Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOFTWARE ( Perangkat Lunak Asep Rochman, S.Sos, S.Kom, M.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOFTWARE ( Perangkat Lunak Asep Rochman, S.Sos, S.Kom, M.Kom."— Transcript presentasi:

1 SOFTWARE ( Perangkat Lunak Asep Rochman, S.Sos, S.Kom, M.Kom.

2 SOFTWARE ( Perangkat Lunak ) Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk membantu meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Software merupakan program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah : - Operasi aritmatik  + - / * - Logika  and or > < =

3 Perangkat Lunak Yang Pertama (1842) Ada Augusta adalah orang pertama yang membuat perangkat lunak, yang diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine. Nama Ada diabadikan sebagai nama sebuah bahasa komputer, yaitu Ada. Yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan. Bugs Yang Pertama (1945) Suatu saat relay komputer Harvard Mark II ditemukan rusak. Ternyata dalam relay yang rusak ditemukan sebuah kutu (bug) yang telah terjepit mati. Sejak saat itu, jika komputer tidak berfungsi atau suatu program mengalami kesalahan, maka para ahli akan mengatakan bahwa mereka sedang melakukan proses debugging (mencari kutu, maksudnya adalah mencari sebab kesalahan).

4 Klasifikasi Perangkat Lunak Perangkat lunak secara umum dibagi 2, yaitu : 1. Perangkat Lunak SISTEM - Bahasa pemrograman - Sistem operasi - Utility 2. Perangkat Lunak APLIKASI

5 Perangkat Lunak SISTEM (1) 1. Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversi arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan komputer. Contoh : BASIC, COBOL, Pascal, C++, Fortran, Visual Foxpro, Visual Basic, Delphi, dll. 2. Sistem operasi Saat komputer pertama dinyalakan akan menjalankan sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian. Contoh : DOS, LINUX, Windows, IBM OS/2, Apple’s System.

6 Perangkat Lunak SISTEM (2) 3. Utility Merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu. Contoh : Norton utility digunakan untuk mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik). Partisimagic  utk membuat partisi harddisk tanpa mengganggu data. Perangkat Lunak Pada Komputer Generasi Pertama Menggunakan bahasa mesin (machine language), yang dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa sirkuit pada komputer. Pemrogram umumnya adalah ahli teknik dan ahli matematika. Program yang dibuat bersifat unik.

7 Menurut Agung Setiawan dalam bukunya “Pengantar Sistem Komputer”, bahasa Pemrograman yang kita kenal dibagi menjadi tiga tingkatan : - Bahasa tingkat rendah ( Low Level Language ) Contoh : bahasa mesin dan bahasa rakitan (Assembly) - Bahasa tingkat menengah ( Middle Level Language ) Contoh : bahasa C - Bahasa tingkat tinggi ( High Level Language ) Bahasa tingkat tinggi diciptakan supaya membuat program menjadi lebih mudah. Perintah-perintah pada bahasa tingkat tinggi mirip dengan bahasa sehari-hari, yang kemudian akan diterjemahkan oleh komputer menjadi bahasa mesin. Visual Foxpro, Visual Basic, Delphi, dll. Contoh : BASIC, COBOL, PASCAL, Visual Foxpro, Visual Basic, Delphi, dll.

8 Perkembangan Bahasa Tingkat Tinggi FORTRAN (FORmula TRANslator) – 1957 untuk keperluan teknik dan matematika. LISP (LISt Programming) – 1958 merupakan bahasa artificial intelligence yang pertama. ALGOL (ALGOrithmic Language) – 1958 untuk memecahkan masalah-masalah umum. COBOL (Common Business Oriented Language) – 1959 GPSS (General Purpose System Simulator) – 1961 merupakan bahasa pertama untuk keperluan simulasi. BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) – PL/1 (Programming Language version 1) – 1966 merupakan gabungan dari FORTRAN, COBOL, dan ALGOL. PASCAL – yang diambil dari nama Blaise Pascal. PROLOG – yang berguna untuk operasi artificial intelligence. C – 1974 merupakan perkembangan dari bahasa B. BASIC untuk komputer mikro – dibuat oleh Paul Allen dan Bill Gates.

