Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REVOLUSI PERKEMBANGAN KOMPUTER 1.MOHD RIDWAN BIN ALWI [ 13DEM05F031 ] 2.MOHD RAHIM BIN AB RAHMAN [ 13DEM05F057 ] 3.WAN MOHD ZIKRI BIN WAN OTHMAN [ 13DEM05F035.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REVOLUSI PERKEMBANGAN KOMPUTER 1.MOHD RIDWAN BIN ALWI [ 13DEM05F031 ] 2.MOHD RAHIM BIN AB RAHMAN [ 13DEM05F057 ] 3.WAN MOHD ZIKRI BIN WAN OTHMAN [ 13DEM05F035."— Transcript presentasi:

1 REVOLUSI PERKEMBANGAN KOMPUTER 1.MOHD RIDWAN BIN ALWI [ 13DEM05F031 ] 2.MOHD RAHIM BIN AB RAHMAN [ 13DEM05F057 ] 3.WAN MOHD ZIKRI BIN WAN OTHMAN [ 13DEM05F035 ] 4.NORIZAM BT MD JUSOH [ 13DEM05F043 ] 5.SITI NURMAISARAH BT ABDULLAH [ 13DEM05F069 ] BILNAME MATRIX NO.

2 Komputer adalah sebuah alat pemrosesan data elektronik yang menerima dan menyimpan data, melakukan operasi aritmatik ( perhitungan ) dan logika ( membuat keputusan ) terhadap data dan kemudian mengeluarkan keputusan. Komputer memproses data secara automatik ( tanpa pertolongan manusia ) di bawah arahan program yang tersimpan dalam unit proses. Program tersebut berupa kumpulan instruksi dalam bentuk kode, dan ditulis oleh manusia, yang memberitahu komputer apa yang harus di kerjakan oleh kumputer untuk mengeluarkan input yang di perlukan manusia dalam pemecahan masalah. Program pada dasarnya dapat disimpan dalam media penyimpanan disket ataupun hardisk ataupun media penyimpanan ideal lainnya. Dalam hal ini program tersebut selajutnya akan disebut sebagai software (apabila disimpan di dalam disket) dan disebut fireware (apabila disimpan di dalam chip. Yang dalam pelaksanaan eksekusi perintah, program akan dikirimkan ke RAM (Random Access Memory) sebelum program tersebut beroperasi. Ada program yang dapat memberitahukan secara keseluruhan apa saja yang harus di laksanakan oleh sistem, program ini dinamakan Sistem Operasi. PENGERTIAN KOMPUTER

3 GENERASI PERTAMA ( ) Ciri-ciri : 1. Menggunakan teknologi tabung vakum hampa gas. 2. Mampu menyimpan huruf ataupun angka sebanyak karakter. 3. Menggunakan perekam teras magnet. Teras magnet adalah gelang-gelang logam yang amat kecil dan mampu memberi daya magnet dari dua arah. 4. Ukuran agak besar (hampir menyamai sebuah tempat tidur) dan diketegorikan kepada Kerangka Utama (Mainframe). Dan memerlukan aliran listrik yang boros. Contoh: - ABC, yaitu komputer digital elektronik perrtama ( ) perancangan komputer ini mulai tahun 1939 dan baru selesai 1942 memakan waktu sekitar tiga tahun. mesin ini dirancang oleh Prof John Atanasoft bersama asistennya Clifford Berry dari Iowa University. Mesin ini dirancang khusus untuk menyelesaikan persoalan dalam bentuk persamaan differensial. - -ENIAC (Electronic Numerical Integrator Andd Calculator), diciptakan oleh John W.Mauchly dan J.Presper Eskert ( ). ENIAC berukuran 140 meter persegi, berat 30 ton, menggunakan 130 kilowatt daya listrik dan 1800 tiup vakum, dan hanya bisa dipergunakan oleh orang yang terlatih. John Von Neumann akhirnya memperkenalkan penggunaan konsep nomor binary (untuk menyimpan data dalam mesin cikal bakal komputer tersebut. - EDVAC (Electronic Discrete Variable Automaatic Computer), diciptakan oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert. - EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) yang menggunakan raksa untuk menyimpan memori. - Perkembangan dan aplikasi komputer semakinn masif dan mulai memasuki pasaran publik yakni setelah Akcert bersama Mauchy mendirikan perusahan swasta pertama membuat komputer komersial dinamai dengan UNIVAC (Universal Automatc Computer). Komputer ini mulai terkenal setelah dipesan oleh Biro Sensus Amerika. - Pada tahun 1948, Ditemukannya transistor ooleh beberapa ilmuwan dari Laboratorium Bell yakni John Bardeen, Walter Brattain dan William Shockley. Kegunaan terbesar ditemukannya transistor ini adalah menjadikan sebuah sirkuit elektronik menjadi lebih kecil, cepat dan efisien dalam pemakaian energi. - IBM 701 ( 1953 ) - IBM 650 ( 1959 )

