Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Andy Wisnu Wardana S.Kom MCP Introduction.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Andy Wisnu Wardana S.Kom MCP Introduction."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Andy Wisnu Wardana S.Kom MCP Introduction

2

3 Komputer adalah seperangkat alat yang saling bekerja sama untuk membentuk satu kesatuan dalam menampung inputan dari pengguna, memproses data dan menampilkan outputnya.

4 Sistem Operasi Perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata, pemutar musik, browser web dan lain sebagainya Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer seperti misalnya menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dengan lancar

5 Sistem Operasi Sistem Operasi mengatur jadwal yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu karena akan menyebabkan system crash / hang. Sebelumnya sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sekarang sebagian besar Sistem Operasi sudah dapat menjalankan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan (multi tasking)

6 Bagian Sistem Operasi 1. Mekanisme boot, yaitu meletakkan kernel (aplikasi yang fokus untuk mengkontrol dan manajemen perangkat keras) ke dalam memory. 2. Command interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna. 3. Pustaka-pustaka (kumpulan) fungsi standar dari Sistem Operasi yang dapat digunakan oleh aplikasi lain. 4. Driver untuk berinteraksi dengan hardware, sekaligus untuk mengontrol mereka.

7 Vendor Sistem Operasi 1. Keluarga Microsoft Windows Windows XP Windows Vista Windows 7 2. Keluarga Unix GNU/Linux BSD (Berkeley Software Distribution) GNU/Hurd 3. Mac OS (Macintosh)

8 Perangkat teknologi informasi 1. Perangkat keras (hardware)  perangkat yang dapat dilihat dan dirasa secara fisik 2. Perangkat lunak (software)  kumpulan perintah / instruksi yang disusun teratur dan logis menggunakan bahasa pemrograman dan mempunyai tujuan tertentu 3. Pengguna (brainware)  operator atau pengguna dari sistem komputer

9 Bagan Alur Data

10 Oleh: Masrodhi Komunitas Ubuntu Indonesia

11 Sejarah Linux Seorang mahasiswa berkebangsaan Filandia yang merupakan orang pertama yang menemukannya. Linus Torvalds, demikianlah nama penemunya. Tak heran jika Linux dipakai menjadi nama operating system seperti nama penemunya. Agustus 1991, Linus mengerjakan versi Dan pada tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 5 October 1991, secara resmi meluncurkan versi 0.02.

12 Maskot Linux My Name is Tux (Torvald+Unix)

13 Definisi Linux Sistem operasi yang cara kerja maupun style-nya mirip Unix. Sistem operasi yang open source. Sistem operasi turunan Unix.

14 Project GNU Proyek GNU ini diluncurkan pada tahun 1984 untuk mengembangkan sebuah sistem operasi lengkap mirip UNIX berbasis perangkat lunak bebas: yaitu sistem GNU (GNU merupakan akronim berulang dari "GNU's Not Unix"; GNU dilafalkan dengan "genyu"). Proyek GNU untuk menyediakan komponen-komponen aplikasi yang menggunakan Linux sebagai kernelnya Setiap penyebutan Linux, menyertakan nama GNU atau tepatnya GNU/Linux untuk definisi sistem yang terdiri dari kernel Linus Torvald dan aplikasi pendukung buatan GNU

15 GPL (GNU Public License) Pada tahun 1980-an, dunia telah berubah. Dunia menjadi lebih ke arah kapitalisme, dan penggunaan komputer desktop menjadi semakin luas dan umum Contoh : Microsoft Melindungi hak orang-orang yang menggunakan perangkat lunak buatan GNU

16 Distro Linux 1. Debian, Ubuntu (Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu) 2. SuSE, openSuSE 3. RedHat, Fedora Core 4. Mandrake, Mandriva 5. Slackware 6. PCLinuxOS 7. Knoppix 8. Xandros

17 Distro Linux Versi Indonesia 1. BlankOn 2. KuliaX 3. Xnuxer

18 Keuntungan Linux 1. System Crash  Sistem Operasi Linux terkenal jarang mengalami crash atau hang 2. Keamanan  Privasi sangat diutamakan, karena setiap file pada komputer dimiliki oleh setiap individu user 3. Gratis (lisensi GPL) 4. Pembatasan Penggunaan  serial number, registration code atau kode-kode tertentu untuk menginstallnya (aktivasi) 5. Komunitas Linux

19 Sejarah Ubuntu Ubuntu adalah ideologi etis Afrika Selatan yang berpusat pada kesetiaan masyarakat dan hubungan antara satu sama lain. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa. Ubuntu (diucapkan "oo-BOON-too") dipandang sebagai konsep tradisional Afrika, yang dianggap sebagai salah satu asas pendirian republik baru Afrika Selatan dan terhubung dengan ide kebangkitan kembali Afrika. Terjemahan singkat dari makna Ubuntu adalah "rasa perikemanusiaan terhadap orang lain". Terjemahan lainnya yaitu: "kepercayaan atas ikatan universal untuk saling berbagi yang menghubungkan seluruh umat manusia".

20 Definisi Ubuntu Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).

21 Keunggulan ubuntu Ubuntu adalah [sistem operasi] lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

22 Keunggulan Ubuntu Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing- masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

23 Keunggulan Ubuntu Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

24 Kernel Kernel Linux adalah jantung dari Sistem Operasi Ubuntu. Sebuah kernel adalah bagian penting dari sistem operasi apapun, fungsinya adalah untuk menjembatani komunikasi antara perangkat keras dengan perangkat lunak.

25 Versi Ubuntu

26 Varian Ubuntu 1. Ubuntu  Distro utama berbasis Gnome 2. Kubuntu  Distro desktop berbasis KDE, 3. Xubuntu  Digunakan untuk komputer-komputer yang memiliki spesifikasi rendah. 4. Edubuntu  digunakan pada dunia pendidikan dan edukasi.

27 Logo Varian Ubuntu

28 Daftar Pustaka


Download ppt "Oleh: Andy Wisnu Wardana S.Kom MCP Introduction."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google