Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan V Konsep Internet 4 sks / Semester I Agus Lahinta Prodi : S1 Sistem Informasi Jurusan : Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan V Konsep Internet 4 sks / Semester I Agus Lahinta Prodi : S1 Sistem Informasi Jurusan : Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan V Konsep Internet 4 sks / Semester I Agus Lahinta Prodi : S1 Sistem Informasi Jurusan : Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo

2 Konsep Internet Internet merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat modern saat ini Sebagian orang menganggap internet merupakan bagian dari aktivitas hidup yang sangat penting. Pertanyaan: Kenapa manusia saat ini begitu membutuhkan internet?

3 Defenisi Internet Internet tidak sama dengan Web Internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protokol yang sama untuk berbagi informasi secara bersama. Internet = Lokal / LAN  Global / WAN

4 Cara internet bekerja? Jaringan itu bekerja atau berkomunikasi dengan cara saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain dengan berbasiskan Protokol IP (Internet Protocol) dan TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol) sehingga setiap pengguna pada setiap jaringan dapat mengakses semua layanan yang disediakan.

5 Sedangkan Web atau World Wide Web adalah sebuah koleksi keterhubungan dokumen- dokumen multimedia yang disimpan di Internet dan diakses menggunakan protokol (HTTP)

6 Sejarah Internet Pemerintah Federal USA menciptakan Net(Jaringan) sebagai jaringan komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan dari Rusia. Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada bulan Juli 1968 mengontrak Bolt Beranek and Newman (sebuah perusahaan desain komputer di Cambridge Massachusett) untuk membangun ARPANET. ARPANET = Jaringan komputer yang akan menghubungkan komputer-komputer di Institut Penelitian Stanford UCLA, UC Santa Barbara dan University of UTAH yang dilaksanakan tahun 1969 dengan menghubungkan 4 host komputer dengan besar bandwidth nya 50 kbps

7 1984 diperkenalkan Domain Name System (DNS) sebagai cara untuk mengidentifikasi badan atau institusi yang mengelola host. Saat itu 6 domain utama yang di keluarkan yaitu edu (education), gov (government), mil (military), com (commercial), org (organization), dan net (networks resource). Tahun 1986, National Science Foundation menciptakan NFSnet yang menghubungkan jaringan-jaringan regional melalui backbone nasional berkecepatan tinggi yaitu 56 kbps

8 1988 Rober Morris berhasil menciptakan sebuah “internet worm” yaitu sejenis virus yang dapat memperbanyak diri sendiri di Internet. Tahun 1988 ditemukan Internet Relay Chat IRC oleh Jarkko Oikarinen Tahun 1989 Tim Berners Lee (Insinyur software Inggris yang bekerja di Lab Fisika Partikel Eropa di Jenewa) menemukan sistem yang memungkinkan para ilmuwan di Laboratorium saling berbagi dokumen yang berbeda dalam bentuk hyperlink dan browsable. Hingga tahun 1989 jumlah host di internet melebihi Net komersial yang dikenal sekarang belum terbentuk sampai pertengahan tahun 1990

9 Tahun 1991 Gopher dikenalkan oleh Paul Lindner dan Mark P. McCahill dari Universitas Minnesota. Dengan Gopher, pengguna Internet dapat melakukan pencarian di Internet, namun masih berupa format text. Pada tahun yang sama WWW di luncurkan oleh CERN di Jenewa Swiss, dan pada saat itu pula Tim Berners Lee menciptakan HTML yang menggunakan spesifik URL sebagai alamat web.

10 Tahun 1993 NSF mendirikan InterNIC yang bertugas menyediakan layanan internet sepert pendaftaran domain (yang dikelola oleh Network Solution Inc) service database dan direktori dikelola oleh AT&T. Tahun 1993, Marc Andreeseen dengan Eric Bina (Programmer NCSA) merancang browser grafis pertama disebut NCSA Mosaic. Tahun 1994 Netscape diluncurkan kemudian dilanjutkan dengan Navigator. Tahun 1994 situs komersil yang menyediakan mesin pencari search engine diluncurkan dan diberi nama Yahoo! (Yet Another Hierarchical Officious Oracle)

11 Thankyou


Download ppt "Pertemuan V Konsep Internet 4 sks / Semester I Agus Lahinta Prodi : S1 Sistem Informasi Jurusan : Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google