4 GENERASI KEDUA ( ) Teknologi pembuatan semikonduktor mulai merubah dunia elektronik. Unsur bahan baku pembuat semikonduktor ini berasal dari bahan Germanium dan Silikon. Bahan itu terdapat di salah satu lembah Silikon (Silicon Valley). Bermula ketika William Scockley bersama Walter dari perusahan Bell Laboratory berhasil merancang sebuah rangkaian logik (logic) pada tahun Penemuan ini dikatakan sebagai awal bagi lahirnya komputer generasi kedua. Komputer generasi kedua mulai diperkenalkan di masyarakat dengan nama Tradic sekitar tahun Pada mesin Tradic ini, CPU (Central Procesing Unit) mulai dibuat dari semikonduktor, menggantikan tabung hampa. Komputer ini beredar di pasaran seperti, Honney Well 1604, IBM 1400, UNIVAC Di sini digunakan prinsip pemograman VON Neumen, dan mulai dikembangkan bahasa komputer aras tinggi (High Level Langguage) sebagai intruksi perangkat lunak (software). Pengembangan ini mendapat sambutan hangatkalangan ilmuwan komputer hingga diberlakukan suatu standar baku bahasa aras tinggi seperti Fortran (Formula Translation). Ciri-ciri : 1. Menggunakan transistor yang menggantikan tabung hampa gas. Kerana tabung hampa gas terlalu besar dan memerlukan penggunaan daya listrik yang banyak. 2. Menggunakan pita sebagai media perekam memori. 3. Lebih kecil, ringan, murah tahan lama dan mudah digunakan. 4. Menggunakan bahasa program tingkat tingi seperti FORTRAN dan COBOL. Contoh : - DEC PDP-8, IBM 7090 dan IBM Pada tahun Para ahli di Texas Instruument menemukan IC ( Integrated Circuit). IC pertama tersebut hanya terdiri dari 6 buah transistor, dan sebagai perbandingan saat ini Intel Pentium Pro Prosesor saja memiliki lebih dari 5,5 juta transistor. Temuan Jackst Clair Kirby dari perusahan Texas Instruments (TI). Sirkuit terpadu ini merupakan suatu konfigurasi gerbang logika yang komplek ditempatkan dalam lempeng kecil (micro-chip). Perkembangan ini telah membuat revolusi terbesar bagi dunia komputer; ukuran makin kecil, kemampuan lebih andal, harga lebih murah. - IBM Yang diciptakan oleh John Bardeeen, William Shockley dan Walter Brattain. - UNIVAC M460, IBM 7090, NCR 315 dan BURROUGGHS 5000.

5 GENERASI KETIGA ( ) Tekhnologi pembuatan gerbang logik melalui untaian transistor secara terpadu pada tahun 1958 merupakan awal dari sejarah perkembangan tehnologi mikro elektronik yakni pembuatan sirkuit terpadu (Integrated Circuit). Bermula dari IBM (Internatinal Business Machine) memperkenalkan Sistem/360 untuk memenuhi semua keperluan pembuatan komputer pada saat itu. Ciri-ciri : 1. Ditemukan bahasa program BASIC dan Pascal. 2. Bermulanya era minikomputer - PDP-8 ( 1965 ) 3. Pemakaian sistem SSI (Small Scale Integration). 4. Pemakaian sistem MSI (Medium Scale Integration). Contoh : - ICL 1900 ( International Computer Limited ) dan VAC Minikomputer - PDP-8 ( 1965 ). - Tahun Pertama kali Intel memperkkenalkan 1 K-bit memory chip, dimana jumlah tersebut merupakan kapasitas yang paling besar yang belum pernah ada sebelumnya (1 Kbits sama dengan 1024 bits dan 1 byte setara 8 bit). - IBM 360 ( 1964 ) - Robert Noyce dari perusahan Fairchild Semiikonduktor menemukan tehnologi penambahan jumlah gerbang logika dalam suatu IC. Pada awal penemuan pembuatan sirkit terpadu ini hanya terdapat 1-10 gerbang dalam suatu mikrocip. bentuk klasifikasi tipe ini dewasa ini dikenal dengan SSI (Small Scale Integration). - Beberapa waktu kemudian, mikrochip dengan 10 sampai 100 gerbang mulai dibuat. Sistem ini dikenal dengan MSI (Medium Scale Integration). Tipe ini diaplikasi pada komputer yang memiliki kapabilitas pelaksanaan satu juta operasi penambahan perdetik. Memori komputer dengan menggunakan teknologi mikrochip ini mulai diterapkan jutaan byte. Komputer masa itu yang menerapkan tehnologi MSI seperti IBM- 360, IBM-370, Univac 90/30.

