Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tobucil, 21 Juni 2014. Step 1 Generating Ideas Pengamatan, menentukan ide dasar & premis, menciptakan karakter, PoV, story line, data collecting.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tobucil, 21 Juni 2014. Step 1 Generating Ideas Pengamatan, menentukan ide dasar & premis, menciptakan karakter, PoV, story line, data collecting."— Transcript presentasi:

1 Tobucil, 21 Juni 2014

2 Step 1 Generating Ideas Pengamatan, menentukan ide dasar & premis, menciptakan karakter, PoV, story line, data collecting dll Step 2 Drafting - Writing Step 3 Revisi (Rewriting) Proofreading, editing

3  Pengamatan – mengamati sekitar secara detil dan mempertanyakan (5 W + 1 H) ◦ Who : Siapa orang tersebut ◦ What : Apa yang terjadi dengan orang tersebut ◦ Why : Mengapa sampai itu bisa terjadi? ◦ When : Kapan hal itu terjadi? ◦ Where : Di mana hal tersebut terjadi ◦ How : Bagaimana bisa terjadi?  Bebaskan pemikiran dan imajinasi!

4 5 W 1 H Who – siapa orang ini? Seorang ibu berusia sekitar 40 tahun suku Sunda. (bisa tambahkan nama, usia, data2 pekerjaan dan lain-lain) What – apa yang terjadi Anak pertamanya (di bawah umur 17, pendidikan rendah dll) yang menjadi TKW pulang tinggal jasad Why – mengapa bisa terjadi Karena disiksa oleh majikannya di Arab When – kapan hal tersebut terjadi Di 3 bulan pertama masa kontrak 1 tahunnya. Where – di mana hal tersebut terjadi Di rumah majikannya di Arab How – Bagaimana hal ini bisa terjadi Disiksa terus menerus oleh majikan perempuannya, karena majikan perempuannya cemburu.

5  Peserta diminta mencari pasangan.  Ditampilkan beberapa foto (dua atau tiga) dan peserta harus memilih salah satu yang menarik buat mereka.  Peserta menentukan 5W + 1 H dari foto (atau orang dalam foto) yang mereka pilih  Selanjutnya, peserta mengikuti step-step yang akan dijabarkan berikutnya.

6 5 W 1 H Who – siapa orang ini? Seorang ibu berusia sekitar 40 tahun suku Sunda. (bisa tambahkan data2 pekerjaan dan lain-lain) What – apa yang terjadi Anak pertamanya (di bawah umur 17, pendidikan rendah dll) yang menjadi TKW pulang tinggal jasad Why – mengapa bisa terjadi Karena disiksa oleh majikannya di Arab When – kapan hal tersebut terjadi Di 3 bulan pertama masa kontrak 1 tahunnya. Where – di mana hal tersebut terjadi Di rumah majikannya di Arab How – Bagaimana hal ini bisa terjadi Disiksa terus menerus oleh majikan perempuannya, karena majikan perempuannya cemburu. IDE : Tentang seorang single mother, memiliki anak sulung perempuan yang dipaksa menjadi TKW untuk meringankan beban sang Ibu. PREMIS (Satu kalimat yang menjadi pondasi dari keseluruhan cerita) Himpitan ekonomi yang membuat seorang ibu menjadi lupa bahwa anak itu bukan alat mencari uang.

7  Peserta (per kelompok) diminta untuk menjelaskan foto mana yang dipilih dan seperti apa idenya; untuk menunjukkan bahwa satu pengamatan bisa memunculkan ide yang berbeda-beda.

8  MENCIPTAKAN KARAKTER ◦ Kuesioner untuk menciptakan karakter yang kuat, real dan konsisten (semua pertanyaa optional dan bisa ditambah atau dikurangi).  Nama :  Umur :  Jenis Kelamin  Profesi  Gelar/Status Akademik (sekolah di mana, kuliah di mana, lulusan mana)  Hobby  Ciri-ciri Fisik  Cara Berpakaian  Sifat positif  Sifat Negatif  Relationship status  Relationship dengan orang sekitar (sahabat, pacar, orangtua, adik, kakak dan lain-lain)  Bad habits  Tambahan (bila perlu)

9  MENCIPTAKAN KARAKTER (Additional) Visualisasi : menambahkan visual untuk karakter dan setting. Making it more real. Alodya Ken Atik 25 Tahun Mahasiswi Jurusan Matematika Universitas Bangsa Indonesia – nggak lulus-lulus Asal Jakarta Ngekos di daerah Ciumbuleuit Hobi melukis, fotografi Ingin jadi fashion designer Pelupa, ceroboh, Tidak mandiri Murah hati, kepedulian sosial tinggi. Dan seterusnya

10  Plot/Story line  Apa yang terjadi dalam satu cerita dan bagaimana urutan kejadiannya. ◦ Dalam sebuah cerita, harus ada yang berubah, bergerak dari titik A ke titik B  Kejadian fisik  Keputusan  Perubahan (kondisi non fisik) seseorang  Perubahan sudut pandang pembaca

11  Contoh Plot ◦ A : karakter seorang atlit nasional | B : Karakter mengalami kecelakaan, harus diamputasi (Kejadian Fisik) ◦ A : Karakter akan segera menikah dengan seseorang | B : karakter memutuskan untuk batal menikah, karena bertemu orang lain (Keputusan) ◦ A : Karakter bersifat tidak peduli sekitar | B : karakter menjadi guru relawan(perubahan kondisi seseorang) ◦ A : Karakter awalnya terlihat seperti orang yang menyebalkan karena menyerahkan anaknya pada orang lain | B : pembaca menyadari bahwa sebenarnya karakter ingin kehidupan yang lebih baik untuk anaknya (Perubahan sudut pandang pembaca)

