Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pada saat Anda memulai Excel akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pada saat Anda memulai Excel akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas."— Transcript presentasi:

1 Pada saat Anda memulai Excel akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.

2 Gambar berikut menunjukkan komponen-komponen terpenting Excel, yaitu jendela workbook, ikon menu kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size button, name box, area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet, baris status, dan zoom.

3

4 isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.

5 Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.

6 Lingkungan kerja Excel sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.

7 Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel terdiri dari empat tombol sebagai berikut. Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar. Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula. Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar. Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.

8 Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell. f. Formula Bar Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).

9 Keterangan : Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar. Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya. Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.

10 Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal). h. Baris Baris berisi angka 1 sampai (jumlah baris maksimal). i.Scroll Bar Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.

11 Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain. k. Baris Status Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan. l. Zoom Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.

12 Kelebihan dari Microsoft Excel selain untuk pengolah angka (misalnya pengurangan, penjumlahan, pembagian) dapat pula digunakan untuk presentasi angka yang disisipi teks, grafik, gambar-gambar pendukung dan diagram. Sebelum pembahasan lebih jauh, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis data yang hendak diolah dalam Microsoft Excel. Dalam Microsoft Excel terdapat dua jenis data sebagai berikut.

13 Data label adalah data-data berupa teks atau karakter yang tidak akan dilakukan operasi matematika. Data label disebut juga data string atau text yang secara default format data ini adalah rata kiri, misalnya hurufhuruf, gabungan angka dengan karakter (alfa numerik) seperti nomor polisi kendaraan, dan nomor induk siswa.

14 Data value adalah data-data yang berupa angka atau rumus-rumus yang dapat dilakukan operasi matematika. Data value dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut. Numerik Numerik adalah angka-angka atau bilangan yang akan dilakukan operasi matematika yang secara default format data ini adalah rata kanan, misalnya: 0,1,2

15 Formula merupakan rumus-rumus yang dibuat baik dengan menggunakan operasi sel maupun dengan memanfaatkan fasilitas fungsi. Cara penulisan data dalam bentuk rumus harus diawali dengan tanda = (sama dengan). Dalam membuat rumus yang dituliskan bukan isi datanya melainkan alamat sel-nya.

16

17 Contoh soal sederhana dengan menggunakan format mata uang

18 Pada tabel di atas kolom jumlah uang menggunakan rumus. Untuk menuliskan kolom yang lain cukup Anda ketikkan langsung (tanpa Rp). Untuk membantu Anda dalam menuliskan data angka secara otomatis dapat dilakukan format.  Cara Memformat mata uang Caranya adalah blok kolom harga satuan kemudian klik tab menu Home pilih Format Cell. Pilih tab Number, kemudian Accounting dan atur format decimal pada listbox Decimal places. Pilih Rp Indonesia pada combo Symbol, perhatikan tampilan gambar berikut.

19

20  Memasukkan data berupa teks Untuk memasukkan data yang berupa label (alfa numerik), Anda tinggal mengetikkan teks ke dalam sel. Namun perlu diketahui bahwa penulisan data label ini penulisannya akan melewati batas sel. Untuk mengatur data tersebut perlu dilakukan format sel. Perintah ini hampir sama pada program Ms. Word, yaitu berfungsi untuk mengatur format font/huruf. Jenis font standar pada Excel adalah Arial dengan ukuran 10. Namun demikian, Anda dapat mengganti sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

21

22 Kesalahan dalam pengetikan data mungkin saja dapat terjadi. Anda dapat merevisi atau memperbaiki data tersebut dengan cara mengganti isi sel yang tekniknya adalah sorot sel tersebut, kemudian ketik data yang baru lalu tekan enter. Namun, jika Anda menginginkan untuk memperbaiki isi sel, caranya adalah pilih sel yang datanya ingin diperbaiki kemudian tekan F2, atau klik tombol kiri mouse 2 kali pada sel yang datanya ingin diperbaiki, gunakan tombol-tombol berikut untuk membantu dalam memposisikan kursor (panah pada keyboard, home, end, delete, backspace) setelah selesai tekan enter. Apabila Anda membuat kesalahan dalam memberikan suatu perintah, maka Anda dapat melakukan pembatalan terhadap perintah tersebut dengan klik Quick Access Toolbar, kemudian klik tombol Undo. Demikian sebaliknya, apabila Anda akan membatalkan perintah Undo gunakan tombol Redo.

