Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AHMAD FEBIYANTO, 1301403065 MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODELLING (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AHMAD FEBIYANTO, 1301403065 MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODELLING (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009)"— Transcript presentasi:

1 AHMAD FEBIYANTO, MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODELLING (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AHMAD FEBIYANTO - NIM : PRODI : Bimbingan dan Konseling - JURUSAN : Bimbingan Dan Konseling - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - febi-gatel pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Sugiyo, M. Si. - PEMBIMBING 2 : Dra. Ninik Setyowani, M. Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODELLING (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009)

4 Abstrak Kepercayaan diri perlu dimiliki perlu dimiliki oleh setiap individu. Ada yang memiliki kepercayaan diri rendah atau kepercayaan diri tinggi seperti yang terjadi di SMU Negeri 1 Semarang kelas X. Bagi siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi rendah dapat ditingkatkan melalui modeling. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan modeling dan apakah permasalahan siswa yaitu kepercayaan diri siswa yang rendah dapat ditingkatkan setelah mendapatkan modeling. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan modeling dan mengetahui permasalahan siswa yaitu kepercayaan diri yang rendah dapat ditingkatkan setelah mendapatkan modeling. Penelitian ini dalam bentuk pre-ekspermental designs yang digunakan yaitu onegroup pretest-postest design. Pada design ini terdapat pre test sebelum diberi perlakuan dan post test setelah diberi perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji Wilcoxon. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini adalah 64 butir soal, dan 53 butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil pre test kepercayaan diri siswa kelas X SMU Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 tergolong memiliki kriteria rendah. Hal ini berarti kepercayaan diri baik batin, lahir dan spiritual dapat dikatakanamsih rendah. Sedangkan berdasarkan hasil post test, menunjukkan adanya peningkatan tingkat kepercayaan diri, baik secara batin, lahir dan spiritual. Walaupun perbedaan antara pre test dan post test tidak terlalu besar, namun hasil yang di peroleh secara keseluruhan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan uji Wilcoxon yang menyatakan bahwa indeks signifikansi pada Z hitung hasilnya signifikan. Untuk Z hitung = , dengan indeks signifikansi Karena < 0.05 maka hasilnya signifikan, yaitu kepercayaan diri siswa kelas X SMU Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 dapat ditingkatkan setelah mendapatkan modeling., sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

5 Kata Kunci Kepercayaan Diri, Modeling

6 Referensi Angelis, Barbara Confidance (Percaya Diri). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Asley, M PD Aja Lagi! Kiat-kiat Tampil Percaya Diri. Jakarta: Prestasi Pustaka Azwar, S Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset Bandura Social Learning Theory. United States America: Prentice Hall Self Efficacy. W.H. United States America: Freeman and Company. Corey, G Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: Refika Caulhoun, J F Psikologi Tentang Penyesuaian Dan Hubungan Kemanusaian. Semarang: IKIP Semarang Press Fauzan, L Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Malang: Elang Mas Gael Lindenfield, Alih bahasa Ediati Kamil Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jepara. Silas Press. Hakim, T Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara. Nazir, M Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia Pervin, L & Oliver P. John Personality Theory And Research. United States America: John Wiley & Sons.Inc. Pujosuwarno, S Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Yogyakarta: Menara Mas Offset Rosjidan Pendekatan-Pendekatan Modern Dalam Konseling. Malang: Universitas Malang Sugiyono Statistik Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta Statistik Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta 76 Sunawan & Mulawarman Perilaku Mencontek Mahasiswa Ditinjau Dari Segi Sikap Tentang Menyontek Dan Oreintasi Tujuan. Semarang: DIPA Unnes Hadi, S Statistik Jilid II. Yogyakarta Taylor Ros Confidance In Just 7 Days (Meraih Kepercayaan Dir Dalam Tujuh Hari). Jogjakarta: Diva Press Widarso, S Sukses Membangun Rasa Percaya Diri. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia Andi Sri Suriati Amal Tanggal 18 Desember 2009 Ubaydillah. Tanggal 26 Juni 2007

7 Terima Kasih


Download ppt "AHMAD FEBIYANTO, 1301403065 MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODELLING (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google