6 GENERASI KEEMPAT ( ) Dengan perkembangan teknik pembuatan mikrochip, lahir penemuan jenis transistor terbaru yakni jenis MOS ( Metal Oxide Semikonduktor), tahun Maka dibuat jenis mikrochip model terbaru dengan kemampuan mengintegrasikan gerbang logik sebanyak 100 sampai 1000 gerbang. Mikrochip ini diklasifikasikan dalam skala LSI (Large Scale Integration). Maka terjadilah revolusi aplikasi komputer dalam berbagai bidang seperti komunikasi, dan berbagai bidang lain. Komputer generasi keempat mulai memasuki pasaran sekitar tahun 1978, setelah penemuan Mikrochip (IC) berskala VLSI (Very Large Scale Integration), di mana teknologi ini dapat mengintegrasikan sampai transistor sebagai gerbang logik. Jenis mikrochip ini mulai diterapkan pada komputer Univac IIAX, IBM 43XX dan beberapa produk lain. Pada era ini terjadi booming berbagai jenis komputer sehingga harga per unitnya analog. Dengan penemuan tehnik VLSI ini beberapa fabrik pembuat komputer mulai membuat komputer yang berkemampuan besar yakni mampu memproses data sekitar satu miliar operasi per detik. Ciri-ciri : 1. Skala-Besar ( Large-Scale Intergration ataupun LSI ). 2. Bahasa program BASIC, Pascal, PL/1 C dan Logo mulai digunakan. 3. Memory yang ditampung lebih banyak, lebih terorganisir, danlebih akurat. 4. Penggunaan mikroprocessor (chip yang berisikan seluruh CPU, komputer yang menggunakan microprocessor disebut microcomputer).

7 GENERASI KEEMPAT ( ) Contoh: - Tahun 1971, diciptakan mikroprosesor pertaama dengan nama Intel 4004, 4 bit prosesor. - Tahun 1972, dikeluarkan mikroprosesor baruu sebagai pengganti Intel 4004 yaitu prosesor bit. – Tahun 1973, setelah sekian waktu pada tahun yang sama dikembangkan, akhirnya pada akhir 1973 Intel berhasil membuat 8080 microprosesor yang berbasiskan 8080 chip dengan 10 kali lebih cepat dibandingkan versi awal 8080 dan juga telah memiliki memory 64 K. Momen ini merupakan titik awal dari perjalanan cepat industri komputer selanjutnya. - Tahun 1975, MITS memperkenalkan kotak Altaair sebagai cikal bakal komputer personal pertama dengan menggunakan prosesor 8080, power supply, panel muka dengan lampu yang banyak dan memiliki memory 256 bytes dan paket ini dipasarkan seharga $395. Selain itu komputer ini juga memiliki open architecture bus (slots). Komputer pertama ini menjadikan ide kepada perusahaan lain untuk membuat aplikasinya, seperti dibuatnya sistem operasi CP/M (Control Program for Microprosesor) dan versi pertama program bahasa Microsoft Basic (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code). – Tahun 1975, IBM mengeluarkan komputer perssonal pertama dengan sebutan Model 5100 yang memiliki memory 16K, layar 16 baris dengan 64 karakter, bahasa BASIC interpreter dan DC-300 untuk tempat penyimpanan data. Sistem ini dijual dengan harga $9.000 dimana termasuk harga yang cukup tinggi pada saat itu. Akibatnya banyak para hacker yang mencoba untuk meniru dan menjual produk tersebut dengan hanya seharga sekitar $500. Akhirnya pihak IBM sendiri mengakui bahwa produknya tidak berhasil menguasai pasar dengan sukses. Model 5100 akhirnya digantikan oleh 5110 dan 5120, sampai akhirmya IBM sampai kepada Model 5150 yang kita kenal dengan IBM Personal Computer. - Tahun 1976, perusahaan baru Apple Computerr memperkenalkan Apple I, seharga $695. Sistem ini memiliki sirkuit yang dibaut dengan plywood, namun casing penutup dan power supply tidak diikutsertakan. Walau hanya beberapa buah yangdihasilkan namun mereka mengklaim telah menjual seharga $ kepada kolektor khusus. Sebagai kelanjutannya, Apple II dikeluarkan pada tahun Tahun 1980, pada tahun ini pertumbuhan mikkroprosesor telah didominasi oleh 2 perusahaan komputer. Jenis yang pertama adalah Apple II dan yang kedua adalah CP/M. Beberapa hal yang menarik adalah dengan adanya 2 kubu besar yang berlainan sehingga membuat para perusahaan aplikasi mulai memberlakukan kompabilitas terhadap aplikasi mereka sesuai dengan sistem yang ada, yakni PC Kompatibel dan Mac Kompatibel. - Super Computer seperti Cray-1 diperkenalkaan untuk mengkaji cuaca dan alam semesta. - VisiCalc ( Visible Calculator ), yaitu oleeh Dan Brickland.