9 Sistem Operasi (Operating System) OS merupakan software yang pertama kali harus dijalankan / diinstall pada komputer. OS akan mengatur semua proses pada sistem komputer. Tanpa adanya OS, hardware tidak dapat dimanfaatkan, dan software-software lainnya pun tidak dapat dijalankan. Perkembangan Sistem Operasi 1954:OS pertama kali dikembangkan untuk komputer IBM : OS untuk komputer mini yang pertama. 1969: UNIX 1973: UNIX ditulis ulang dalam bahasa C dan merupakan OS pertama yang dibuat dengan bahasa tingkat tinggi. 1970: CP/M (Control Program for Microcomputer) merupakan OS paling populer untuk komputer mikro 8 bit.

10 Perkembangan Sistem Operasi 1980: DOS (Disk Operating System),merupakan OS paling populer untuk komputer mikro 16 bit. 1985: Windows 1.0, bukanlah OS yang sesungguhnya karena masih memerlukan DOS. Hanya memberikan interface grafis. 1990: Windows 3.0, awal popularitas dari OS Microsoft Windows. Juga bukan merupakan OS yang sesungguhnya. 1995: Windows 95, sudah tidak beroperasi di bawah platform DOS. Merupakan lompatan yang sangat besar dibandingkan dengan versi sebelumnya. Sistem Operasi Microsoft Windows Untuk Komputer PC Desktop Windows 95 Windows 98 Windows Millenium (Me) Windows XP Windows Vista Windows 7 Sistem Operasi Microsoft Windows Untuk Komputer PC Server Windows NT 3 Windows NT 4 Windows 2000 Windows 2003

11 Sistem Operasi Lainnya Mac OS: untuk komputer Macintosh. Linux: dapat digunakan untuk berbagai macam komputer. Palm OS: digunakan pada PDA atau smartphone. Windows Mobile: digunakan pada PDA atau smartphone. Windows CE: digunakan pada PDA. Symbian: banyak digunakan pada telepon genggam. Novell Netware: untuk komputer PC server.

12 Software Aplikasi Office Word Processor : Microsoft Word, Word Perfect, OpenOffice Writer. Spreadsheet: Microsoft Excel, Lotus 123, OpenOffice Calc. Presentation: Microsoft PowerPoint, OpenOffice Impress. Database : Microsoft Access, dll Software Aplikasi Multimedia Digital Audio Player: WinAmp, Windows Media Player. Video Player: PowerVCD, PowerDVD. Perangkat Lunak APLIKASI Software Aplikasi Internet Internet Browser: Internet Explorer, Opera, Firefox, Aurora Client: Outlook Express, Eudora. Messenger: Yahoo Messenger, MIRC. Website Designer: Microsoft Publisher, Macromedia Dreamweaver Download Manager: FileZilla. FTP Client: CuteFTP.

13 Software Aplikasi Khusus Accounting: Dac Easy Accounting, Accurate, MYOB. Statistik: SPSS, SigmaStat. AntiVirus: Norton AntiVirus, McAfee VirusScan, PCCillin, Avast File Utility: WinZip, WinRar, PGP (Pretty Good Privacy). Drawing 2D: CorelDRAW, Macromedia Freehand. Drawing 3D: 3D Max Studio, Blender, Maya. Manipulasi Image: Adobe Photoshop, Macromedia Fireworks. Engineer : AutoCAD (gambar terstruktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matermatika)

14 Terima kasih…… Softcopy materi ini, dapat di download, pada : Blog : aseprochman.wordpress.com


Download ppt "SOFTWARE ( Perangkat Lunak Asep Rochman, S.Sos, S.Kom, M.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google