Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DESKTOP WINDOWS & KONFIGURASI Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DESKTOP WINDOWS & KONFIGURASI Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 DESKTOP WINDOWS & KONFIGURASI Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

2 TAMPILAN DESKTOP WINDOWS 7 Icon Wallpaper Gadget Quick Launch Task BarStart Menu

3 Desktop merupakan suatu tampilan awal pada saat Windows selesai di booting (tampilan home saat memasuki windows). Wallpaper Wallpaper adalah gambar yang menempel diatas desktop. Windows menyediakan berbagai macam wallpaper bawaan sehingga kita dapat mengubahnya dengan mudah dan cepat.

4 M ENGUBAH T AMPILAN D ESKTOP Ada dua cara untuk mengubah display desktop, yakni : Cara 1 - Click Start, Control Panel, - Pilih Diplay, Pilih Personalization. - Pilih Desktop Backgroud. Cara 2 - Klik kanan pada dekstop, Pilih Personalize - Pilih Desktop Backgroud.

5 T AMPILAN D ISPLAY P ROPERTIES

6 1. THEMES Themes merupakan sebuah background yang sudah ditata beserta pengaturan suara, bentuk-bentuk icon, taskbar, tampilan window dan elemen-elemen lain pada desktop sehingga membantu pengaturan tampilan hanya dengan sekali click. Theme standard untuk Windows XP biasanya adalah “Windows XP”

7 2. DESKTOP BACKGROUND

8 Pada pilihan ini memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan wallpaper desktop yang diinginkan. Pada Picture Location, silahkan pilih image yang mau digunakan untuk wallpaper. Bisa gunakan button Browse untuk memilih file gambar secara manual pada direktori komputer.  Windows Desktop Backgrounds : untuk menggunakan salah satu pola background atau gambar asli dari Windows 7  Pictures Library : untuk menggunakan gambar dari perpustakaan gambar  Top Rated Photos : untuk memilih gambar favorit berdasarkan rating.  Solid Colors : untuk menggunakan sebuah warna Setelah pilih image yang mau digunakan, click OK.

9 Picture Position  untuk mengatur peletakkan image. Fill : memenuhi layar (dapat mengorbankan tepi yang tidak muat) Fit : menampilkan seluruh bagian gambar (dapat muncul tepi hitam jika gambarnya tidak sesuai proporsi. Stretch : memperbesar gambar hingga satu layar penuh. Tile : meletakkan gambar secara penuh di layar. Center : meletakkan di bagian tengah.

10 3. W INDOWS COLOR

11 4. SOUNDS

12 5. S CREEN S AVER

13 Screen Saver adalah animasi atau tampilan pada layar dalam selang waktu tertentu saat keyboard atau mouse tidak disentuh. Pilihlah bagian Screen Saver dari Display Properties. Pilihlah screensaver yang inginkan pada listboxnya. Settings : untuk mengubah pengaturan dari jenis screen saver yang dipilih (ada beberapa screen saver tertentu yang memakai setting default, tidak ada pengaturan). Preview : untuk melihat sementara tampilan screen saver yang dipilih. Wait : batas waktu dari saat keyboard atau mouse tidak disentuh hingga screen saver ditampilkan.

14 P ENGATURAN DATE AND TIME Untuk mengubah setting hari dan tanggal, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : Cara 1 : Click Start Menu, click Control Panel, lalu pilih “Date and Time” Cara 2 : Pada Quick Launch, double click pada jam komputer.

15 T AMPILAN YANG MUNCUL

16 Pada bagian Date & Time : Pilih Tombol Change date and time digunakan untuk memilih bulan, tahun, dan tanggal (tampil sesuai tanggal, bulan dan tahun yang dipilih), serta mengubah waktu sistem (jam, menit, detik). Pilih Change time zone digunakan untuk mengubah area waktu yang bener sesuai dengan tempat tinggal/ dimana berada. Click OK Pada bagian Additional Clocks : untuk menambahkan jam dengan area waktu yang berbeda. Pada bagian Internet Time : untuk memastikan tanggal dan waktu komputer selalu tepat (sesuai dengan waktu internet).

17 Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.


Download ppt "DESKTOP WINDOWS & KONFIGURASI Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google