Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANTRHOPOLOGI BERASAL DARI KATA ANTRHOPOS = MANUSIA, LOGOS = ILMU SALAH SATU CABANG ILMU SOSIAL YANG MEMPELAJARI BUDAYA MASYARAKAT SUATU ETNIS TERTENTU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANTRHOPOLOGI BERASAL DARI KATA ANTRHOPOS = MANUSIA, LOGOS = ILMU SALAH SATU CABANG ILMU SOSIAL YANG MEMPELAJARI BUDAYA MASYARAKAT SUATU ETNIS TERTENTU."— Transcript presentasi:

1 ANTRHOPOLOGI BERASAL DARI KATA ANTRHOPOS = MANUSIA, LOGOS = ILMU SALAH SATU CABANG ILMU SOSIAL YANG MEMPELAJARI BUDAYA MASYARAKAT SUATU ETNIS TERTENTU ANTRHOPOLOGI MERUPAKAN ILMU YG MEMPELAJARI UMMAT MANUSIA PADA UMUMNYA DENGAN MEMPERHATIKAN ANEKA WARNA, BENTUK FISIK MASYARAKAT, SERTA KEBUDAYAAN YANG DIHASILKAN (KOENTJARANINGRAT) ANTRHOPOLOGI ADALAH ILMU YG MEMPELAJARI MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BIOLOGI SEKALIGUS MAKHLUK SOSIAL TUNDUK PADA “HUKUM BIOLOGI” : UNTUK DAPAT MELANGSUNGKAN KEHIDUPANNYA MAKA ORGANISME HARUS MENYESUAIKAN DIRINYA DENGAN HUKUM ALAM YANG BERLAKU

2 ANTRHOPOLOGI lanjutan… OLEH KARENANYA MANUSIA HARUS MENCIPTAKAN SYARAT SENDIRI UNTUK MENYESUAIKAN DIRI DENGAN HUKUM ALAM SYARAT YANG DICIPTAKAN MANUSIA UNTUK DAPAT HIDUP DILINGKUNGAN ALAM YG DIPEROLEHNYA DARI PENGUMPULAN PENGALAMAN DAN PELAJARAN DISEBUT KEBUDAYAAN KEBUDAYAAN BERASAL DARI BAHASA SANSEKERTA, BUDDHAYAH: BENTUK JAMAK DARI BUDDHI, ARTINYA BUDI ATAU AKAL KEBUDAYAAN DIARTIKAN SBG HAL-2 YANG BERSANGKUTAN DENGAN BUDI ATAU AKAL KEBUDAYAAN ADALAH KESELURUHAN SISTEM GAGASAN, TINDAKAN DAN HASIL KARYA MANUSIA DALAM RANGKA HIDUP BERMASYARAKAT YANG DIJADIKAN MILIK DIRI MANUSIA DENGAN BELAJAR (KOENTJARANINGRAT)

3 ANTRHOPOLOGI lanjutan… KEPRIBADIAN ADALAH KESELURUHAN PERILAKU INDIVIDU YANG MERUPAKAN HASIL INTERAKSI ANTARA POTENSI-2 BIO-PSIKO- FISIKAL YANG TERBAWA SEJAK LAHIR DENGAN RANGKAIAN SITUASI LINGKUNGAN YANG TERUNGKAP PADA TINDAKAN DAN PERBUATAN SERTA REAKSI MENTAL PSIKOLOGINYA JIKA MENDAPAT RANGSANGAN DARI LINGKUNGAN (NURSID SUMAATMAJA) MASYARAKAT, CIRI-CIRI : 1. ADA KESATUAN MANUSIA YANG BERINTERAKSI 2. ADA ADAT ISTIADAT, NORMA HUKUM, ATURAN KHAS YANG MENGATUR TINGKAH LAKU 3. ADA KONTINUITAS WAKTU 4.ADA RASA IDENTITAS YANG KUAT YANG MENGIKAT MANUSIA DALAM KESATUAN TERSEBUT MASYARAKAT ADALAH KESATUAN HIDUP MANUSIA YANG BERINTERAKSI MENURUT SUATU SISTEM ADAT ISTIADAT TERTENTU YANG BERSIFAT KONTINYU, TERIKAT OLEH SUATU RASA IDENTITAS BERSAMA

