Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XVII METODE PENGOLAHAN DATA. PENDAHULUAN Pada bagian akan dibahas cara-cara atau metode yang digunakan untuk mengoleh sumber data guna menghasilkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XVII METODE PENGOLAHAN DATA. PENDAHULUAN Pada bagian akan dibahas cara-cara atau metode yang digunakan untuk mengoleh sumber data guna menghasilkan."— Transcript presentasi:

1 BAB XVII METODE PENGOLAHAN DATA

2 PENDAHULUAN Pada bagian akan dibahas cara-cara atau metode yang digunakan untuk mengoleh sumber data guna menghasilkan informasi bagi pemakainya. Ada 2 metode pengolahan data: –Metode pengolahan kumpulan (batch processing method) –Metode pengolahan transaksi (transaction processing method)

3 BATCH PROCESSING METHOD Merupakan metode pengolahan data yang banyak digunakan dan umum. Batch berarti pengumpulan data dalam periode yang tertentu. Batch processing berarti pengolahan terhadap data yang dikumpulkan terlebih dahulu selama beberapa periode. Contoh: Pengolahan data yang menggunakan kartu plong (punch card). Setiap periode tertentu,kumpulan data ini bersama-sama diolah untuk mengupdate file induk.

4 BATCH PROCESSING METHOD (2) Metode ini disebut juga pengolahan periodik (periodic processing) dikarenakan sifat pengolahannya yang mengumpulkan data selama periode tertentu (dapat harian, mingguan atau bulanan ). Juga disebut pengolahan tertunda (delayed processing). Periode waktu antara satu pengolahan data dengan pengolahan berikutnya pada batch processing disebut dengan siklus pengolahan (processing cycles). Lama periode siklus pengolahan tergantung beberapa faktor seperti: volume transaksi, jumlah batch yang diinginkan dan kapasitas pengolahan yg tersedia.

5 BATCH PROCESSING RUN Istilah run merupakan terminologi yg telah diterima umum untuk menunjukkan tahapan- tahapan dalam pengerjaan pemrosesan. Ada 6 dasar run didalam batch processing yaitu: –Run konversi (conversion run) –Run koreksi (edit run) –Run pengurutan (sort run) –Run pemeliharaan file (file maintenance run) –Run pengutipan file (file extraction run) –Run penghasil report (report generation run)

6 CONVERSION RUN Run konversi merupakan tahapan proses pengubahan dari data yang direkamkan ke file transaksi.


Download ppt "BAB XVII METODE PENGOLAHAN DATA. PENDAHULUAN Pada bagian akan dibahas cara-cara atau metode yang digunakan untuk mengoleh sumber data guna menghasilkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google