Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Di susun oleh: Mardani Nur jamil. Kernel merupakan komponen utama sistem komputer yang paling penting, yang merupakan jembatan antara aplikasi dan pengolahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Di susun oleh: Mardani Nur jamil. Kernel merupakan komponen utama sistem komputer yang paling penting, yang merupakan jembatan antara aplikasi dan pengolahan."— Transcript presentasi:

1 Di susun oleh: Mardani Nur jamil

2 Kernel merupakan komponen utama sistem komputer yang paling penting, yang merupakan jembatan antara aplikasi dan pengolahan data yang sebenarnya dilakukan pada bagian hardware. Dengan adanya kernel, aplikasi dalam sistem operasi dapat mengakses hardware secara aman. Kernel juga berperan untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan hardware. Tetapi, Kernel sistem operasi tidak harus ada dan dibutuhkan untuk menjalankan suatu komputer. Program dapat langsung dijalankan secara langsung dalam mesin. (contohnya CMOS Setup) sehingga para pembuat program tersebut membuat program tanpa adanya dukungan dari sistem operasi atau hardware abstraction.

3 Fungsi utama kernel adalah untuk mengelola sumber daya komputer dan memungkinkan program lain untuk menjalankan dan menggunakan sumber daya computer. dan Biasanya, sumber daya komputer terdiri dari : Central Processing Unit (CPU/prosesor) : Ini adalah bagian paling sentral dari sebuah sistem komputer, bertanggung jawab untuk menjalankan atau mengeksekusi program di atasnya. Kernel bertanggung jawab untuk memutuskan setiap saat dimana banyak program yang berjalan serta harus dialokasikan ke prosesor (yang biasanya masing- masing prosesor hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu) Memori Komputer : Memori digunakan untuk menyimpan instruksi program baik dan data. Kernel bertanggung jawab untuk menentukan memori memilih proses yang dapat menggunakan, dan menentukan apa yang harus dilakukan bila tidak cukup kapasitas memori yang tersedia. Input / output (I / O) : Perangkat Komputer seperti keyboard, mouse, printer, display dll. Disini kernel mengalokasikan permintaan dari aplikasi untuk melakukan I / O untuk melakukan perangkat yang sesuai dan memberikan metode yang nyaman untuk menggunakan perangkat.

4 Kernel Monolitik : Kernel yang menyediakan abstraksi Perangkat keras yang kaya dan tangguh. Mikrokernel : Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya. Kernel Hibrida : Pada Hybrid Kernel, terdapat beberapa tambahan kode didalam ruangan kernel untuk meningkatkan performanya. Exokernel : Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan pustaka yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hampir-hampir langsung.

5 Shell adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi. dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program

6 Fungsi Shell : Menyediakan akses ke layanan dari kernel. Fungsinya sebagai suatu jembatan antara user dengan kernel untuk mendapatkan hasil yang inginkan.

7 Bourne shell, C shell, Emacs shell, Stand alone shell, rc shell, bean shell adalah beberapa contoh shell dari UNIX. · cmd.exe · command.com · Windows power shell · Singularity shell · Google shell · Console · iSeries QSHELL · dll.

8 Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akan lebih "memikat" konsumen. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.Rowland HansonMicrosoft CorporationMS-DOS

9 Windows 1.0 Windows 2.x Windows 2000 Windows XP windows 7 Windows 8

10 software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC

11 Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.

12 Xandros Ubuntu. CentOS Debian Fedora Knoppix Gentoo Linux Slackware Mandriva Linux OpenSUSE Freespire

13

14

15

16


Download ppt "Di susun oleh: Mardani Nur jamil. Kernel merupakan komponen utama sistem komputer yang paling penting, yang merupakan jembatan antara aplikasi dan pengolahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google