4 DINAMIKA MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN DINAMIKA MASYARAKAT SUATU VARIASI DARI CARA-CARA HIDUP YANG TELAH DITERIMA, DISEBABKAN BAIK KARENA PERUBAHAN KONDISI GEOGRAFIS, KEBUDAYAAN MATERIAL, KOMPOSISI PENDUDUK IDEOLOGI KARENA ADANYA PENEMUAN BARU DALAM MASYARAKAT TERSEBUT (GILLIN & GILLIN) DINAMIKA KEBUDAYAAN PERUBAHAN YANG MENCAKUP SEMUA BAGIAN KEBUDAYAAN, TERMASUK DIDALAMNYA KESENIAN, ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN FILSAFAT MAUPUN PERUBAHAN DALAM BENTUK SERTA ATURAN-ATURAN ORGANISASI SOSIAL DAN KEBUDAYAAN (KINGSLEY DAVIS)

5 ANTRHOPOLOGI KESEHATAN ADALAH STUDI TENTANG PENGARUH UNSUR-UNSUR BUDAYA TERHADAP PENGHAYATAN MASYARAKAT TENTANG PENYAKIT DAN KESEHATAN (SOLITA SARWONO, 1993) ANTRHOPOLOGI KESEHATAN MENGKAJI MASALAH-MASALAH KESEHATAN DAN PENYAKIT DARI DUA KUTUB YANG BERBEDA YAITU KUTUB BIOLOGI DAN KUTUB SOSIAL BUDAYA (FOSTER/ANDERSON) ANTRHOPOLOGI KESEHATAN CABANG ILMU ANTRHOPOLGI TERAPAN YANG MENANGANI BERBAGAI ASPEK DARI KESEHATAN DAN PENYAKIT (WEAVER)

6 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU, SOSIAL DAN BUDAYA A. MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU MANUSIA LAHIR SBG SUATU SISTEM YG TERDIRI DARI SUB SISTEM JASMANI DAN ROHANI YG MERUPAKAN SUATU KESATUAN YG TDK DPT DIPISAH-PISAHKAN (INDIVIDE) MANUSIA SBG MAKHLUK INDIVIDU DLM PERSPEKTIF BIO- PSIKOLOGI MEMANDANG MANUSIA SBG SUATU SISTEM DARI SUDUT PANDANG KEMASYARAKATAN MANUSIA SBG MAKHLUK INDIVIDU DIARTIKAN SBG KESATUAN YG TERBATAS (MANUSIA PERORANGAN) KRN ADANYA PERBEDAAN PERAN SOSIAL SESEORANG DITENGAH-TENGAH MASYARAKAT MANUSIA BARU MENJADI INDIVIDU APABILA POLA TINGKAHLAKUNYA HAMPIR IDENTIK DGN TINGKAHLAKU MASYARAKAT DIMANA IA HIDUP (MUNANDAR SOELAEMAN) PROSES YG MENINGKATKAN CIRI-CIRI INDIVIDUALITAS PADA DIRI SESEORANG SAMPAI DIA MENJADI DIRINYA SENDIRI (SECARA UTUH) DISEBUT PROSES INDIVIDUASI ATAU AKTUALISASI DIRI

7 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU, SOSIAL DAN BUDAYA Lanjutan … B. MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL (ZOON POLITICON) MANUSIA ADALAH MAKHLUK YG HARUS HIDUP BERMASYARAKAT UTK KEPENTINGAN KELANGSUNGAN HIDUPNYA, MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN, MEMBUDAYA DAN MENGEMBANGKAN SIFAT-SIFAT MANUSIAWINYA MANUSIA TIDAK PERNAH HIDUP DLM ISOLASI YG KOMPLIT, ABSOLUT DAN PERMANEN (HARSOYO, 1984) INTERAKSI ANTAR MANUSIA TUMBUH SBG SUATU KEHARUSAN KARENA KONDISI (BIO-PSIKO) MANUSIA YG DILAHIRKAN DGN DORONGAN DASAR (BASIC DRIVES) DAN KEBUTUHAN DASAR (BASIC NEED) MANUSIA YG HIDUP TERPISAH DGN MANUSIA LAIN, TDK AKAN MEMILIKI SIFAT-SIFAT SEBAGAIMANA LAZIMNYA MANUSIA NORMAL (KINGSLEY DAVIS DAN J.A.L. SINGH) MANUSIA BARU MENJADI MANUSIA SETELAH HIDUP BERSAMA DENGAN MANUSIA LAIN (P.J. BOUMAN)