23 Penggunaan rumus microsoft excel akan memudahkan anda dalam pengoperasian data sesuai dengan kebutuhan anda. Salah satunya anda dapat menggunakan rumus fungsi IF yang terdapat di microsoft excel,taukah fungsi IF? Fungsi rumus IF sendiri merupakan suatu nilai ataupun kondisi dimana dapat mengevaluasi TRUE (benar) jika sesuai dengan logical yang diterapkan sedangkan FALSE (salah) apabila tidak sesuai dengan logical test. Sehingga dengan menggunakan rumus logical test akan membantu anda dalam memberikan suatu nilai ataupun keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.

24 Dalam melakukan perhitungan, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan. Sebagai contoh, dari nilai mahasiswa akan ditentukan apakah mahasiswa tersebut lulus atau tidak, dan jika lulus apakah predikat dari nilainya tersebut. Dalam menangani hal ini telah disediakan fungsi untuk percabanga n, yaitu dengan mengunakan fungsi IF. Sebagai contoh dalam menampilkan status kelulusan mahasiswa dengan melihat nilai ujian yang sudah dijalaninya sebagai berikut :

25 7.1 Penggunaan Fungsi IF Untuk dapat menyelesaikannya dibutuhkan fungsi Logika yaitu fungsi IF, untuk lebih jelasnya berikut beberapa paparan tentang penggunaan fungsi IF. Fungsi IF dengan format lengkap adalah sebagai berikut : IF(logical_test;value_if_true;value_if_false) dimana : • logical_test merupakan syarat dari percabangan. • value_if_true merupakan nilai jika syarat percabangan terpenuhi. • value_if_false merupakan nilai jika syarat percabangan tidak terpenuhi. Langkah-langkah untuk menyelesaikannya melalui function wizard adalah sebagai berikut : 1. Klik pada sel D3. 2. Klik dari menu Klik Insert - > Function, kemudian muncul window seperti ini, pilih Fungsi IF, klik OK.

26 Fungsi dan contoh vlookup

27

28

29

30

31

32 Berikut adalah cara penggunaan rumus fungsi IF di Microsoft Excel : 1.Pertama tama anda dapat membuka Microsoft excel, baik yang sudah memiliki data atau anda dapat membuat tabel pada worksheet baru, misalnya tabel yang menyatakan lulus atau tidak lulus. 2.Setelah itu anda dapat memasukan rumus logika misalnya akan menerapkan rumus dengan nilai 7 ke atas dinyatakan 'LULUS' sedangkan dibawah 7 'TIDAK LULUS', maka anda dapat membuat contoh logika simpel =IF(D3>6,9;"LULUS";"TIDAK LULUS")

33 Sedangkan bagi anda yang memiliki dua data, misalnya kami contohnya mengenai laporan belajar yang terdiri dari ujian teori dan praktek maka anda dapat menggunakan rumus modifikasi, seperti =IF(D3+E3>=14;"LULUS";"TIDAK LULUS", keterangan dari rumus untuk cell D3 atau E3 dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda,setiap nama kolom mungkin akan berbeda denga pencontohan yang kami berikan, anda dapat memahami terlebih dahulu penamaan kolom pada Microsoft excel. Sedangkan untuk 14 merupakan standar kelulusan, ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam memberikan standar untuk lulus atau tidak lulus.

34 Dengan memahami fungsi rumus IF maka anda dapat memulai mengerjakan hal lain yang ternyata pas jika diterapkan dengan rumus seperti ini sehingga membantu anda dalam pengoperasian yang lebih cepat. Itulah tadi penjelasan mengenai langkah-langkah menggunakan rumus IF pada microsoft excel, semoga dapat membantu anda dalam mengoperasikan Microsoft excel.


Download ppt "Pada saat Anda memulai Excel akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google