Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OLEH : Ahmat Adil, S.Kom,M.Sc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OLEH : Ahmat Adil, S.Kom,M.Sc."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OLEH : Ahmat Adil, S.Kom,M.Sc

2 Sistem Sistem : sekumpulan elemen yang saling berinteraksi dan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu

3 Informasi Informasi : data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi penggunanya

4 Geografi Geografi berasal dari gabungan kata geo dan graphy. Geo berarti bumi, sedangkan graphy berarti proses penulisan, sehingga geografi berarti penulisan tentang bumi. Secara ringkas pengertian geografi mencakup hubungan manusia dengan tempat mereka berpijak dan mnguasai sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

5 Pengertian SIG GIS (Geographical Information System) atau dikenal pula dengan SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan sistem infomasi berbasis komputer yang menggabungkan antara unsur peta (geografis) dan informasinya tentang peta tersebut (data atribut) yang dirancang untuk mendapatkan, mengolah, memanipulasi, analisa, memperagakan dan menampilkan data spatial untuk menyelesaikan perencanaan, mengolah dan meneliti permasalahan.

6 Komponen Kunci SIG

7 Subsystem-Subsystem SIG

8 Data Input Bertugas untuk mengumpulkan dan mempersiapkan data spasial dan atribut dari berbagai sumber. Subsystem ini bertanggung jawab dalam mengkonversi atau mentransformasikan format-format data-data aslinya ke dalam format yang dapat digunakan oleg SIG

9 Data Output Menampilkan atau menghasilkan keluaran seluruh atau sebagaian basisdata baik dalam bentuk sftcopy maupun hard copy seperti : tabel, grafik, peta dll.

10 Data manajement Data susbsistem ini mengorganisasikan baik data spasial maupun atribut kedalam sebauh basis data sedemikian rupa sehingga mudah dipanggil diupdate dan diedit.

11 Data manipulation & analysis Menentukan informasi-informasi yang dapat dihasilan oleh SIG.selain itu subsistem ini juga melakukan manipulasi dan pemodelan data untuk menghasilkan informasi yang diharapkan.

12 URAIAN SUBSISTEM2 SIG


Download ppt "SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OLEH : Ahmat Adil, S.Kom,M.Sc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google