Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 2 Perancangan Basis Data. Query Secara umum query digunakan untuk menyatakan pengaksesan data dalam database. Namun, di dalam Access istilah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 2 Perancangan Basis Data. Query Secara umum query digunakan untuk menyatakan pengaksesan data dalam database. Namun, di dalam Access istilah."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 2 Perancangan Basis Data

2 Query Secara umum query digunakan untuk menyatakan pengaksesan data dalam database. Namun, di dalam Access istilah query lebih ditujukan untuk mengambil data. Ada 2 cara untuk melakukan query, yaitu dengan menggunakan query wizard dan query design. Query wizard menyediakan langkah yang telah terprogram dalam membuat query. Sedangkan query design memberikan keleluasaan bagi pemakai dalam membuat query.

3 Manfaatnya Query 1.Menampilkan data-data tertentu pada suatu table, contohnya kita hanya ingin melihat data pada table Mahasiswa yang Nim nya “ ” 2.Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat antara table itu ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nim “ ” itu siapa pemiliknya. Di sini kita mengambil data dari table Mahasiswa dan Table Nilai, Sebagai penghubungnya adalah field NIM.

4 3.Dapat melakukan operasi perhitungan. 4.Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report.dan Form.

5 Macam-macam query: Query design Query wizard Query dengan SQL

6 1. Query design Query design merupakan fasilitas yang memungkinkan kita dengan leluasa membuat desain query. Fasilitas ini bahkan bisa dipakai untuk menyunting hasil dari query wizard.

7 Cara membuat query dengan query design. Klik tab create Klik query desain Maka akan muncul gambar seperti berikut:

8

9 Masukan table table mhs, Matakuliah, dan table Nilai dengan menekan tombol Add. Tekan tombol Close untuk keluar dari kotak dialog show table. Masukan Field-fieldnya kedalam query Contoh: Nim, KdMatakuliah, Matakuliah, Sks, Absen, Tugas, Uts, Uas, Jumlah,Rata_Rata, Mutu Simpan query dengan nama querynilai.

10 Untuk mencari jumlah ketikan Rumus sebagai berikut: JUMLAH: ([ABSEN])+([TUGAS])+([UTS])+([UAS]) Untuk mencari rata-rata ketikan Rumus sebagai berikut: RATA_RATA: ([JUMLAH]/4)

11 Untuk mencari mutu, ketikkan rumus berikut: Mutu: IIf([RATA_RATA]>=80;"A";IIf([RATA_RATA]>=65; "B“;IIf([RATA_RATA]>=50;"C";IIf([RATA_RATA]> =45;"D";IIf([RATA_RATA]<=45;"E"))))) Tekan tombol Ị (Run) untuk melihat hasilnya

12 Lakukan hal yang sama pada langkah pembuatan query di atas untuk membuat QueryTranskip dengan Field Sbb: Nim, Nama, TempatLahir, TglLahir, KdJurusan, Jurusan, Kdmatakuliah, Matakuliah, Sks, Absen, Tugas, Uts, Uas, Jumlah, Rata_Rata, Mutu. Simpan Query tersebut dengan nama QueryTranskrip. Tekan tombol Ị (Run) untuk melihat hasilnya

13 2. Query wizard Cara memulai query wizard adalah sbb: Klik tab create Klik query wizard Maka akan muncul gambar seperti berikut:

14

15 Biarkan simple query wizard terpilih dan kemudian klik OK

16

17 Pindah semua field pada Available fields ke Selected fields dengan menggunakan tanda > Kemudian klik next, maka akan muncul gambar: Finish

18

19 3. Query dengan SQL (struktured query language) Merupakan standar yang dipakai untuk mengakses database. SQL tidak terkait pada suatu produk DBMS, kita bisa mengakses database seperti Access, Oracle, MySQL.

20 Membuat pernyataan SQL Klik query design Tutuplah kotak dialog dengan mengklik close Klik SQL View Ketikkan pada halaman query1 SELECT * FROM Qnilai; Jalankan perintah di atas dengan menggunakan tombol Ị (Run)

21 Hasilnya seperti berikut:

22 Memahami select Select merupakan suatu pernyataan SQL yang berguna untuk mengambil data dari satu atau beberapa query. SELECT daftar_field FROM nama_tabel; Contoh: SELECT * FROM Qnilai; Berarti menampilkan semua field (dinyatakan dengan *) yang ada pada query nilai.


Download ppt "PERTEMUAN 2 Perancangan Basis Data. Query Secara umum query digunakan untuk menyatakan pengaksesan data dalam database. Namun, di dalam Access istilah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google