8 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU, SOSIAL DAN BUDAYA Lanjutan … C. MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA PERBEDAAN YANG HAKIKI ANTARA MANUSIA DAN MAKHLUK HIDUP LAINNYA TERLETAK PADA AKAL, PIKIRAN DAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL YANG BERKEMBANG DAN DPT DIKEMBANGKAN MANUSIA MEMBENTUK KONSEP-KONSEP DAN GAGASAN YG SEMAKIN LAMA MAKIN TAJAM, DILAKUKAN DLM RANGKA MEMILIH ALTERNATIF TINDAKAN YANG MENGUNTUNGKAN BAGI KELANGSUNGAN HIDUPNYA KEISTIMEWAAN DALAM DIRINYA YG MEMBUAT MANUSIA MAMPU BERKEBUDAYAAN MANUSIA YG BERKEBUDAYAAN ADALAH MANUSIA YANG BIO-PSIKOLOGIS

9 SISTEM MEDIS DALAM MENGHADAPI LINGKUNGAN, MANUSIA SELALU MENGGUNAKAN MODEL TINGKAHLAKU (STRATEGI) YANG SELEKTIF SESUAI DGN LINGKUNGAN YG DIHADAPI STRATEGI ADAPTASI DLM PENGUASAAN LINGKUNGAN ALAM DGN MENGGUNAKAN KEBUDAYAAN SENANTIASA DI UJI OLEH WAKTU ATAU OLEH SEJARAH PERKEMBANGAN PERADABAN MANUSIA SALAH SATU STRATEGI ADAPTASI MANUSIA UTK MENGUASAI LINGKUNGANNYA ADALAH STRATEGI DIBIDANG KESEHATAN DALAM MENGHADAPI PENYAKIT, MANUSIA TELAH MENGEMBANGKAN SUATU PENGETAHUAN YANG LUAS DAN KOMPLEKS MENCAKUP KEPERCAYAAN, TEKNIK, PERANAN, NORMA, NILAI, IDEOLOGI, SIKAP, KEBIASAAN, RITUAL DAN LAMBANG-LAMBANG YANG BERKAITAN DAN MEMBENTUK SUATU SISTEM SISTEM YANG TERBENTUK DARI KOMPLEKS PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN PRAKTEK KESEHATAN DARI ANGGOTA SUATU MASYARAKAT DISEBUT SISTEM MEDIS

10 SISTEM MEDIS lanjutan …. PADA UMUMNYA SISTEM KESEHATAN DIBAGI MENJADI DUA YAKNI ; SISTEM KESEHATAN TRADISIONAL DAN SISTEM KESEHATAN MODERN YG BERASAL DARI BARAT SISTEM KESEHATAN MODERN DPT DIBAGI MENJADI BEBERAPA SUB-SISTEM, SEPERTI ; PENDIDIKAN KESEHATAN, RUMAH SAKIT, LABORATORIUM, BALAI PENELITIAN KESEHATAN SEDANGKAN SISTEM KESEHATAN TRADISIONAL HAMPIR SUB-SISTEM TSB TDK DITEMUKAN, WALAUPUN ADA NAMUN DLM BENTUK YG LEBIH SEMPIT BENTUK PENYEMBUHAN SECARA TRADISIONAL ; UPACARA RITUAL, IRINGAN MUSIK TRADISIONAL, TARIAN, NYANYIAN, PENGGUNAAN MANTRA DAN AJIMAT, MEMIJAT, RAMUAN OBAT DAN BERBAGAI PANTANGAN (TABOO) SISTEM MEDIS MENURUT FOSTER & ANDERSON, MEMILIKI PALING SEDIKIT DUA KATEGORI UTAMA : 1. SISTEM TEORI PENYAKIT (DISEASE THEORY SYSTEM) 2. SISTEM PERAWATAN KESEHATAN (HEALTH CARE SYSTEM)

