Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TV MATERI KULIAH MENGENAL TEKNOLOGI EDITING DAN POLA EDITING SELASA-02 DESEMBER 2008 OLEH: BUDIYANTO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TV MATERI KULIAH MENGENAL TEKNOLOGI EDITING DAN POLA EDITING SELASA-02 DESEMBER 2008 OLEH: BUDIYANTO."— Transcript presentasi:

1 TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TV MATERI KULIAH MENGENAL TEKNOLOGI EDITING DAN POLA EDITING SELASA-02 DESEMBER 2008 OLEH: BUDIYANTO

2 TEKNOLOGI EDITING  PADA DASARNYA, EDITING FILM DAN VIDEO TIDAK ADA BEDANYA.  HAL YANG MEMBEDAKANNYA ADALAH ASPEK TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN.

3 TEKNOLOGI EDITING  SYSTEM EDITING 1. LINEAR EDITING;  PROSES EDITING DILAKUKAN SECARA LANGSUNG DAN APABILA TERDAPAT KEKURANGAN DAN KESALAHAN AKAN DILAKUKAN PENGULANGAN.  MEDIA YANG DIGUNAKAN TAPE TO TAPE  MESIN EDITING MENGGUNAKAN VTR ( VIDEO TAPE RECORDING)  TEKNIK OPERASIONALNYA MERUPAKAN TRANSFER DARI TAPE KE TAPE.  PADA UMUMNYA, PERALATAN INI HANYA DIMILIKI OLEH KALANGAN BROADCASTING HOUSE/ STASIUN TV ATAU PRODUCTION HOUSE SKALA BESAR.  INVESTASINYA SANGAT MAHAL.

4 TEKNOLOGI EDITING  SYSTEM EDITING 2. NON LINEAR EDITING  PROSES EDITING DILAKUKAN TIDAK SECARA LANGSUNG YAITU HARUS MELALUI PROSES DIGITIZING SEBELUM EDITOR MELAKUKAN EDITING.  MEDIA REKAM BERUPA HARD DISK ATAU DISK STORAGE.  MESIN EDITING BERUPA PERSONAL COMPUTER (PC).  TEKNIK OPERASIONALNYA HANYA DENGAN MEMBUKA FILE DATA YANG TERSIMPAN DALAM HARD DISK.  KEPEMILIKAN TIDAK TERBATAS HANYA BROADCASTING HOUSE DLL, NAMUN SUDAH MERAMBAH PADA LEVEL PEHOBI (PERSONAL).  INVESTASINYA RELATIF TIDAK MAHAL DISESUAIKAN KEBUTUHAN.

5 LINEAR SYSTEM  JENIS EDITING 1. OFF LINE EDITING PROSES EDITING TAHAP AWAL DENGAN METODE DAN TEKNIK CUT TO CUT ( TEKNIK CUT KASAR). 2. ONLINE EDITING. AB SUITE/ROLL PROSES EDITING TAHAP BERIKUTNYA/ SETELAH MELALUI PROSES OFF LINE EDITING DAN BIASANYA EDITOR MENAMBAHKAN BEBERAPA EFEK VISUAL,INSERT CG, GRAFIS DAN SOUND EFEK, DLL.

6 MESIN EDITING  LINEAR EDITING ( OFF LINE)

7 MESIN EDITING  LINEAR EDITING ( AB SUITE/ROLL)

8 MESIN EDITING  NON LINEAR

9 NON LINEAR SET-UP  SET UP

10 EDITING LINEAR  ADA 2 TIPE -POLA EDITING; 1. INSERT EDITING ADALAH MEREKAM SHOT BARU KE TENGAH TAPE YANG SUDAH ADA ISINYA. INSERT EDITING BIASANYA MEMASUKKAN BLACK DAN COLOR BURST NOTE: MEMASUKKAN INSERT EDIITNG TIDAK MENGGANGGU TIME CODE YANG SUDAH ADA SEHINGGA TIMECODE TIDAK TERPUTUS.

11 EDITING LINEAR  2. ASSEMBLE EDITING MERUPAKAN METODE EDITING KEBAGIAN TAPE YANG MASIH KOSONG PADA SUATU MODE LINEAR. TRACK KONTROL, TIMECODE, VIDEO DAN AUDIO DIREKAM SECARA SIMULTAN DAN DIGABUNGKAN DENGAN BAGIAN AKHIR DARI MATERI YANG DIREKAM LEBIH DAHULU.

12 EDIT VIEW  INSERT VIDEO  BEFORE  AFTER/ EDIT

13 EDIT VIEW  INSERT AUDIO BEFORE AFTER

14 POLA TEKNIS EDITING  KEBUTUHAN-KEBUTUHAN TEKNIS EDIT 1. MASUKKAN DAN KELUARKAN REPLAY TIMECODE MASUKKAN IN POINT PADA KASET YANG AKAN DIEDIT PREVIEW EDITING PERIKSA STABILITAS SINC PRE ROLL SAAT MENGGUNAKAN TIMECODE FREE RUN LAKUKAN EDITING. PERIKSA EDIT PASTIKAN EDIT SUDAH BENAR ( SECARA TEKNIS) DALAM SOUND DAN GAMBAR. SELAIN ITU PERIKSA JUGA EDIT TERJADI PADA TEMPAT YANG DIBUTHKAN. KETIKA DUA SHOT AKAN DICUT BERSAMAAN, PERIKSALAH BAHWA ADA KONTINUITAS PADA CUT.

15 TIMECODE  TIMECODE

16 TIMECODE  STANDAR PRESESI UNTUK IDENTIFIKASI TIAP FRAME VIDEO YANG TEREKAM DALAM KASET BERBENTUK ANGKA YANG TERDIRI DARI: JAM, MENIT, DETIK DAN FRAME.  TIMECODE DIGUNAKAN UNTUK PROSES EDIT SEBAGAI PENANDA IN POINT-OUT POINT ( MARK IN-MARK OUT)

17 RECORDING  ADA 4 TEKNIK RECORDING 1. LIVE ON TAPE ADALAH PROSES RECORDING PROGRAM SHOW YANG DILAKUKAN SECARA LANGSUNG (LIVE) DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLE CAMERAS DAN VIDEO SWITCHER. 2. RECORDING SEGMENTS ADALAH PROSES RECORDING PROGRAM YANG DIPRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLE CAMERAS DAN DILANJUTKAN PRODUKSINYA MELALUI PROSES POST PRODUCTION EDITING.

18 RECORDING  3. RECORDING DENGAN SINGLE CAMERA ADALAH PROSES RECORDING PROGRAM DENGAN MENGGUNAKAN SINGLE CAMERA DAN PROSES LANJUTAN MELALUI PROSES EDITING. BIASANYA PROGRAM KOMERSIAL, DOKUMENTER DLL.

19 RECORDING  4. RECORDING DENGAN MULTIPLE CAMERA/VTRS ADALAH PROSES RECORDING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLE CAMERAS/ VTRS. VTRS ADALAH MATERI TAMBAHAN YANG ISINYA MERUPAKAN KELENGKAPAN VISUAL/GRAFIS DLL SEBAGAI BAGIAN PROGRAM YANG UTUH.

20 END  SAMPAI JUMPA LAGI


Download ppt "TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TV MATERI KULIAH MENGENAL TEKNOLOGI EDITING DAN POLA EDITING SELASA-02 DESEMBER 2008 OLEH: BUDIYANTO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google