Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN-12 PERKULIAHAN keamanan komputer By : Nanda Prasetia, ST.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN-12 PERKULIAHAN keamanan komputer By : Nanda Prasetia, ST."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN-12 PERKULIAHAN keamanan komputer By : Nanda Prasetia, ST

2 Tujuan Perkuliahan hari Kamis, 2 Agustus 2012 Diakhir kuliah mahasiswa dapat menjelaskan klasifikasi jaringan yang terdiri LAN, MAN, dan WAN serta 5 topologi jaringan.

3 Topik yang akan dibahas  Klasifikasi jaringan : LAN, MAN, WAN  Topologi jaringan

4 JARINGAN KOMPUTER ADALAH ???

5 Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi pada suatu jaringan komunikasi data.

6 Jaringan komputer mendukung adanya : 1. Resource sharing 2. Information sharing 3. Network Access

7 Resource sharing ??? Information sharing ??? Network sharing ???

8 Resource sharing, berarti penggunaan sumber data dan sumber daya secara bersama-sama oleh sejumlah stasiun komputer yang terhubung. Sumber data dan sumber daya tersebut antara lain adalah harddisk, memori, printer, plotter, scanner, CD ROM, dll

9 Information sharing, berarti dalam suatu jaringan berlaku pemakaian program-program aplikasi secara bersama-sama. Misalnya jika pada komputer A tidak memiliki program Autocad, maka dapat mengambil dan menjalankan program autocad tersebut pada komputer lain yang terhubung dan telah diisi denganprogram tersebut.

10 Network Access, merupakan kondisi dimana para pengguna dalam suatu jaringan dapat pula mengakses jaringan komputer lain yang terhubung. Seperti misalnya kita mengakses internet melalui komputer server, dll.

11 Jaringan komputer diklasifikasikan 3, yaitu : 1. Local Area Network (LAN) 2. Metropolitan Area Network (MAN) 3. Wide Area Network (WAN)

12 LAN ??? MAN ??? WAN ???

13 LAN merupakan jaringan komputer lokal yang mencakup wilayah dengan garis tengah 20 kilometer yaitu kira-kira seluas kotamadya. Tetapi pada implementasinya, kebanyakan LAN hanya digunakan dalam satu atau beberapa gedung dalam satu lingkungan saja seperti lingkungan kampus, lingkungan pabrik dan sebagainya.

14 MAN merupakan jaringan komputer kelas menengah yang mencakup seperti pada satu kota besar. Menghubungkan satu lingkungan kantor ke lingkungan kantor yang lain atau satu pusat perbelanjaan ke pusat perbelanjaan lain.

15 WAN merupakan jaringan komputer wilayah luas yang mencakup antar negara atau antar benua. Biasa disebut juga dengan Global Area Network (GAN) yaitu jaringan komputer yang wilayah jangkauannya mencakup seluruh dunia.

16 TOPOLOGI Topologi merupakan cara menghubungkan komputer atau terminal-terminal dalam suatu jaringan

17 Beberapa topologi jaringan komputer, sebagai berikut : 1. Topologi Star Network 2. Topologi Bus Network 3. Topologi Loop Network 4. Topologi Ring Network 5. Topologi Hierarki Network

18 1. Topologi Star Network Pada topologi Star Network, LAN terdiri dari sebuah central node yang berfungsi sebagai pengatur arus informasi dan penanggung jawab komunikasi dalam suatu jaringan. Jadi jika node yang satu ingin berkomunikasi dengan node yang lain maka harus melalui central node.

19

20 2. Topologi Bus Network Pada topologi bus network, node yang satu dengan node yang lain dihubungkan dengan suatu jalur data atau bus.

21

22 3. Topologi Loop Network Topologi loop Network menghubungkan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup.

23

24 4. Topologi Ring Network Topologi ring network merupakan topologi topologi hasil penggabungan antara topologi loop network dengan topologi bus network.

25

26 5. Topologi Hierarki Network Topologi hierarki network seperti pola struktur organisasi pada sebuah perusahaan.

27

28 Peer to peer Network Peer to peer network merupakan salah satu model jaringan komputer lokal dimana setiap stasiun atau terminal yang terdapat didalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi.

29 Peer to peer

30 Client server network Sistem ini menggunakan satu atau lebih komputer yang khusus digunakan sebagai server yang bertugas melayani kebutuhan komputer-komputer lain yang berperan sebagai client/workstation

31 Client server

32 Peralatan untuk melakukan interkoneksi jaringan : 1. Bridge 2. Router 3. Gateway

33 1. Bridge Bridge digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN. LAN yang dapat dihubungkan dengan bridge adalah dua buah LAN yang memiliki tipe sama seperti LAN ethernet yang satu dengan LAN ethernet yang lain, LAN token ring dengan LAN token ring yang lain.

34 Bridge

35 2. Router Router merupakan sambungan yang digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN baik yang sama tipenya maupun yang memiliki tipe yang berbeda. Jadi router dapat menghubungkan LAN ethernet ke LAN token ring, atau dari LAN token ring ke LAN token ring

36 Router

37 3. Gateway Seperti halnya router, gateway juga mampu menghubungkan dua jenis LAN yang berbeda. Tetapi hubungan antara dua buah LAN dengan interkoneksi ini merupakan model yang paling rumit. Seringkali sebuah gateway adalah sebuah PC yang dilengkapi dengan softwareemulsi pengendali. Contoh pemanfaatan gateway adalah pada penyambungan antara jaringan PC dengan komputer mainframe

38 QUIZ-2 1. Gambarkan topologi jaringan star, bus, loop, ring, hirarki ! 2. Keamanan sistem komputer terbagi 3. Tuliskan! 3. Tuliskan 4 layanan dalam kriptografi! 4. Tuliskan serangan yang mungkin terjadi pada layer 1 OSI ! 5. Tuliskan apa yang dimaksud : Plaintext, chipertext, enkripsi, dekripsi, kriptografi 6. Tuliskan apa yang dimaksud : Malicious code, Trojan horse, virus, worm, Bom Logika, adware, Spyware! 7. Gunakan vigenere chiper. Plaintext = FOREVER, Kunci = STMIK, Chipertext = ?????? 8. Gunakan vigenere chiper. Chipertext = COXUMC, Kunci = KUNCI, Plaintext = ??????


Download ppt "PERTEMUAN-12 PERKULIAHAN keamanan komputer By : Nanda Prasetia, ST."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google