11 SISTEM MEDIS lanjutan …. SISTEM TEORI PENYAKIT (DISEASE THEORY SYSTEM) MENCAKUP KEPERCAYAAN TERHADAP CIRI-CIRI SEHAT, SEBAB MUSABAB PENYAKIT, BERBAGAI RAGAM OBAT DAN TEKNIK PENYEMBUHAN SISTEM PERAWATAN KESEHATAN (HEALTH CARE SYSTEM) BERKENAAN DENGAN CARA YANG DITEMPUH OLEH MASYARAKAT UTK MERAWAT ORANG SAKIT DAN PENGGUNAAN PENGETAHUAN MENGENAI PENYAKIT UNTUK PENYEMBUHANNYA FUNGSI SISTEM TEORI PENYAKIT : 1. MENYEDIAKAN SUATU DASAR PEMIKIRAN MENGENAI PENGOBATAN YANG RASIONAL 2. MENERANGKAN MENGAPA SESEORANG HARUS TERKENA PENYAKIT 3. MELAKUKAN PERAN YANG PENTING SEBAGAI HUKUMAN DAN PENGUAT NILAI MORAL DAN KULTURAL 4. MEMBERIKAN DASAR RASIONAL UNTUK MENGHINDARI PERBUATAN YANG BERLEBIHAN 5. DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI MEKANISME UNTUK MENGONTROL TINDAKAN AGRESIF 6. PENGOBATAN TRADISIONAL YG TIPIKAL SUATU BANGSA TERTENTU AKAN MEMBERIKAN KEBANGGAN TERSENDIRI THD BANGSA TERSEBUT

12 SIKAP MANUSIA TERHADAP KESEHATAN SIKAP MERUPAKAN REAKSI ATAU RESPONS YG MASIH TERTUTUP DARI SESEORANG TERHADAP SUATU STIMULUS ATAU OBJEK TINGKATAN SIKAP : 1. MENERIMA (RECEIVING) MISAL : SIKAP ORANG THD GIZI DPT DILIHAT DARI KESEDIAANNYA MEMPERHATIKAN CERAMAH TENTANG GIZI 2. MERESPON (RESPONDING) MISAL : MEMBERIKAN JAWABAN KETIKA DITANYA SEJAUHMANA PENGETAHUANNYA TENTANG GIZI 3. MENGHARGAI (VALUING) MISAL : SEORANG IBU YG MENGAJAK TETANGGANYA UNTUK PERGI MENGUNJUNGI POSYANDU 4. BERTANGGUNGJAWAB (RESPONSIBLE) MISAL : SEORANG IBU MAU MENJADI AKSEPTOR KB, MESKIPUN MENDAPAT TANTANGAN DARI MERTUANYA

13 PERILAKU KESEHATAN SUATU RESPONS SESEORANG (ORGANISME) TERHADAP STIMULUS ATAU OBJEK YANG BERKAITAN DENGAN SAKIT DAN PENYAKIT, SISTEM PELAYANAN KESEHATAN, MAKANAN DAN MINUMAN, SERTA LINGKUNGAN DARI BATASAN TERSEBUT, PERILAKU KESEHATAN DI KLASIFIKASIKAN MENJADI 3 KELOMPOK : 1.PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN (HEALTH MAINTENANCE) ADALAH PERILAKU ATAU USAHA-USAHA SESEORANG UNTUK MEMELIHARA ATAU MENJAGA KESEHATAN AGAR TIDAK SAKIT DAN USAHA PENYEMBUHAN UTK PENGOBATAN BILAMANA SAKIT PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN INI MEMILIKI 3 ASPEK : PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT, PENYEMBUHAN DAN PEMULIHAN KESEHATAN PERILAKU PENINGKATAN KESEHATAN PERILAKU GIZI (MAKANAN DAN MINUMAN)

14 PERILAKU KESEHATAN lanjutan … 2.PERILAKU PENCARIAN PENGOBATAN (HEALTH SEEKING BEHAVIOUR) PERILAKU INI MENYANGKUT UPAYA ATAU TINDAKAN SESEORANG PADA SAAT MENDERITA PENYAKIT DAN ATAU KECELAKAAN 3.PERILAKU KESEHATAN LINGKUNGAN (HEALTH ENVIRONMENT BEHAVIOUR) ADALAH BAGAIMANA SESEORANG MERESPONS LINGKUNGAN, BAIK LINGKUNGAN FISIK MAUPUN SOSIAL BUDAYA, SEHINGGA LINGKUNGAN TERSEBUT TIDAK BER- PENGARUH BURUK TERHADAP KESEHATANNYA