8 GENERASI KELIMA (1980) Komputer generasi kelima telah memasuki titik klimaks, sejak terjadi penyempurnaan teknologi VLSI menjadi ULSI (Ultra Large Scale Integration). Technology ini dapat mengintegrasikan transistor dalam satu mokrochip dari menjadi gerbang logika. Komputer dapat memproses data sangat cepat dan memiliki keandalan sangat luar biasa. Komputer generasi kelima memiliki kelebihan karena diterapkannya program kecerdasan buatan (Artifical Inteligence). Program ini dapat melakukan proses perubahan/memperbaiki sendiri tanpa adanya instruksi internal, karena segala kemungkinan tentang suatu proses telah diprogram dengan sempurna. Perkembangan tehnologi mikro elektronika sangat pesat. Semikonduktor berukuran 0,1 mikrometer telah berhasil diciptakan, bahkan yang lebih kecil yaitu ukuran nanometer. Revolusi teknologi ULSI menjadi teknologi VHSIC (Very High Speed Integrated Circuit) mulai memasuki dunia elektonika. Ciri-ciri : 1. Lebih canggih, lebih murah dan mempunyai kemampuan 'melihat', 'mendengar', 'berbicara', dan 'berfikir' seperti manusia. 2. Mampu melaksanakan tugas secara bersama-sama dengan pelaksanaan program lain. CONTOH: - Ditemukan Chip dimana beribu transistor dipadatkan didalam kepingan empat segi silikon melalui proses Large Scale Integration. Chip mula menggantikan transistor sebagai bahan logik komputer. - MicroKomputer merupakan yang terkecil diddalam famili komputer digital mulai ditemukan, seperti Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair.

