Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 ANALISIS KELAYAKAN. 2 KELAYAKAN ADALAH UKURAN AKAN SEBERAPA MENGUNTUNGKAN ATAU SEBERAPA PRAKTIS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TERHADAP ORGANISASI. ANALISIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 ANALISIS KELAYAKAN. 2 KELAYAKAN ADALAH UKURAN AKAN SEBERAPA MENGUNTUNGKAN ATAU SEBERAPA PRAKTIS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TERHADAP ORGANISASI. ANALISIS."— Transcript presentasi:

1 1 ANALISIS KELAYAKAN

2 2 KELAYAKAN ADALAH UKURAN AKAN SEBERAPA MENGUNTUNGKAN ATAU SEBERAPA PRAKTIS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TERHADAP ORGANISASI. ANALISIS KELAYAKAN ADALAH PROSES PENGUKURAN KELAYAKAN. KELAYAKAN SEBAIKNYA DIUKUR SEPANJANG SIKLUS HIDUP.

3 3 PROYEK YANG DIKERJAKAN DI SATU TITIK DAPAT MENJADI TIDAK LAYAK PADA SAAT SELANJUTNYA !!!

4 4 TITIK PERIKSA KELAYAKAN PADA ANALISIS SISTEM

5 5 DEFINISI LINGKUP KELAYAKAN TIDAK LEBIH DARI PENGUKURAN TINGKAT KEPENTINGAN PERSOALAN DAN PERKIRAAN BAGIAN PERTAMA DARI BIAYA PENGEMBANGAN.

6 6 ANALISIS MASALAH KARENA PERSOALAN TELAH DIPAHAMI DENGAN LEBIH BAIK, MAKA ANALIS DAPAT MEMBUAT PERKIRAAN YANG LEBIH BAIK TENTANG BIAYA PENGEMBANGAN DAN KEUNTUNGAN YANG AKAN DIPEROLEH DARI SISTEM BARU.

7 7 ANALISIS KEPUTUSAN MENYATAKAN AKTIFITAS ANALISIS KELAYAKAN UTAMA KARENA FASE TERSEBUT MEMETAKAN SALAH SATU DARI BANYAK KEMUNGKINAN IMPLEMENTASI SEBAGAI TARGET UNTUK DESAIN SISTEM. SOLUSI ALTERNATIF DIDEFINISIKAN DALAM KONTEKS METODE INPUT/OUTPUT, METODE PENYIMPANAN DATA, PERSYARATAN PERANGKAT KERAS DAN LUNAK, METODE PENGOLAHAN, DAN IMPLIKASI ORANGNYA.

8 8 EMPAT PENGUJIAN KELAYAKAN 1.KELAYAKAN OPERASIONAL MENGUKUR TINGKAT KEPENTINGAN MASALAH. BAGAIMANA ANDA MENGUKUR KELAYAKAN OPERASIONAL? ADA 2 ASPEK KELAYAKAN OPERASIONAL YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN: 1. APAKAH MASALAH ITU CUKUP BERHARGA UNTUK DISELESAIKAN, ATAU AKANKAH SOLUSI ITU BERMANFAAT UNTUK MENYELESAIKAN SUATU MASALAH. (PIECES) 2. BAGAIMANA PENDAPAT PENGGUNA AKHIR DAN MANAJEMEN MENGENAI MASALAH (SOLUSI) ITU ?

9 9 2. KELAYAKAN TEKNIS DITUJUKAN PADA TIGA MASALAH POKOK: 1.APAKAH TEKNOLOGI ATAU SOLUSI YG DIAJUKAN CUKUP PRAKTIS? 2.APAKAH SAAT INI KITA TELAH MEMPUNYAI TEKNOLOGI YANG MEMADAI? 3.APAKAH KITA MEMPUNYAI PAKAR TEKNIS YG MEMADAI?

10 10 3. KELAYAKAN JADWAL MELEWATI TENGGAT WAKTU MERUPAKAN HAL YG PROBLEMATIS, NAMUN MENGEMBANGKAN SISTEM YG TIDAK MEMADAI DAPAT MENJADI MALAPETAKA.

