Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas Ekonometrika. Kelompok 1  Data pada file Excel Tugas, sheet CobbDouglas  Dari 51 perusahaan diamati produktivitas (OUTPUT dalam $), investasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas Ekonometrika. Kelompok 1  Data pada file Excel Tugas, sheet CobbDouglas  Dari 51 perusahaan diamati produktivitas (OUTPUT dalam $), investasi."— Transcript presentasi:

1 Tugas Ekonometrika

2 Kelompok 1  Data pada file Excel Tugas, sheet CobbDouglas  Dari 51 perusahaan diamati produktivitas (OUTPUT dalam $), investasi untuk modal (CAPITAL dalam $) dan investasi tenaga kerja (LABOR dalam $)  Tentukan tipe data pada pengamatan tersebut!  Dengan asumsi bahwa produktivitas hanya dipengaruhi oleh tenaga kerja dalam jangka pendek, berdasarkan pengamatan tersebut tentukan parameter dari fungsi Cobb Douglas!

3  Interpretasikan hasilnya!  Seberapa besar elastisitas produktivitas terhadap tenaga kerja?

4 Kelompok 2  Data pada file Excel Tugas, sheet CobbDouglas  Dari 51 perusahaan diamati produktivitas (OUTPUT dalam $), investasi untuk modal (CAPITAL dalam $) dan investasi tenaga kerja (LABOR dalam $)  Tentukan tipe data pada pengamatan tersebut!  Dengan asumsi bahwa produktivitas hanya dipengaruhi oleh investasi modal dalam jangka pendek, berdasarkan pengamatan tersebut tentukan parameter dari fungsi Cobb Douglas!

5  Interpretasikan hasilnya!  Seberapa besar elastisitas produktivitas terhadap investasi modal?

6 Kelompok 3  Data pada file Excel Tugas, sheet OKUN’SLAW  Dari 25 negara berkembang diamati laju pertumbuhan pendapatan nasional (GDPRate) dan laju pertumbuhan tingkat penyerapan tenaga kerja (EMPRate).  Tentukan tipe data pada pengamatan tersebut!  Buatlah diagram pencar yang menggambarkan hubungan kedua peubah tsb, menggunakan teori ekonomi yang melandasinya secara ‘a priori’!

7  Dengan asumsi terdapat hubungan linier, dugalah penduga parameter model tersebut (OKUN’s Law) dengan metode OLS!  Interpretasikan masing-masing koefisien!  Hitunglah koefisien elastisitas yang mengukur persentase perubahan satu peubah akibat 1 % perubahan peubah lainnya dari hasil yang ada!

8 Kelompok 4  Data pada file Excel Tugas, sheet DEMAND!  Dari 10 pasar di lokasi yang berbeda diamati jumlah suatu barang yang terjual (QUANTITY dalam kg) dan harga barang tsb (PRICE dalam $/kg)  Tentukan tipe data pada pengamatan tersebut!  Buatlah diagram pencar yang menggambarkan hubungan kedua peubah tsb, menggunakan teori ekonomi yang melandasinya secara ‘a priori’!

9  Dugalah elastisitas jumlah permintaan barang tersebut terhadap harga, ketika:

10 Kelompok 5  Data pada file Excell Tugas, sheet SALARY!  File tersebut adalah hasil pengamatan dari pegawai senior beberapa perusahaan besar di UK. Peubah:  Tentukan tipe data pada pengamatan tersebut!  Dengan asumsi terdapat hubungan linier, dugalah penduga parameter regresi yang menjelaskan gaji berdasarkan kurun waktu senioritas pegawai tersebut!  Dengan asumsi terdapat hubungan linier, dugalah penduga parameter regresi yang menjelaskan gaji berdasarkan masa kerjanya!

11  Interpretasikan hasil untuk masing-masing model!  Model yang mana yang lebih baik menjelaskan gaji? Berikan alasan!

12 Penjelasan untuk Kelompok 6, 7 dan 8  Pada file Excel Tugas sheet Expenditure  ExpServices: pengeluaran untuk jasa dalam milyar dollar tahun 1992  ExpDur : pengeluaran untuk barang tahan lama dalam milyar dollar tahun 1992  ExpNonDur: pengeluaran untuk barang tidak tahan lama dalam milyar dollar tahun 1992

13 Kelompok 6  Tentukan model yang harus dipakai untuk menduga laju pertumbuhan pengeluaran untuk jasa!  Berapa penduga laju pertumbuhan pengeluaran untuk jasa?  Berapa penduga koefisien elastisitas pengeluaran untuk jasa seiring waktu?

14 Kelompok 7  Tentukan model yang harus dipakai untuk menduga laju pertumbuhan pengeluaran untuk barang tahan lama!  Berapa penduga laju pertumbuhan pengeluaran untuk barang tahan lama?  Berapa penduga koefisien elastisitas pengeluaran untuk barang tahan lama seiring waktu?

15 Kelompok 8  Tentukan model yang harus dipakai untuk menduga laju pertumbuhan pengeluaran untuk barang tidak tahan lama!  Berapa penduga laju pertumbuhan pengeluaran untuk barang tidak tahan lama?  Berapa penduga koefisien elastisitas pengeluaran untuk barang tidak tahan lama seiring waktu?

16 Kelompok 9  Data pada Excel file Tugas sheet Advertising.  Data mengenai anggaran iklan (Expenditure dalam jutaan dollar) dari 21 perusahaan pada tahun 1983 dan jumlah pemirsa yang berhasil menirukan iklan produk perusahaan yang bersangkutan (Impression).  Bentuk dua model setelah menentukan hubungan sebab akibat dari keduanya secara a priori,  model linier-linier  model log- log!

17  Hitunglah koefisien elastisitas berdasarkan kedua model, bandingkan keduanya dan putuskan mana yang lebih tepat digunakan!

18 Kelompok 10 Domestic vs World  Data pada Excel file Tugas sheet domestikvs world  Y: GDP deflator untuk barang domestik  X: GDP deflator untuk barang impor  Diberikan dua model, mana yang paling tepat berdasarkan teori secara a priori!  Dugalah kedua model, dan tentukan mana yang menjelaskan data secara lebih baik!


Download ppt "Tugas Ekonometrika. Kelompok 1  Data pada file Excel Tugas, sheet CobbDouglas  Dari 51 perusahaan diamati produktivitas (OUTPUT dalam $), investasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google