15 PERILAKU KESEHATAN lanjutan … BECKER, 1979, MEMBUAT KLASIFIKASI LAIN TENTANG PERILAKU KESEHATAN : 1. PERILAKU HIDUP SEHAT (HEALTH BEHAVIOUR) ADALAH PERILAKU YANG BERKAITAN DENGAN UPAYA ATAU KEGIATAN SESEORANG UTK MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN KESEHATANNYA. PERILAKU INI MENCAKUP : A. MAKAN DENGAN SEIMBANG B. OLAH RAGA SECARA TERATUR C. TIDAK MEROKOK D. TIDAK MINUM MINUMAN KERAS DAN NARKOBA E. ISTIRAHAT CUKUP F. MENGENDALIKAN STRESS G. GAYA HIDUP LAIN YANG BAIK BAGI KESEHATAN

16 PERILAKU KESEHATAN lanjutan … 2.PERILAKU SAKIT (ILLNESS BEHAVIOUR) MENCAKUP RESPONS SESEORANG TERHADAP SAKIT DAN PENYAKIT, PERSEPSINYA TERHADAP SAKIT, PENGETAHUAN TENTANG ; PENYEBAB DAN GEJALA PENYAKIT, PENGOBATAN PENYAKIT DSB 3.PERILAKU PERAN SAKIT (THE SICK ROLE BEHAVIOUR) DARI SEGI SOSIOLOGI, ORANG SAKIT (PASIEN) MEMPUNYAI PERAN YANG MENCAKUP HAK-HAK ORANG SAKIT (RIGHT) DAN KEWAJIBAN SEBAGAI ORANG SAKIT (OBLIGATION). HAK DAN KEWAJIBAN INI HARUS DIKETAHUI SENDIRI DAN ORANG LAIN PERILAKU INI MELIPUTI : A. TINDAKAN UTK MEMPEROLEH KESEMBUHAN B. MENGETAHUI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN YG LAYAK C. MENGETAHUI HAK (HAK MEMPEROLEH PERAWATAN, MEMPEROLEH PELAYANAN KESEHATAN) DAN KEWAJIBAN ORANG SAKIT (MEMBERITAHUKAN PENYAKITNYA TERUTAMA KEPADA PETUGAS KESEHATAN, TDK MENULARKAN PENYAKIT KEPADA ORANG LAIN)

17 DOMAIN PERILAKU BENYAMIN BLOOM (1908) MEMBAGI PERILAKU MANUSIA MENJADI 3 DOMAIN : KOGNITIF (COGNITIVE), AFEKTIF (AFFECIVE) DAN PSIKOMOTOR (PSYCHOMOTOR) DALAM PERKEMBANGANNYA TEORI BLOOM INI DIMODIFIKASI UTK PENGUKURAN HASIL PENDIDIKAN KESEHATAN, MELIPUTI : 1.PENGETAHUAN (KNOWLEDGE) PENGETAHUAN MERUPAKAN HASIL DARI TAHU, INI TERJADI SETELAH ORANG MELAKUKAN PENGINDERAAN TERHADAP SUATU OBJEK TERTENTU PENGETAHUAN YANG TERCAKUP DALAM DOMAIN KOGNITIF MEMPUNYAI 6 TINGKATAN : TAHU (KNOW) DIARTIKAN SBG MENGINGAT SUATU MATERI YANG TELAH DIPELAJARI SEBELUMMNYA TAHU MERUPAKAN TINGKAT PENGETAHUAN YG PALING RENDAH, KATA KERJA UNTUK MENGUKUR BHW ORANG TAHU TTG APA YG DIPELAJARI ANTARA LAIN : MENYEBUTKAN, MENGURAIKAN, MENDEFINISIKAN, MENYATAKAN. CONTOH : DAPAT MENYEBUTKAN TANDA-TANDA KEKURANGAN GIZI

18 DOMAIN PERILAKU lanjutan … MEMAHAMI (COMPREHENSION) SUATU KEMAMPUAN UNTUK MENJELASKAN SECARA BENAR TTG OBJEK YANG DIKETAHUI DAN DPT MENGINTERPRETASIKAN MATERI TSB SECARA BENAR. ORANG YANG TELAH FAHAM TERHADAP OBJEK / MATERI HARUS DAPAT MENJELASKAN, MENYIMPULKAN, MERAMALKAN TERHADAP OBJEK YANG DIPELAJARI CONTOH : DAPAT MENJELASKAN MENGAPA HARUS MAKAN MAKANAN BERGIZI APLIKASI (APPLICATION) DIARTIKAN SBG KEMAMPUAN UTK MENGGUNAKAN MATERI YG TELAH DIPELAJARI PADA SITUASI / KONDISI REAL (SEBENARNYA) APLIKASI DPT DILAKUKAN DGN MENGGUNAKAN RUMUS, METODE, HUKUM-HUKUM DSB CONTOH : DPT MENGGUNAKAN RUMUS STATISTIK DLM PERHITUNGAN HASIL PENELITIAN

