Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. 2 Lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. PENGERTIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. 2 Lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. PENGERTIAN."— Transcript presentasi:

1 1

2 2 Lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. PENGERTIAN

3 3 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Poster Plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan) yang disertai dengan tulisan dan gambar yang mencolok.

4 4 Biasanya di tempat umum, seperti : terminal, stasiun, pasar, rumah sakit, dan sebagainya. ditempelkan di dinding atau tembok. Dipasang di pinggir-pinggir jalan. Pemasangan Poster

5 5 Tujuan : agar sesuatu yang ada dalam poster itu dapat diketahui umum. Menjadikan masyarakat umum tertarik untuk membeli, memakai, atau mengikuti isi poster tersebut.

6 6 Bahasa poster : 1. Singkat 2. Jelas 3. Efektif 4. Mudah dimengerti 5. Menarik perhatian pembaca.

7 7 Prinsip penyusunan poster : 1. Kalimat dan gambar yang dipilih sesuai dengan tujuan penulisan poster. 2. Kalimat dalam poster bersifat mempengaruhi sehingga harus menggunakan kata yang menarik. 3. Kata-kata yang digunakan singkat dan padat agar orang lebih mudah mengingat dan mudah memahaminya dalam waktu yang singkat.

8 8 4. Dilengkapi dengan gambar agar dapat diketahui khalayak dengan cepat dan menarik. Gambar akan mendukung kalimat poster sehingga tidak perlu kalimat yang banyak gambar sudah mewakili poster.

9 9 Berdasarkan isinya, poster dibagi menjadi : 1. Poster Niaga 2. Poster Kegiatan 3. Poster Penerangan / Pendidikan 4. Poster Hiburan

10 10 1. Poster niaga bersifat menarik pembaca untuk membeli atau menggunakan suatu barang atau jasa. Contoh :

11 11 2. Poster kegiatan 2. Poster kegiatan Bertujuan memberitahukan adanya suatu kegiatan dan mengajak pembaca mengikuti atau berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Bertujuan memberitahukan adanya suatu kegiatan dan mengajak pembaca mengikuti atau berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Contoh : HADIRILAH PENGAJIAN AKBAR BERSAMA AA GYM MINGGU, 2 APRIL 2008 PUKUL S.D DI MASJID ISTIQOMAH SALATIGA

12 12 3. Poster penerangan atau pendidikan Bersifat mempengaruhi pembaca untuk melakukan atau tidak melakukan suatu perilaku tertentu. Contoh : BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA!

13 13 4. Poster hiburan Berisi pemberitahuan adanya sesuatu hal yang bersifat hiburan. Berisi pemberitahuan adanya sesuatu hal yang bersifat hiburan. Contoh : Contoh : IKUTILAH PENTAS SENI SMP N 10 SALATIGA SENIN,1 MEI 2008

14 14 Perkataan atau kalimat yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Bersifat membangkitkan semangat / suatu prinsip hidup. SLOGAN

15 15 Kalimat slogan : singkat penuh makna Contoh : 1. Pemuda sehat, negara kuat. 2. Sekali merdeka, tetap merdeka. 3. Jagalah sehatmu sebelum sakitmu. 4. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. 5. Kelas bersih, hati jernih.

16 16 CONTOH LAIN BERSIH ITU SEHAT BERSIH ITU SEHAT SCTV NGETOP SCTV NGETOP SCTV- SATU UNTUK SEMUA SCTV- SATU UNTUK SEMUA TPI- MAKIN ASYIK AJA TPI- MAKIN ASYIK AJA SALATIGA HATTI BERIMAN SALATIGA HATTI BERIMAN

17 17 LATIHAN SOAL-SOAL ! 1. Pada hari Minggu mendatang, Persib akan bertanding dengan Persebaya. Penulisan poster yang tepat sesuai dengan pernyataan tersebut adalah…. Jawab : Saksikanlah ! Pertandingan akbar PSIS melawan Persebaya, Minggu 3 Janauari 2008

18 18 2. Poster ini termasuk jenis poster…. TERTIB BERLALU LINTAS, TERTIB HUKUM. Jawaban : Poster penerangan

19 19 Pada masa sekarang banyak terjadi perseteruan antaretnik, antargolongan, antarkepentingan, terutama kepentingan politik yang mengarah pada perpecahan bangsa. Namun, pada hakikatnya setiap warga negara Indonesia tidak menghendaki perpecahan.Oleh karena itu, berbagai perkumpulan banyak yang mengajak bersatu kembali dengan kokoh, terutama pada waktu memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-60.

