Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengenal Animasi Pengertian Animasi Animation to animate “Menghidupkan”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengenal Animasi Pengertian Animasi Animation to animate “Menghidupkan”"— Transcript presentasi:

1

2 Mengenal Animasi

3 Pengertian Animasi Animation to animate “Menghidupkan”

4 Pengertian Animasi: “Menghidupkan atau menggerakkan sesuatu (objek atau gambar) yang mati”

5

6 Beberapa Jenis Teknik Film Animasi 1.Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation) 2.Animasi Tradisional (Traditional animation) 3.Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)

7 Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation) Disebut pula claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.

8 Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)

9

10 Animasi Tradisional (Traditional animation) Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel. Dikenal juga sebagai animasi 2 Dimensi

11 Animasi Tradisional (Traditional animation)

12

13 Animasi Komputer Keseluruhan proses pembuatannya dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta spesial effeknya. Dikenal juga sebagai animasi 3 Dimensi Memerlukan keahlian khusus dalam mengoperasikan software.

14 Animasi Komputer

15

16 Software Pembuat Animasi 2 dimensi Macromedia Flash Macromedia Director ToonBoom Studio Adobe ImageReady Corel RaVe Swish Max Adobe After Effect

17 Software Pembuat Animasi 3 dimensi 3D Studio Max Maya Poser (figure animation) Bryce (landscape animation) Vue (landscape animation) Cinema 4D Blender (gratis) Daz3D (gratis)

18 Animasi untuk Pembelajaran Menjelaskan materi pelajaran yang bersifat abstrak (proses kimia). Mejelaskan materi pelajaran yang terkendala oleh waktu (sejarah). Menjelaskan materi pelajaran yang berbahaya (proses meletusnya gunung berapi) Menjelaskan suatu proses yang tidak mampu dilihat secara langsung (proses kerja mesin mobil, proses pencernaan makanan) Cocok digunakan untuk :

19 Animasi untuk Pembelajaran contoh

20 Animasi untuk Pembelajaran contoh

21 Terima Kasih


Download ppt "Mengenal Animasi Pengertian Animasi Animation to animate “Menghidupkan”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google