19 DOMAIN PERILAKU lanjutan … ANALISIS (ANALYSIS) SUATU KEMAMPUAN UNTUK MENJABARKAN MATERI / OBJEK KE DALAM KOMPONEN-KOMPONEN, TETAPI MASIH DIDALAM SUATU STRUKTUR ORGANISASI DAN ADA KAITANNYA SATU SAMA LAIN. KEMAMPUAN INI DPT DILIHAT DARI PENGGUNAAN KATA KERJA SEPERTI MENGGAMBARKAN (MEMBUAT BAGAN), MEMBEDAKAN, MEMISAHKAN, MENGELOMPOKKAN DAN SEBAGAINYA SINTESIS (SYNTHESIS) SUATU KEMAMPUAN UTK MELETAKKAN / MENGHUBUNGKAN BAGIAN-BAGIAN DI DALAM SUATU BENTUK KESELURUHAN YANG BARU KEMAMPUAN UTK MENYUSUN FORMULASI BARUDARI FORMULASI YANG SUDAH ADA MISALNYA DPT MERENCANAKAN, MERINGKASKAN, MENYESUAIKAN TERHADAP RUMUSAN-RUMUSAN YANG SUDAH ADA

20 DOMAIN PERILAKU lanjutan … EVALUASI (EVALUATION) BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN UNTUK MELAKUKAN JUSTIFIKASI DAN PENILAIAN TERHADAP SUATU MATERI / OBJEK PENILAIAN ITU DIDASARKAN PADA SUATU KRITERIA YANG DITENTUKAN SENDIRI ATAU MENGGUNAKAN KRITERIA YANG SUDAH ADA MISALNYA ; DAPAT MEMBANDINGKAN ANTARA ANAK YANG CUKUP GIZI DGN ANAK YG KURANG GIZI, MENAFSIRKAN SEBAB-SEBAB MENGAPA IBU TDK MAU IKUT KB, DAN SEBAGAINYA

21 ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN SALAH SATU FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS KESEHATAN IALAH LINGKUNGAN LINGKUNGAN TERDIRI DARI ; LINGKUNGAN FISIK, LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA FAKTOR SOSIAL BUDAYA TIDAK SAJA MEMPENGARUHI STATUS KESEHATAN TAPI JUGA MEMPENGARUHI PERILAKU KESEHATAN DARI SEGI SOSIAL MANUSIA SBG MAKHLUK SOSIAL HARUS SALING BERGANTUNG KEHIDUPANNYA SATU SAMA LAIN, TDK BISA HIDUP MENYENDIRI DAN HARUS HIDUP BERMASYARAKAT A.MASYARAKAT ADALAH KESATUAN HIDUP MANUSIA YANG BERINTERAKSI MENURUT SUATU SISTEM ADAT ISTIADAT TERTENTU YANG BERSIFAT KONTINYU, TERIKAT OLEH SUATU RASA IDENTITAS BERSAMA CIRI-CIRI MASYARAKAT : 1. ADA KESATUAN MANUSIA YANG BERINTERAKSI 2. ADA ADAT ISTIADAT, NORMA HUKUM, ATURAN KHAS YANG MENGATUR TINGKAH LAKU 3. ADA KONTINUITAS WAKTU 4.ADA RASA IDENTITAS YANG KUAT YANG MENGIKAT MANUSIA DALAM KESATUAN TERSEBUT

