Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tren TIK. 1. Annisa Tria Apriliani1413100004 2. Luvita Endah D P1413100009 3. Zahrotun Nisa’1413100014 4. Mardatila Shafira Z S1413100029 5. Leli Endah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tren TIK. 1. Annisa Tria Apriliani1413100004 2. Luvita Endah D P1413100009 3. Zahrotun Nisa’1413100014 4. Mardatila Shafira Z S1413100029 5. Leli Endah."— Transcript presentasi:

1 Tren TIK

2 1. Annisa Tria Apriliani Luvita Endah D P Zahrotun Nisa’ Mardatila Shafira Z S Leli Endah S

3

4  Iklan adalah fenomena kontemporer abad 20  Dimulai pada kelompok – kelompok kecil, mencoba mempengaruhi orang lain untuk membeli barang komoditas sehari-hari.  Dunia periklanan mengalami perkembangan sepanjang abad 20  Periklanan muncul pada lima media utama yaitu: surat kabar, majalah, radio, televisi, dan media outdoor

5  Pada tahun 1920-an, radio sebagai iklan semakin menguat dan memunculkan para pengiklan melalui siaran radio.  Pada masa Perang Dunia II, televisi muncul sebagai wahana untuk menyampaikan iklan, khususnya setelah pendirian jaringan televisi nasional di Amerika pada tahun 1948.

6  Perkembangan yang paling revolusioner adalah iklan lewat teknologi internet dan mobile (mobile adverstising).  Salah satu aspek yang paling menarik dari internet dan mobile adalah kemampuan interaktifnya. Iklan interaktif memungkinkan respon langsung dari pelanggan terhadap iklan yang disampaikan.

7  Mencapai high quality customers  Mengurangi ongkos kertas dan pemasaran (paperless environment) sebagai media pertukaran data yang dapat diakses kapan saja, dimana saja, oleh siapa saja, sehingga dapat mencapai banyak pelangggan.

8  Iklan di Digital Video Recorder (DVR) atau advertainment merupakan kombinasi iklan ke dalam isi produk entertainment. Contohnya iklan yang muncul sebelum film DVD atau bioskop diputar.  Product placement, yaitu menyisipkan produk pada sebuah acara entertainment. Misalnya di acara Oprah Winfrey Show, di acara Indonesian Idol atau AFI, dan sebagainya.

9 E-Commerce 3 Tipe Aplikasi E-Commerce: a. Electronic Markets (EMS) b. Elektronic Data Interchange (EDI) c. Internet Commerce

10  Sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menya jikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingk an berbagai macam harga yang ditawarkan.

11  Sarana untuk mengefisienkan pertukaran dat atransaksi - transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara org anisasi - organisasi komersial.

12  Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegi atan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa.

13  Mencapai high quality customers  Konsumen yang benar-benarterfokus (targetted customers).  Dengan menempatkan iklan / promosi pada halaman internet yang spesifik,  Iklan dapat termonitor dengan program khusus.  Biaya relatif lebih murah dan produk dapat terpromosikan dengan cepat.

14  Meskipun mampu menjangkau khalayak lintas benua dan negara tetapi untuk Indonesia internet masih dimiliki oleh sedikit kelompok masyarakat tertentu (belum memasyarakat) serta hanya di daerah perkotaan.  Eksposure yang terbatas: Hanya dapat dieksposure oleh calon konsumen yang berniat mengunjungi suatu situs dan yang mengetahui penggunaan komputer serta internet. Pemesanan barang ataupun jasa secara online relatif belum aman dan belum menjamin perlindungan calon konsumen.

15

16  Adalah proses jual- beli melalui internet tanpa harus saling bertatap muka antara penjual dan pembeli.

17  Online shop mulai dikenal sejak tahun  Toko buku online yang didirikan oleh Jeff Bezoz, mencatat sejarah dengan menjadi toko buku pertama yang hadir di Internet.  Mengikuti sukses dari Amazon, banyak toko buku yang memiliki toko secara fisik, juga hadir di Internet. Kemudian, portal seperti Yahoo.com dan MSN.com juga memulai kanal belanja online dimana orang-orang dapat membeli produk yang lebih bervariasi.

18  Meskipun belanja online masih belum terlalu besar dan populer di Indonesia, pertumbuhan angkanya semakin meningkat setiap tahunnya. Perkiraan tahun 2011, total belanja online di Indonesia mencapai 0.9 milyar dollar, dengan rata-rata pembelanjaan per orang sebesar 256 dollar, dan persentase pengguna online shop dibanding populasi pengguna internet adalah 6,5%.

19  Travel adalah kategori yang paling populer dalam pembelian online. Seperti tiket online, saat ini penjualan tiket pesawat online semakin meningkat dari waktu ke waktu.  Masyarakat dapat mengunjungi website maskapai penerbangan dan memesan tiket seperti makemytrip.com  Expedia.com dimana anda dapat memesan paket perjalanan dan hotel. Selain itu juga memesan melalui online seringkali mendapatkan potongan harga yang menarik.

20  Sifatnya yang mudah, cepat dan terkadang lebih murah. Secara umum, dibanding berdiri di antrian yang panjang menunggu giliran membeli tiket, orang lebih suka cara yang lebih sederhana dengan log-in di website dan membeli langsung secara online. Dalam beberapa hal, anda mungkin berkenan membayar harga premium untuk pembelian online dikarenakan faktor kemudahan dan kenyamanannya.

21  Kurang dapat dipercaya karena pembeli dan penjual tidak saling bertatap muka.  Rawan terjadinya penipuan.  Rawan terjadinya hit and run.

22  Pertama, masalah toko online timbul dari pelaku usaha toko online. Beberapa pelaku dunia usaha mengaku masih kesulitan membuat website penjualan dengan tampilan menarik dengan fitur-fitur yang mendukung.  Kedua, kesulitan dalam sistem pembayaran karena masyarakat di Negara berkembang termasuk Indonesia relative sedikit yang mengguanakan fasilitas kartu kredit dan perbankan.

23  Ketiga, keamanan penggunaan internet. Dalam dunia maya seperti internet, telah terjadi berbagai modus penipuan dan virus- virus yang dapat mengakses username dan password secara sepihak.

24  Mewaspadai adanya penipuan  Gunakan 'jalur aman'  Cek vendor dan aplikasi  Sering melakukan update  Pakai password  Pakai kartu kredit

25  Jangan takut untuk memulai usaha  Sebaiknya tawarkan produk yg memiliki keunikan tersendiri  Pedagang toko online berusaha meyakinkan konsumen  Menggunakan jejaring sosial yang mudah digunakan dan akrab di masyarakat seperti facebook dan twitter

26  Menggunakan WebStore Toko Online yang bisa membantu membuat dan mendesain Web toko online sesuai keinginan pelaku bisnis  Pedagang dapat memanfaatkan modem internet yang saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi.


Download ppt "Tren TIK. 1. Annisa Tria Apriliani1413100004 2. Luvita Endah D P1413100009 3. Zahrotun Nisa’1413100014 4. Mardatila Shafira Z S1413100029 5. Leli Endah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google