Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 5 Peralatan Output. Sub Topik Bahasan Macam peralatan ouput Monitor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 5 Peralatan Output. Sub Topik Bahasan Macam peralatan ouput Monitor."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 5 Peralatan Output

2 Sub Topik Bahasan Macam peralatan ouput Monitor

3 Macam Peralatan Output Visual Display Output disajikan melalui alat yang bentuknya mirip dengan televisi. Saat ini sudah merupakan satu kesatuan dari sebuah komputer

4 Kertas Output yang dihasilkan akan berbentuk cetakan huruf atau pelbagai gambar. Macam Peralatan Output

5 Speaker Ouput berupa rekaman suara dengan menggunakan pelbagai peralatan audio message

6 Macam Peralatan Output Media Magnetic Output yang ada akan disajikan dalam bentuk guratan-guratan magnetic yang bisa digunakan untuk menyimpan secara langsung hasil pemrosesan

7 Monitor Monitor merupakan interface terpenting yang menghubungkan manusia dan PC.

8 CRT LCD LED

9 Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus.

10 Teknik scan-nya (raster scan technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yg dihasilkan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi pospor.

11 Monitor LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpencar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT.

12 LED menggunakan cahaya pancaran diode (light emitting diode) sebagai sumber cahaya televisi. LED menggunakan diode untuk membuat banyak vibrant dan image yang berwarna-warni.

13 Printer Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas.

14 Daisy Wheel Printer Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan Pada saat mencetak, mekanisme dari printer akan memutar piringan. hammer (palu/pemukul) akan menekan huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita (karbon) dan kemudian diteruskan diatas kertas yang berada dibalik karbon/pita. Terjadilah pencetakan huruf demi huruf.

15 Dot Matrix-Printer Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second

16 Ink-Jet Printer Proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta ke media cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik Karena menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per- inchie), maka hasil cetakkan printer lebih bagus.

17 Laser Jet Printer mirip mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem- fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.

18 Plotter Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada Inkjet Plotter

19 Line-Printer Line printer merupakan printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini ataupun mainframe komputer.

20 Printer Digital Keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Selain itu, mutu dan kualitas gambar hasil cetak foto dari printer ink-jet, ternyata tidak maksimal Sekarang, model-model terbaru printer portable yang dapat mencetak foto digital secara cepat dan pengoperasiannya juga sederhana. Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan adanya sebuah PC.


Download ppt "Pertemuan 5 Peralatan Output. Sub Topik Bahasan Macam peralatan ouput Monitor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google