9 GENERASI KELIMA Bahasa program BASIC, Pascal, PL/1 C dan Logo mulai digunakan. Kebanyakan komputer memakai bahasaprogram didalam ROM untuk bahasa BASIC. Bahasa ini merupakan bahasa yang paling populer untuk microkomputer. Diproduksi Laptok, Notebook, Handheld dann Palmtop. Lebih kecil dari Microkomputer serta mudah dibawa kemana-mana. - Ditemukan Internet yaitu sistem rangkaian yang luas menggunakan protokol TCP/IP dan mampu menghubungkan komputer seluruh dunia secara global. Ada cerita menarik tentang orang-orang super jenius yang sampai saat ini sepertinya menjadi golongan outlaw (tidak tersentuh hukum). Sekitar tahun 1949, sekelompok ahli peneliti matematika melakukan riset tentang program yang disebut dengan Self Altering Automata. Teori ini diungkapkan oleh John Von Neuman. Seterusnya sampai dengan tahun 1960an, para ahli laboratorium Bell (AT&T) iseng-iseng bermain dengan teori tersebut untuk menciptakan suatu game. Intinya mereka membuat suatu program yang mampu memperbanyak dirinya sendiri dan menghancurkan program lawannya. Program yang mampu bertahan dan membasmi program lawan bermainnya dinyatakan sebagai pemenang dandiakui sebagai orang tercerdas dalam lingkungan gamers tersebut. Permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit di laboratorium-laboratorium mereka maupun laboratorium lainnya. Namun demikian, mereka menyadari bahaya dari permainan tersebut, sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan ekstra ketat. Tahun 1980an, akhirnya bobollah pengamanan tersebut. Program virus akhirnya keluar dari laboratorium. Sialnya jatuh ke tangan orang yang dianggap kurang bertanggung jawab. Lalu orang tersebut melegenda dengan sebutan CyberPunk. Awal dari kebocoran ini dianggap oleh beberapa orang akibat ulah Fred Cohen, seorang asisten profesor. Namun ada pula yang berasumsi, bahwa virus memang telah dilepas dari laboratorium sebelum Fred Cohen memaparkannya. Terlepas dari hal tersebut, yang jelas syndrom itu telah menyebar luas ke seluruh dunia dan menjadi akrab dengan kehidupan pengguna komputer. Beberapa jenis virus yang sering menyerang komputer diantaranya adalah virus boot sector, virus file, virus direct action, multi partition virus, polymorphic virus, stealth virus dan macro virus. Saya tidak akan memberitahukannya lebih jauh, karena akan menyimpang dari isi artikel ini. Silahkan kunjungi website saya di (members only)?J Oleh orang yang kagum akan kecerdasan mereka dalam mengolah data, para gamers itu dijuluki sebagai hacker. Namun pada kelanjutannya ada beberapa hacker nakal yang merusak citra komunitas hacker sejati sebagai penjahat komputer, sehingga para hacker nakal tersebut diberi julukan cracker.

10 INPUT,OUTPUT Dan KOMPONEN KOMPUTER 1.Processor Merupakan otak dan pusat pengendali komputer yang terhubung ke komponen lainnya. Processor terdiri dari sekumpulan sirkuit elektronik yang melakukan proses kalkulasi. Processor adalah kependekan dari micsroprocesor, yakni sebuah chip yang menghimpun seluruh processor, yang juga disebut dengan CPU (Central Processing Unit) yangmenjalankan seluruh proses perhitungan komputer. Ukuran processor adalah Mega Hertz (MHz), yaitu hitungan kecepatan dalam mengolah data/informasi dalam perbandingan terhadap ukuran detik. Standar MHz untuk personal komputer adalah MHz, namun dapat ditingkatkan menjadi MHz atau lebih, walaupun dalam kenyataannya kecepatan sebesar itu tidak akan menyamai kecepatan mainframe (CPU raksasa). Intinya, semakin cepat kecepatan suatu processor, maka semakin bagus kualitas processor tersebut. Merk processor yang beredar pun bermaca-macam, diantaranya adalah: INTEL, CYRIX, IBM, AMD, dan IDT.

11 INPUT,OUTPUT Dan KOMPONEN KOMPUTER 1.2. Mainboard/motherboard Adalah papan dengan chip di atasnya, dan sirkuit yang dicetak di atasnya dan di dalam bagian mainboard tersebut(printed circuit). Merupakan tempat menancapkan komponen-komponen hardware komputer.

12 INPUT,OUTPUT Dan KOMPONEN KOMPUTER 3. Memori Adalah ruang simpan sementara dalam chipkecil di dalam komputer, kebalikan sifat dari harddisk (HDD). Memori dapat berubah-rubah (volatile), seperti RAM (Random Access Memory) yang berarti segala yang disimpan di dalamnya akan hilang apabila listrik dari power supply padam atau komputer mengalami crash (komputer berhenti bekerja atau sebagian sistem tiba-tiba hang). Atau juga dapat berupa ROM (Read Only Memory) yang bersifat non-volatile yang berarti informasi tidak akan hilang walaupun terjadi hilang kontak terhadap power supply atau komputer mengalami crash. Ukuran memory adalah Byte dan 1 Byte = 8 Bit (Binary Digit). Binary sistem adalah metode angka yang hanya didasarkan pada dua digit : 1 dan 0. ª 1 Kilo Byte = 1 KB = Byte ª 1 Mega Byte = 1 MB = Byte ª 1 Giga Byte = 1 GB = KB = Byte

13 4.Card (Kartu/Printed Circuit Board/Board) Adalah sepotong plastik yang di atasnya dipasang chip (sirkuit kecil yang menjalankan komputer), dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan utama komputer atau sekedar menambah fungsi dari komputer tersebut yang ditancapkan pada mainboard.

