Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VIRTUAL MARKETING Disusun Oleh : Imam Widayat (0903015071) Muhammad Ridwan (0903015092) Faisal Hazami (0903015051) Galant Fadila (0903015039) Ahmad Saepudin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VIRTUAL MARKETING Disusun Oleh : Imam Widayat (0903015071) Muhammad Ridwan (0903015092) Faisal Hazami (0903015051) Galant Fadila (0903015039) Ahmad Saepudin."— Transcript presentasi:

1 VIRTUAL MARKETING Disusun Oleh : Imam Widayat ( ) Muhammad Ridwan ( ) Faisal Hazami ( ) Galant Fadila ( ) Ahmad Saepudin ( )

2 POKOK PEMBAHASAN PENGERTIA VIRTUAL MARKETING PENGERTIAN E-MARKETING KEUNTUNGAN E-MARKETING PENGERTIAN E-COMMERCE SISTEM E-COMMERCE MEKANISME E-COMMERCE

3 PENGERTIA VIRTUAL MARKETING Virtual Marketing di sebut juga e- marketing atau e-pemasaran (electronic) dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline. Cuma bedanya kita melakukan kegiatan itu memanfaatkan media internet (online). Virtual Marketing di optimasi dari mesin pencari, penayangan iklan, pemasaran via , affiliate marketing, interactive advertising and viral marketing

4 PENGERTIAN E-MARKETING Bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi sepenuhnya di Internet (pasar, produk, layanan, interaksi, transaksi), seperti perusahaan mesin pencari (search engine), layanan hosting, social networking, dll, pengertian emarketing tersebut terlalu sempit. Bahkan, untuk sebuah situs pribadi atau blog yang sepenuhnya hidup di dunia virtual, kebutuhan akan emarketing jauh lebih luas daripada sekedar promosi dan penjualan.

5 PENGERTIAN E-MAKERTING (lanjutan) Sedangkan pengertian tentang E- Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E- Commerce, yang terdiri dari kerja perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

6 PENGERTIAN E-MARKETING (lanjutan) Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

7 PENGERTIAN E-MARKETING (lanjutan) Menurut Boone dan Kurtz (2005) e- marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsapasar internet atau melalui peralatan digital lain.

8 KEUNTUNGAN E-MARKETING Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu: a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing. b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.

9 PENGERTIAN E-COMMERCE E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.

10 PENGERTIAN E-COMMERCE Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e- commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

11 SISTEM E-COMMERCE sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu: 1. Electronic Markets (EMs). EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.

12 SISTEM E-COMMERCE (lanjutan) 2. Electronic Data Interchange (EDI). EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. 3. Internet Commerce. Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan.

13 MEKANISME E-COMMERCE Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang atau jasa melalui internet) dengan e-customer (pihak yang membeli barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen elektronik (digital document).

14 MEKANISME E-COMMERCE (lanjutan) Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya penawaran suatu produk tertentu oleh penjual (misalnya bertempat kedudukan di USA) di suatu website melalui server yang berada di Indonesia (misalnya detik.com). Apabila konsumen Indonesia melakukan pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah disediakan oleh pihak penjual.

15 KESIMPULAN Virtual marketing merukan bentuk penjualan atau pemasaran (jual beli) secara online. Transaksi akan terjadi setelah ada pemesan barang yang akan dibeli maka pemilik jual beli online (WEB) akan mengirimkan barang kepembeli.

16 TERIMA KASIH


Download ppt "VIRTUAL MARKETING Disusun Oleh : Imam Widayat (0903015071) Muhammad Ridwan (0903015092) Faisal Hazami (0903015051) Galant Fadila (0903015039) Ahmad Saepudin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google