22 ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN lanjutan … BENTUK KONKRET DARI MASYARAKAT TERBAGI KEDALAM UNSUR- UNSUR ; 1). KESATUAN SOSIAL, 2) PRANATA SOSIAL KESATUAN SOSIAL MERUPAKAN BENTUK DAN SUSUNAN DARI KESATUAN-KESATUAN INDIVIDU YANG BERINTERAKSI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT YANG MELIPUTI ; KERUMUNAN, GOLONGAN DAN KELOMPOK KERUMUNAN TERJADI MISALNYA KALAU ADA YANG BERKELAHI, KECELAKAAN, KEBAKARAN, DLL GOLONGAN, MISALNYA GOLONGAN UMUR, GOLONGAN WANITA, GOLONGAN PELAJAR SEDANGKAN KELOMPOK MISALNYA KELOMPOK KERJA, KELOMPOK AGAMA PRANATA SOSIAL MERUPAKAN SISTEM NORMA YANG MENGATUR SEGALA TINDAKAN MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN POKOKNYA DALAM HIDUP BERMASYARAKAT BERFUNGSI : 1. MEMBERIKAN PEDOMAN KEPADA ANGGOTA MASYARAKAT DALAM BERPERILAKU DI MASYARAKAT 2. MENJAGA KEUTUHAN DIMASYARAKAT 3. MEMBERIKAN PEGANGAN BAGI MASYARAKAT DALAM RANGKA PENGENDALIAN SOSIAL

23 ASPEK SOSIAL YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN UMUR DIKALANGAN ANAK BANYAK YANG MENDERITA INFEKSI JENIS KELAMIN WANITA LEBIH BANYAK MENDERITA KANKER PAYUDARA PEKERJAAN BURUH PABRIK MEMPUNYAI POLA PENYAKIT BERBEDA KELOMPOK PETANI, MISALNYA BYSSINOSIS PADA INDUSTRI TEKSTIL SOSIAL EKONOMI PENYAKIT KURANG GIZI UMUMNYA TERJADI PADA GOLONGAN SOSIAL EKONOMI RENDAH

24 B.KEBUDAYAAN PERBEDAAN YANG HAKIKI ANTARA MANUSIA DAN MAKHLUK HIDUP LAINNYA TERLETAK PADA AKAL, PIKIRAN DAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL YANG BERKEMBANG DAN DPT DIKEMBANGKAN MANUSIA MEMBENTUK KONSEP-KONSEP DAN GAGASAN YG SEMAKIN LAMA MAKIN TAJAM, DILAKUKAN DLM RANGKA MEMILIH ALTERNATIF TINDAKAN YANG MENGUNTUNGKAN BAGI KELANGSUNGAN HIDUPNYA KEISTIMEWAAN DALAM DIRINYA YG MEMBUAT MANUSIA MAMPU BERKEBUDAYAAN MANUSIA YG BERKEBUDAYAAN ADALAH MANUSIA YANG BIO-PSIKOLOGIS ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESEHATAN lanjutan ….

25 ASPEK BUDAYA YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN TRADISI WABAH PENYAKIT ‘KURU’ DI NEW GUINEA YANG MENYERANG SUSUNAN SARAF PUSAT PADA ANAK DAN WANITA, PENYEBABNYA VIRUS AKIBAT TRADISI KANIBALISME SIKAP FATALISTIS SEBAGIAN ORANG PERCAYA BAHWA KEMATIAN ADALAH KEHENDAK TUHAN, DAN TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DAPAT MEMPERPANJANG KEHIDUPAN, OLEH KARENANYA MEREKA PASRAH DAN TDK BERUSAHA MENCARI PERTOLONGAN SIKAP ETHNOCENTRIS SIKAP YANG MEMANDANG BAHWA KEBUDAYAANNYA SENDIRI YANG PALING BAIK JIKA DIBANDINGKAN DENGAN KEBUDAYAAN FIHAK LAIN PERASAAN BANGGA TERHADAP STATUS SUATU PERASAAN BANGGA TERHADAP BUDAYANYA YANG BERLAKU PADA KEBANYAKAN ORANG, MISAL ORANG TDK MAU MAKAN DAUN SINGKONG, KARENA DITEMPATNYA DAUN TERSEBUT HANYA UNTUK MAKANAN KAMBING

26 ASPEK BUDAYA YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN lanjutan … PENGARUH NORMA MISAL ; AKSEPTOR KB MENURUN PADA PUSKESMAS YANG PELAYANAN KB-NYA DIPEGANG OLEH LAKI-LAKI PENGARUH NILAI MISAL ; BANYAK PETUGAS KESEHATAN YANG MEROKOK MESKIPUN MEREKA MENGETAHUI BAGAIMANA BAHAYA MEROKOK TERHADAP KESEHATAN PENGARUH UNSUR BUDAYA YANG DIPELAJARI PADA TINGKAT AWAL PROSES SOSIALISASI MISALNYA MANUSIA YANG BIASA MAKAN NASI SEJAK KECIL SULIT DIUBAH KEBIASAANNYA SETELAH DEWASA PENGARUH KONSEKUENSI DARI INOVASI MISALNYA PENDUDUK TIDAK MAU MEMINDAHKAN TERNAKNYA DARI DAPUR YANG MENJADI KANDANGNYA, KARENA TAKUT TERNAKNYA DIAMBIL ORANG

