Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI, PSIKOLOG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI, PSIKOLOG."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI, PSIKOLOG

2 DEFINISI  Belajar, adalah proses perubahan tingkah laku yang ada pada diri individu baik yang berkenaan dengan aspek logika, etika, estetika, karya, dan praktika.

3 Ciri ciri belajar  Adanya kemampuan baru atau perubahan. Perubahan tingkah laku bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), maupun nilai dan sikap (afektif).  Perubahan itu tidak berlangsung sesaat saja melainkan menetap atau dapat disimpan.  Perubahan itu tidak terjadi begitu saja melainkan harus dengan usaha. Perubahan terjadi akibat interaksi dengan lingkungan.  Perubahan tidak semata-mata disebabkan oleh pertumbuhan fisik/ kedewasaan, tidak karena kelelahan, penyakit atau pengaruh obat-obatan.

4 Faktor pendorong mengapa manusia memiliki keinginan untuk belajar  Adanya dorongan rasa ingin tahu  Adanya keinginan untuk menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagai tuntutan zaman dan lingkungan sekitarnya.  Mengutip dari istilah Abraham Maslow bahwa segala aktivitas manusia didasari atas kebutuhan yang harus dipenuhi dari kebutuhan biologis sampai aktualisasi diri.  Untuk melakukan penyempurnaan dari apa yang telah diketahuinya.

5 Faktor pendorong mengapa manusia memiliki keinginan untuk belajar  Agar mampu bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya.  Untuk meningkatkan intelektualitas dan mengembangkan potensi diri.  Untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.  Untuk mengisi waktu luang.

6 Jenis-jenis belajar Menurut Bloom  Menurut Bloom ada tiga domain belajar yaitu : A Cognitive Domain (Kawasan Kognitif). Adalah kawasan yang berkaitan dengan aspek-aspek intelektual atau secara logis yang bisa diukur dengan pikiran atau nalar. Kawasan ini tediri dari:  Pengetahuan (Knowledge).  Pemahaman (Comprehension).  Penerapan (Aplication)  Penguraian (Analysis).  Memadukan (Synthesis).  Penilaian (Evaluation).

7 Jenis-jenis belajar B. Affective Domain (Kawasan afektif). Adalah kawasan yang berkaitan dengan aspek-aspek emosional, seperti perasaan, minat, sikap, kepatuhan terhadap moral dan sebagainya. Kawasan ini terdiri dari:  Penerimaan (receiving/attending).  Sambutan (responding).  Penilaian (valuing).  Pengorganisasian (organization).  Karakterisasi (characterization)

8 Jenis-jenis belajar C. Psychomotor Domain (Kawasan psikomotorik). Adalah kawasan yang berkaitan dengan aspek- aspek keterampilan yang melibatkan fungsi sistem syaraf dan otot (neuronmuscular system) dan fungsi psikis. Kawasan ini terdiri dari:  Kesiapan (set)  Meniru (imitation)  Membiasakan (habitual)  Adaptasi (adaption)


Download ppt "PENGANTAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI, PSIKOLOG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google