20 20 3. Untuk memperkuat kembali persatuan, kalimat poster yang tepat adalah…. a. Kita jalin persatuan dan kesatuan. b. Persatuan itu penting bagi kita. c.Marilah kita berseru…Indonesia bersatu. d.Bangsa Indonesia, ayo bersatulah.

21 21 4. Daerah-daerah kritis sangat memerlukan hutan lindung. Lahan kritis yang memerlukan hutan lindung di Indonesia banyak sekali. Untuk sekedar contoh, berikut ini ditunjukkan beberapa di antaranya, Waduk Jatiluhur memerlukan hutan lindung di bagian hulu sungai Citarum sebagai penahan banjir, pencegah erosi, dan sumber mata air. Daerah Jakarta dan sekitarnya memerlukan hutan lindung di Puncak. Danau Toba memerlukan hutan lindung di sekitarnya sebagai sumber air, pencegah erosi, dan banjir. Bandung Selatan sering kebanjiran karena hutan-hutan daerah aliran sungai (DAS) Citarum gundul

22 22 Kalimat poster yang tepat sebagaimana maksud wacana tersebut adalah…. a. Mari kita lestarikan hutan lindung. b. Selamatkan lingkungan dengan hutan lindung. c. Hijaukan hutan dan lingkungan. d. Hutan lindung lestari lingkungan berseri.

23 23 5. Untuk menarik simpati para tamunya, rumah makan Saung Talaga memasang poster di pinggir jalan sebelum memasuki kawasannya. Poster yang tepat untuk ilustrasi tersebut adalah….

24 24 a.Ikan bakar penggemar semua tamu rumah makan Saung Talaga. b. Singgahlah di rumah makan Saung Talaga yang selalu menyediakan ikan bakar. c. Jadilah tamu kami ! Ikan bakar di Saung Talaga. Talaga. d. Ikan bakar tersedia di Saung Talaga dan selalu menunggu Anda. selalu menunggu Anda.

25 25 6. Kalimat poster yang paling tepat adalah…. a. Dengan memperingati Hardiknas, kita sukseskan Program Wajar 9 Tahun. b. Sebagai warga negara, kita harus menyukseskan Program Wajar 9 Tahun. c. Sudah sewajarnya pendidikan di negara kita minimal 9 Tahun. d. Program Wajar 9 Tahun termasuk program kita semua

26 26 7. Kalimat poster yang menarik untuk menjaga kebersihan kelas adalah.... A. Jagalah selalu kebersihan kelas kita B. Bersih kelasku nyaman belajarku C. Tiada hari tanpa kebersihan kelas D. Kalau kelas bersih, senang belajar.

27 27 Peraturan menetapkan bahwa semua orang yang naik kendaraan bennotor harus menggunakan helm. Maka dari itu, kesadaran Anda masing- masing sebagai pengemudi kendaraan bermotor benar-benar diperlukan. 8. Kalimat poster yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah... A. Jadilah pemakai helm yang baik! B. Diperlukan kesadaran memakai helm pengaman! C. Dengan memakai helm berarti menyelamatkan jiwa Anda! D. Memakai helm melindungi jiwa pengemudi!

28 28 9. Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya di kalangan para remaja melalui festival musik, tari daerah, Slogan yang tepat ialah.,.. A. Budayaku, budayamu, budaya kita semua. B. Seni itu indah karena itu harus dilestarikan. C. Gerak tari dan musik harus membuat kita selalu ceria. ceria. D. Beragam musik dan tari nusantara adalah kekayaan yang sangat berharga. kekayaan yang sangat berharga.

29 Poster di atas tergolong …. A. Poster penerangan B. Poster pendidikan C. Poster niaga D. Poster hiburan CINTAILAH PRODUKSI INDONESIA


Download ppt "1. 2 Lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. PENGERTIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google