Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

R. SOEDRADJAD1 1.TIDAK SERIUS 2.KALIMAT IDE TIDAK MEMENUHI KALIMAT SEMPURNA (S-P-O) 3.ALAMAT: a. tidak perlu tetapi cukup

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "R. SOEDRADJAD1 1.TIDAK SERIUS 2.KALIMAT IDE TIDAK MEMENUHI KALIMAT SEMPURNA (S-P-O) 3.ALAMAT: a. tidak perlu tetapi cukup"— Transcript presentasi:

1 R. SOEDRADJAD1 1.TIDAK SERIUS 2.KALIMAT IDE TIDAK MEMENUHI KALIMAT SEMPURNA (S-P-O) 3.ALAMAT: a. tidak perlu tetapi cukup b.Tidak perlu alamat konvensional 4.PEMBAGIAN ALINEA DALAM RINGKASAN a.Masalah b.Tujuan c.Bahan dan Metode (bahan, alat, rancangan, uji, ketelitian, parameter) d.kesimpulan 5.PENULISAN KATA KUNCI (dalam bahasa Inggris, usahakan satu kata kecuali istilah spesifik, urutkan menurut huruf)

2 R. SOEDRADJAD2

3 3 Transparansi dan Poster, yang sering menjadi pelengkap dalam acara seminar, merupakan salah satu bentuk visualisasi untuk menyampaikan informasi, misalnya informasi hasil penelitian, pengamatan, gagasan dan ide pengembangan pemikiran lain. Dengan transparansi dan poster, diharapkan informasi yang ingin disampaikan menjadi lebih jelas dan menarik, cukup bagi peserta seminar untuk memahami isi tulisan ilmiah yang disampaikan oleh Penulis secara ringkas tetapi jelas. JUARA 1 POSTER ANAK (CHINA)

4 R. SOEDRADJAD4 Syarat membuat transparansi dan poster sama dengan syarat pembuatan visual yang baik, yaitu tujuh (7) syarat berikut: V isible, I nteresting, S tructured, U seful, A ccurate, L egitimate dan S imple ( VISUALS ). 1.Visible, artinya dapat dilihat oleh semua peserta di ruang penyajian dengan jelas pada jarak pandang sekitar 3 – 5 meter. 2.Interesting, artinya menarik untuk dilihat sehingga transparansi dapat meningkatkan perhatian dan minat orang untuk melihat dan membaca.

5 R. SOEDRADJAD5 3.Structured, artinya terstruktur dalam bentuk uraian yang bersistem agar pernyataan verbal dapat diikuti oleh pembacanya dengan mudah dan jelas. 4.Useful, artinya berguna dan dapat membantu menyampaikan pesan dengan baik. 5.Accurate, artinya cermat dalam isi. 6.Legitimate, artinya mengikuti persyaratan format tertentu yang telah ditetapkan. 7.Simple, artinya visual harus cukup sederhana sehingga mudah dimengerti, atau tidak terlalu rumit sehingga membingungkan. JUARA 1 POSTER ANAK (INDIA)

6 R. SOEDRADJAD6 1.Susun naskah singkat yang berisi latar belakang, tujuan dan metode dan hasil yang diperoleh. Susun kalimat dengan ukuran huruf tidak kurang dari 10 point dan dengan jenis huruf yang sederhana, misalnya Times New Roman, Tahoma, Helvetica, Arial, dan Univers. Hindari pemakaian jenis huruf yang banyak digunakan sebagai ornament sehingga sulit dibaca. 2.Buat sketsa visual naskah di atas (point 1). 3.Pilih gambar atau photo yang sesuai dengan isi naskah. 4.Susun semua bahan yang terdiri atas beberapa teks (naskah verbal) dan beberapa gambar atau foto, dalam satu rangkaian yang memberikan pengaruh pandangan yang paling baik. 5.Jika transparansi dan poster dibuat dengan berbagai warna, manfaatakan kontras, keseimbangan, warna dan susunan huruf dengan baik agar dapat meningkatkan efektivitas visual.

7 R. SOEDRADJAD7 TUJUAN Contoh penempatan Obyek Visual dalam Pembuatan Transparansi PENDAHULUAN METODE HASIL DAN PEMBAHASAN OBYEK (GAMBAR ATAU FOTO)

8 R. SOEDRADJAD8 POSTER atau TRANSPARANSI HASIL PENELITIAN


Download ppt "R. SOEDRADJAD1 1.TIDAK SERIUS 2.KALIMAT IDE TIDAK MEMENUHI KALIMAT SEMPURNA (S-P-O) 3.ALAMAT: a. tidak perlu tetapi cukup"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google