12 ◦ Perubahan keputusan.  Kondisi A : Seorang ibu yang tiran, memaksa anak pertamanya bekerja menjadi TKW supaya bisa memenuhi kebutuhan ekonomi dan menyekolahkan adik-adiknya.  Kondisi B : Seorang ibu yang menyadari bahwa keserakahannya mengorbankan jiwa anak dan penyesalan membuatnya bekerja lebih keras supaya anak-anaknya yang lain tidak harus bekerja ◦ Perubahan kondisi non fisik  Kondisi A : Seorang ibu yang terbiasa mendapat uang banyak dari anaknya sehingga hura-hura.  Kondisi B : Seorang ibu yang jadi miskin karena tidak ada sumber pemasukan ; dia jadi menyuruh anak2 yang lain bekerja, dia yang kemudian jadi TKW, dia yang kemudian cari suami kaya.

13  Menentukan sudut pandang  Dari orang pertama (Saya, aku) ◦ Ibu : aku tidak mengerti mengapa anakku tidak mau membalas budi padaku yang telah susah payah membesarkannya… ◦ Anak : aku benci ibuku yang begitu matrealistis, dikorbankannya aku hanya demi uang. ◦ Sudut pandang 1 dari dua pihak : aku ibu dan aku anak.  Orang kedua (Kamu) ◦ Ibu pada anaknya : aku menyesal telah memaksamu untuk berangkat. ◦ Anak pada ibunya : Di sanalah engkau, menangisi gundukan tanah. Tapi semuanya sudah terlambat.  Orang ketiga (Dia, nama) ◦ Siti menatap benci ibunya saat ia dijemput Boplo, untuk memasuki karantina dan pelatihan di Jakarta.

14  Tentukan alur – maju/mundur/combo, kemudian tentukan sudut pandang mana yang tepat sehingga bisa menyampaikan keseluruhan cerita secara utuh.  Maju : ◦ Pertengkaran dengan anak – kondisi saat jadi TKW – saat pulang. (sudut pandang tiga atau sudut pandang satu- anak)  Mundur ◦ Pemakaman – kondisi kritis si anak – kondisi di tempat karantina – pertengkaran sang anak (sudut pandang tiga atau sudut pandang satu anak)  Kombinasi ◦ Sang ibu membaca berita/menonton berita tentang anaknya – menyambut jasad sang anak – pemakaman – keadaan mewah mendapat uang dari anak – pertengkaran (sudut pandang tiga, atau sudut pandang satu, ibu)

15  Show, don’t tell. ◦ Menggunakan Dialog : Dialog membuat pembaca merasakan seolah-olah sedang berada dalam scene TELLSHOW Lara adalah seorang perempuan tomboy “Kampret lo! Lo suruh gue pake rok? Yang bener aja, Nyet!” Kata Lara sambil menggaruk-garuk rambut super cepaknya Ibu marah“Ke sini kamu! Nggak usah banyak alasan. Iya, Dimas Susetyo, KAMU! kesini. SEKARANG!”

16  Show, don’t tell. ◦ Sensory language : Mendeskripsikan apa yang dirasakan oleh panca indera. ◦ Kata-kata yang mewakili  Visual :  Berkibar, bulat, segitiga, merah (warna), mengkilat/berkilat.  Jaket itu berwarna biru pudar, tampak bulu-bulu halus dipermukaannya karena sering dicuci  Pendengaran  Berderik, berdering, berdengung, menggonggong  Pintu kayu tersebut berderik saat aku membukanya  Indera Penciuman & Perasa  Bau busuk, bau menyengat, pedas, dingin, panas  Ruangan terasa sangat dingin sampai aku menggigil, bau menyengat menyeruak  Indera Peraba  Kasar, halus, empuk,  Rambutnya sangat halus saat kuelus

17  Show, don’t tell. ◦ Sensory language TELLSHOW Seekor anjingSeekor anjing berwarna cokelat berbulu lebat dengan luka di sekujur tubuhnya Dengkingannya lirih menyayat hati Bulunya halus dan lembap Baunya agak busuk.

18  Show, don’t tell. ◦ Be descriptive : menjelaskan sehingga pembaca bisa mengerti situasi dan kondisi sebenarnya. TELLSHOW Andini sedang bermain piano Tangan Andini menari-nari di atas tuts pianonya; tubuhnya bergerak-gerak mengikuti irama lagu yang ia mainkan. Ia memejamkan mata.

19  Peserta dalam kelompok diminta menuliskan salah satu bagian dari plot yang telah ditentukan ( maks 3 paragraf).  Satu orang menuliskan bagian yang berbeda.  Kemudian hasil digabungkan, plus disesuaikan.

20  Tulisan hasil gabungan, diberi ke kelompok lain untuk dibaca, kelompok lain memberi masukan dan memberi catatatan-catatan. Kemudian dikembalikan pada kelompok yang menulis untuk dibaca.  Final : Presentasi (dipilih random/ random siapa yang berani maju)


Download ppt "Tobucil, 21 Juni 2014. Step 1 Generating Ideas Pengamatan, menentukan ide dasar & premis, menciptakan karakter, PoV, story line, data collecting."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google