Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Poster Poster adalah salah satu bentuk media cetak grafis yang umumnya dibuat dari bahan kertas, kain, seng, papan atau bahan lainnya yang berisikan pesan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Poster Poster adalah salah satu bentuk media cetak grafis yang umumnya dibuat dari bahan kertas, kain, seng, papan atau bahan lainnya yang berisikan pesan."— Transcript presentasi:

1 Poster Poster adalah salah satu bentuk media cetak grafis yang umumnya dibuat dari bahan kertas, kain, seng, papan atau bahan lainnya yang berisikan pesan tertulis, gambar, atau keduanya.

2 Pesan dan Penyajian Poster Poster disajikan dalam berbagai bentuk, warna, ukuran. Pesan Poster diusahakan menarik perhatian sasaran. Setelah mengamati poster tersebut, diharapkan sasaran mengerti isi Pesan. Selanjutnya sasaran diharapkan berkehendak dan akhirnya mau melakukan sesuatu, sesuai dengan makna pesan yang tergambar dan tertulis pada poster tersebut.

3 “ Three Golden Rule” Adalah 3 prinsip agar poster memiliki fungsi penyampaian pesan maksimal: Simple : bentuk gambar dan tulisan pesan simpel, tidak rumit, sederhana. Understood : makna gambar dan tulisan mudah dimengerti Seen by All : Poster tersebut kalau dipasang dapat dilihat dengan jelas oleh seluruh sasaran. Poster yang biasa diggunakan, umumnya terlihat jelas dari jarak 3meter.

4 Sifat Pesan Pesan dalam poster memiliki berbagai sifat, yaitu : Informatif : memberi tahu. Promotif : menawarkan. Persuasif : membujuk. Instruktif. : menganjurkan-memaksa.

5 Jenis Poster Dalam perkembangannya, ada beberapa jenis poster yang sekarang dikenal antara lain : poster tunggal : selembar poster, dengan pesan tunggal. poster seri : beberapa poster mengandung pesan berkaitan. poster lipat : poster dengan bentuk berlipat, sering menyajikan 2 hal yang kontradiksi

6 Sifat Poster Dari berbagai jenis poster ini dikenal pula poster yang bersifat Poster Terbuka : Poster terbuka adalah poster tanpa pesan, hanya gambar. Tertutup Poster tertutup adalah poster dengan pesan gambar dan tulisan.

7 Dalam klasifikasi Edgar Dale Pada klasifikasi media menurut Edgar Dale, Poster merupakan media yang masuk dalam kelompok no.3, bersama : dengan - foto - diagram - buku dan - media cetak lainnya

8 EFEKTITAS MEDIA Lambang kata Lambang visual Gambar tetap, rekaman dan radio Gambar hidup Televisi Pameran museum Darmawisata Percontohan Pengalaman dramatisasi Pengalaman tiruan Pengalamam langsung Kurang efektip Paling efektip Menurut : Edgar Dale Melibatkan Simbol MelibatkanO bservasi Melibatkan Tindakan

9 Ciri-Ciri Poster yang baik. Gambar : gambar simpel, jelas. tidak membuat ragu persepsi sasaran dan memiliki satu maksud. Kalimat poster : disusun dengan kata-kata tepat dan ringkas Desain yang berani : pesan tertulis atau gambar yang berani, membuat sasaran melihat dengan penuh konsentrasi, terpesona, bahkan rela membuang waktu untuk melihat poster tsb. (Eye Catcher) Warna : Warna poster hendaknya terang. Warna pesan yang kontras dengan latar belakang (back ground) dan kontras dengan ingkungannya sehingga keberadaan poster menonjol.

10 Desain yang berani : pesan tertulis atau gambar yang berani, membuat sasaran melihat dengan penuh konsentrasi, terpesona, bahkan rela membuang waktu untuk melihat poster tsb. (Eye Catcher) Warna : Warna poster hendaknya terang. Warna pesan yang kontras dengan latar belakang(back ground) dan kontras dengan ingkungannya sehingga keberadaan poster menonjol.

11 Perencanaan dan pembuatan Poster Setiap poster yang akan dibuat harus direncanakan dulu, sehingga media tersebut memiliki daya guna yang tinggi. Perencanaan poster ini secara ringkas termuat dalam Spesifikasi Program. Dalam spesifikasi program termuat Topik atau pokok persoalan yang dibahas, Sasaran atau kelompok orang yang dituju berkaitan dengan pokok bahasan, Tujuan yaitu harapan perubahan perilaku dari sasaran. Setelah hal-hal tersebut ditetapkan, maka jenis media dan pesan baik berbentuk tulisan, gambar atau suara dapat dirancang.

12 SPESIKASI PROGRAM MEDIA POSTER 1. Bidang : Kesehatan. 2. Pokok Bahasan : Gizi-anemi 3. Topik : Bahan makanan sumber zat besi 4. Sasaran : anak usia sekolah- Remaja ( 6-18)

13 5 Tujuan A. Umum : anak usia sekolah/remaja dapat memahami perlunya bahan makanan sumber zat besi untuk mencegah anemia. B Khusus : 1. mengetahui sumber zat besi hewani, seperti ikan, telur, hati, daging warna merah, unggas. 2. mengetahui sumber zat besi nabati, seperti kacang-kacangan dan hasil olahnya. Misalnya tempe, tahu, 3. mengetahui sayuran segar sebagai sumber zat besi : bayam, kangkung, daun singkong, sawi hijau, 4. mengetahui buah segar sebagai sumber vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. jambu biji papaya. jeruk, nanas, mangga.

14 Alternatif 1 PESAN GAMBAR 1.DUA ANAK REMAJA, LAKI DAN PEREMPUAN USIA TH. (setengah badan) 2.REMAJA SATU MEMEGANG RAPOT YANG LAINYA MEMEGANG PIALA. 3.Dibawahnya hamparan gambar bahan makanan sumber zat besi. ( sepertiga halaman) 4.Back ground poster : merah-pink.

15 Alternatif 2 PESAN GAMBAR 1.ANAK REMAJA PEREMPUAN USIA Th. (setengah badan) 2.Tangan yang satu memegang rapot yang lainya memegang piala. 3.Dibawahnya hamparan gambar bahan makanan sumber zat besi. ( sepertiga halaman) 4.Back ground poster : merah-pink.

16 Alternatif PESAN UTAMA AKU JADI JUARA KARENA TIDAK ANEMIA. 2. ANAK PESAN : Makanlah kombinasi bahan makanan ini setiap hari

17 Alternatif PESAN UTAMA : AKU PINTAR KARENA TIDAK ANEMIA. 2. ANAK PESAN : Makanlah kombinasi bahan makanan ini setiap hari.

18 Alternatif PESAN UTAMA : PINTAR ….YES ! ANEMIA…. NO!. 2. ANAK PESAN : Makanlah kombinasi bahan makanan ini setiap hari.

19 Keterangan gambar : Foto : orang dan bahan makanan. Bahan makanan tertentu dibelah : telur, papaya, daging diiris. Karakteristik tokoh : 1.Puteri : Cantik, Ceria, publik figur. 2.Putera : Tampan, cakep, Ceria, publik figur.

20 UKURAN POSTER Panjang 60 cm, lebar 40 cm ( 60x40) Bahan : Art paper 150 gr ( konstruk 150 gr)


Download ppt "Poster Poster adalah salah satu bentuk media cetak grafis yang umumnya dibuat dari bahan kertas, kain, seng, papan atau bahan lainnya yang berisikan pesan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google