14 6) Power Supply Adalah pemberi tenaga listrik ke peralatan komputer yang berada dalam casing (tempat khusus untuk menyimpan komponen komputer). 7) Mouse Adalah peralatan kecil yang dapat digerakkan di meja atau tempat dengan permukaan datar lainnya (mouse pad) untuk memindah gerakkan kursor di layar. Mouse bukan satu-satunya alat untuk memondah gerakkan kursor, masih ada alat lainnya, iaitu: stylus, joystick, trackball, light pen, optical mouse, dan tablet.

15 8) Operating System Adalah software pengendali master yang menjalankan komputer sejak pertama kali saat komputer di aktifkan, sistem ini adalah yang pertama yang di load ke memori. Dengan instruksi di ROM atau BIOS, sistem operasi menyediakan sarana untuk berinteraksi dengan komputer dan bagian- bagiannya, seperti disk drive, layar, dan keyboard. Selain itu sistem operasi diperlukan untuk menjalankan suatu software (program rancangan manusia yang ditujukan memecahkan permasalahan tertentu dan diolah dengan bahasa program, misalnya: COBOL, FORTRAN, Pascal, Modula-2, LISP, FORTH, Prolog, C/C++, SmallTalk, Ada, dan Logo dan lainnya). Contoh sistem operasi adalah: MS-DOS, Windows, Macinthos System 7, UNIX, LINUX, Windows NT, Taligent/Pink, OS/2, S/36 SSP (mainframe), dan OS/400.

16 9) Monitor Adalah layar komputer yang menampilkan karakter ataupun citra gambar sebagai respon terhadap aktivitas keyboard, mouse ataupun program yang sedang berjalan atas komputer tersebut. 10) Keyboard Kumpulan tuts huruf, angka mahupun simbol yang dipergunakan sebagai media penyampaian eksekusi pengguna komputer dan akan ditampilkan karakter atau citra yang sesuai dengan sifat tuts tersebut di layar terhadap program yang sedang dijalakannya.

17 LAMPIRAN Dua orang Pengaturcara sedang menggunakan kawalan utama ENIAC. Kiri: Betty Jean Jennings; Kanan: Fran Bilas. Generasi Pertama ( ) Generasi Kedua ( )

18 LAMPIRAN Generasi Ketiga ( ) Generasi Keempat ( Sekarang)

19 KESIMPULAN Bagaimanapun, komputer juga mencipta mereka yang semakin kreatif membina teknologi baru untuk digunakan oleh manusia. Pelbagai perisian yang canggih ditulis bagi pelbagai tujuan, dalam bidang Kecerdasan Buatan, bagi meramalkan gempa bumi, sehinggalah cubaan bagi meramalkan kelakuan individu dalam sesuatu kecermasan seperti kebakaran. Komputer sebagai satu alat, sama seperti pisau, boleh digunakan bagi tujuan baik atau pun buruk, bergantung kepada sifat pengguna itu sendiri. Komputer yang sudah wujud sejak sekian lama, sebenarnya telah menyumbangkan sesuatu yang bermakna dalam kehidupan manusia moden, iaitu kemajuan. Walau apa pun keburukan daripada penggunaan komputer, akar umbinya ialah manusia, iaitu manusia yang tidak bersyukur dengan kemudahan yang ada dan tidak menggunakannya secara yang tidak bijaksana. Yang pasti, jika mahu melihat keturunan kita hidup selesa, sihat, dan maju, pergunakanlah komputer sebagai wahana ilmu dan kemajuan dalam era globalisasi ini.


Download ppt "REVOLUSI PERKEMBANGAN KOMPUTER 1.MOHD RIDWAN BIN ALWI [ 13DEM05F031 ] 2.MOHD RAHIM BIN AB RAHMAN [ 13DEM05F057 ] 3.WAN MOHD ZIKRI BIN WAN OTHMAN [ 13DEM05F035."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google