11 11 4. KELAYAKAN EKONOMIS KELAYAKAN EKONOMI DAPAT MEMPERKIRAKAN BIAYA DAN KEUNTUNGAN TIAP ALTERNATIF. MASALAH OPERASIONAL DAN EKONOMIS SERING BERTENTANGAN. CON: SOLUSI YG MENYAJIKAN HASIL OPERSIONAL TERBAIK BAGI PENGGUNA AKHIR BISA SAJA YANG PALING MAHAL.

12 12 ANALISIS KELAYAKAN SISTEM KANDIDAT MATRIK SISTEM KANDIDAT ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENDOKUMENTASIKAN KEMIRIPAN DAN PERBEDAAN ANTARA SISTEM KANDIDAT

13 13 KarakteristikKandidat 1Kandidat 2 Bagian sistem yang dikomputerisasiMembangun sistem informasi sekolah berbasis web menggunakan bantuan programmer. Sama dengan kandidat 1 Keuntungan SI5D 1.Memiliki hak cipta sepenuhnya terhadap website. 2.Memiliki kontrol penuh terhadap pengembangan aplikasi dalam website. 3.Permintaan perubahan fitur dapat dengan mudah dilaksanakan. Sama dengan kandidat 1 Server dan workstationMenggunakan komputer yang telah ada, dengan spesifikasi sebagai berikut: Intel Pentium 4 2,67GHz, memory DDR 512 Mb, Harddisk 80Gb, dengan sistem operasi windows XP. Sama dengan kandidat 1 Alat Perangkat Lunak yang Dibutuhkan1.Appserv versi yang terdiri dari: a.Apache web server versi b.PHP script language versi c.MySQL database versi d.phpMyAdmin Database Manager versi Macromedia Dreamweaver 8. 2.Mozilla Firefox. 1.ASP. 2.SQL server Macromedia Dreamweaver Mozilla Firefox. Perangkat Lunak AplikasiCustom solution Metode Pemrosesan DataClient serverSama dengan kandidat 1 Alat Output dan ImplikasinyaMonitor dan printer HP Deskjet D1360 Sama dengan kandidat 1 Alat Input dan ImplikasinyaKeyboard dan mouse Alat Penyimpanan dan ImplikasinyaMySQL ServerMs. SQL Server

14 14 MATRIK ANALISIS KELAYAKAN PERINGKAT MATRIK KEDUA INI MELENGKAPI MATRIKS SISTEM KANDIDAT DENGAN SEBUAH ANALISIS DAN PERINGKAT SISTEM KANDIDAT.

15 15 KriteriaBobotKandidat 1Kandidat 2 Kelayakan Operasional30 %Sepenuhnya mendukung fungsionalitas yang dibutuhkan pemakai. Skor: 100 Sama dengan kandidat 1 Skor : 100 Kelayakan Teknis30 %Sistem operasi yang digunakan berlisensi sedangkan bahasa pemrograman dan basis data menggunakan produk open source. Proses instalasi dilakukan hanya pada komputer server. Skor: 85 Sistem operasi, bahasa pemrograman dan basis data yang digunakan adalah produk yang berlisensi. Proses instalasi hanya dilakukan pada komputer server. Skor: 90 Kelayakan Ekonomis30 %Biaya Pengembangan: Rp Payback Period: + 1 tahun 1 bulan NPV: Rp Perhitungan detail: Lihat lampiran Skor: 95 Biaya Pengembangan: Rp Payback Period: + 1 tahun 4 bulan NPV: Rp ,7 Perhitungan detail: Lihat lampiran Skor: 85 Kelayakan Jadual10 %5 bulan Skor: 85 5 bulan Skor: 85 Peringkat100%92,591

16 16 ADA PERTANYAAN SI5C/SI5B/19/21/12/ 2011


Download ppt "1 ANALISIS KELAYAKAN. 2 KELAYAKAN ADALAH UKURAN AKAN SEBERAPA MENGUNTUNGKAN ATAU SEBERAPA PRAKTIS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TERHADAP ORGANISASI. ANALISIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google