Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ekonometrika Program Studi Statistika Semester Ganjil 2011 Dr. Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ekonometrika Program Studi Statistika Semester Ganjil 2011 Dr. Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc."— Transcript presentasi:

1 Ekonometrika Program Studi Statistika Semester Ganjil 2011 Dr. Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc

2 Data Partisipasi Tenaga Kerja

3 Penjelasan Peubah pada Data  CLFPRM: Tingkat partisipasi angkatan kerja PRIA (%)  CLFPRF: Tingkat partisipasi angkatan kerja WANITA (%)  UNRM: tingkat pengangguran PRIA (%)  UNRF: tingkat pengangguran WANITA (%)  AHE82: Pendapatan rata-rata per jam (dalam dollar tahun 1982)  AHE: Pendapatan rata-rata per jam (dalam dollar tahun yang bersesuaian)

4 Kelompok 1  Buat diagram pencar antara Tingkat partisipasi angkatan kerja PRIA dan tingkat pengangguran PRIA  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?

5 Kelompok 2  Buat diagram pencar antara Tingkat partisipasi angkatan kerja WANITA dan tingkat pengangguran WANITA  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?

6 Kelompok 3  Buatlah diagram pencar antara Tingkat partisipasi angkatan kerja PRIA dan Pendapatan rata-rata per jam (dalam dollar tahun 1982)  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?

7 Kelompok 4  Buatlah diagram pencar antara Tingkat partisipasi angkatan kerja WANITA dan Pendapatan rata-rata per jam (dalam dollar tahun 1982)  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?

8 Data Produksi Telur

9 Keterangan Data  Y1 i : produksi telur untuk negara bagian ke i di US pada tahun 1990, i =1, …, 50  X1 i : harga telur untuk negara bagian ke i di US pada tahun 1990, i =1, …, 50  Y2 i : produksi telur untuk negara bagian ke i di US pada tahun 1991, i =1, …, 50  X2 i : harga telur untuk negara bagian ke i di US pada tahun 1991, i =1, …, 50

10 Kelompok 5  Dengan asumsi bahwa data produksi telur adalah data cross section.  Buatlah diagram pencar antara produksi telur dan harga telur untuk tahun 1990 di 50 negara bagian tersebut!  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?

11 Kelompok 6  Dengan asumsi bahwa data produksi telur adalah data cross section.  Buatlah diagram pencar antara produksi telur dan harga telur untuk tahun 1991 di 50 negara bagian tersebut!  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?

12 Kelompok 7  Dengan asumsi bahwa data produksi telur adalah data pooled  Buatlah diagram pencar antara produksi telur dan harga telur! (100 data)  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?

13 Kelompok 8  Dengan asumsi bahwa data produksi telur adalah data panel  Buatlah diagram pencar antara produksi telur dan harga telur!  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Beri pembeda antara titik yang berasal dari tahun 1990 dan tahun 1991!  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut untuk masing-masing tahun, di dalam satu diagram.  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?  Apakah dua tahun tersebut menunjukkan hubungan yang berbeda?

14 Data Pengaruh Pengeluaran Iklan

15 Kelompok 9  Data mengenai anggaran iklan (Expenditure dalam jutaan dollar) dari 21 perusahaan pada tahun 1983 dan jumlah pemirsa yang berhasil menirukan iklan produk perusahaan yang bersangkutan (Impression).  Buatlah diagram pencar antara Expenditure dan Impression!  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut!  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?

16 Data Pengeluaran Konsumsi Makan dan Total Pengeluaran

17 Kelompok 9  Data mengenai pengeluaran untuk makanan (Food Expenditure) dan total pengeluaran (Total Expenditure) dalam Rupee yang diamati pada 55 rumah tangga di India.  Di sini total pengeluaran digunakan sebagai proxy bagi peubah pendapatan.  Buatlah diagram pencar antara Food Expenditure dan Total Expenditure!  Sebelumnya manfaatkan teori Ekonomi yang menjelaskan posisi kedua peubah peubah tersebut secara “A Priori”  Gambarlah perkiraan garis regresi yang menghubungkan dua peubah tersebut!  Apakah diagram pencar tsb mendukung teori yang ada?


Download ppt "Ekonometrika Program Studi Statistika Semester Ganjil 2011 Dr. Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google