinsip, prosedur) aspek afektif, ataukah aspek psikomotor  diimplementasikan dalam proses pembelajaran maka tiap-tiap jenis uraian materi tersebut memerlukan strategi dan media pembelajaran yang berbeda-beda.

6 Cakupan Materi … Memperhatikan prinsip-prinsip yang perlu digunakan dalam menentukan cakupan materi pembelajaran yang menyangkut keluasan dan kedalaman materinya. Keluasan cakupan materi berarti menggambarkan seberapa banyak materi-materi yang dimasukkan ke dalam suatu materi pembelajaran. Kedalaman materi menyangkut rincian konsep- konsep yang terkandung di dalamnya yang harus dipelajari oleh peserta didik.

7 Sumber Materi Buku Laporan hasil penelitian Jurnal (penerbitan hasil penelitian dan pemikiran ilmiah) Majalah ilmiah Kajian pakar bidang studi Buku kurikulum Terbitan berkala seperti harian, mingguan, dan bulanan Situs-situs Internet Multimedia (TV, Video, VCD, kaset audio, dsb) Lingkungan (alam, sosial, seni budaya, teknik, industri, ekonomi) Narasumber

8 Tujuan Dapat membuat persiapan yang berdaya guna dan berhasil guna, Memahami berbagai aspek yang berkaitan dengan pengembangan materi pembelajaran, baik berkaitan dengan hakikat, fungsi, prinsip, maupun prosedur pengembangan materi serta mengukur efektivitas persiapan tersebut

9 Prinsip Relevansi artinya kesesuaian. Konsistensi artinya keajegan Adequacy artinya kecukupan

10 Pertimbangan Potensi peserta didik; Relevansi dengan karakteristik daerah; Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik; Kebermanfaatan bagi peserta didik; Struktur keilmuan; Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran; Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan Alokasi waktu.

11 Terima Kasih


Download ppt "Materi Pembelajaran Pendidikan. Definisi Adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google