27 SISTEM PELAYANAN KESEHATAN SISTEM : ADALAH SUATU JARINGAN KERJA DARI PROSEDUR-PROSEDUR YANG SALING BERHUBUNGAN, BERKUMPUL BERSAMA-SAMA UNTUK MELAKUKAN SUATU KEGIATAN ATAU UNTUK MENYELESAIKAN SUATU SASARAN TERTENTU ESSENSINYA SISTEM TERDIRI DARI : KOMPONEN-KOMPONEN DALAM SISTEM TERSEBUT, MENCAKUP : 1. PERANGKAT KERAS/HARDWARE 2. PERANGKAT LUNAK/SOFTWARE 3. PROSEDUR/PROCEDURE 4. PERANGKAT MANUSIA/BRAINWARE 5. INFORMASI/INFORMATION FUNGSI TEKNOLOGI DI DALAMNYA 1. INPUT 2. PROSES 3. OUTPUT 4. PENYIMPANAN 5. KOMUNIKASI

28 SISTEM PELAYANAN KESEHATAN lanjutan … SISTEM PELAYANAN KESEHATAN, TERDIRI DARI: PELAYANAN YANG DIBERIKAN KEPADA INDIVIDU 1.PENDERITA YANG MEMERLUKAN PELAYANAN TINDAK LANJUT 2.PENDERITA YANG TERGOLONG RESIKO TINGGI 3.SESEORANG KARENA KEBUTUHAN KESEHATANNYA MEMERLUKAN BIMBINGAN SERTA PENGAWASAN

29 SISTEM PELAYANAN KESEHATAN lanjutan … PELAYANAN YANG DIBERIKAN KEPADA KELUARGA 1.KELUARGA DENGAN STATUS SOSIAL EKONOMI RENDAH DAN MEMPUNYAI MASALAH KESEHATAN DAN MEMPUNYAI RESIKO UNTUK TERSERANG PENYAKIT 2.KELUARGA YANG MEMPUNYAI ANGGOTA KELUARGA YANG SAKIT DAN MEMERLUKAN PENGOBATAN 3.KELUARGA YANG MEMPUNYAI MASALAH KESEHATAN ATAU MASALAH LAINNYA YANG TERKAIT DAN DAPAT DIBANTU OLEH TENAGA KESEHATAN

30 SISTEM PELAYANAN KESEHATAN lanjutan … PELAYANAN YANG DIBERIKAN KEPADA KELOMPOK KHUSUS PELAYANAN PADA KELOMPOK KHUSUS BERTUJUAN UNTUK MEMBENTU KELOMPOK KHUSUS MEMPUNYAI MASALAH KESEHATAN TERTENTU. PELAYANAN YANG DIBERIKAN MENCAKUP KEGIATAN PENYULUHAN KESEHATAN TERMASUK PENEMUAN KASUS SECARA DINI, PELAYANAN KESEHATAN DASAR DSB

31 SISTEM PELAYANAN KESEHATAN lanjutan … PELAYANAN TINGKAT MASYARAKAT DILAKUKAN DALAM LINGKUP KECIL SAMPAI LINGKUP MASYARAKAT LUAS SUATU WILAYAH KERJA PUSKESMAS. PELAYANAN DALAM TINGKAT MASYARAKAT DIBATASI OLEH BATAS WILAYAH ATAU MASYARAKAT DALAM CIRI-CIRI TERTENTU UNTUK MENGETAHUI MASALAH DI SUATU MASYARAKAT, DIPERLUKAN SURVEILLANCE DENGAN MENGUMPULKAN DATA KEPENDUDUKAN, DATA SOS-BUD, DATA KESEHATAN, DATA KESLING, POLA PENYAKIT DAN KEBIASAAN MASYARAKAT YANG BERKAITAN DGN MASALAH KESEHATAN

32


Download ppt "ANTRHOPOLOGI BERASAL DARI KATA ANTRHOPOS = MANUSIA, LOGOS = ILMU SALAH SATU CABANG ILMU SOSIAL YANG MEMPELAJARI BUDAYA MASYARAKAT SUATU ETNIS TERTENTU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google