Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TAKSONOMI dan TUJUAN INSTRUKSIONAL RI/9202 TAKSONOMI Berasal dari bahasa Yunani: ‘tassein’ yang berarti untuk mengklasifikasi, dan ‘nomos’ yang berarti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TAKSONOMI dan TUJUAN INSTRUKSIONAL RI/9202 TAKSONOMI Berasal dari bahasa Yunani: ‘tassein’ yang berarti untuk mengklasifikasi, dan ‘nomos’ yang berarti."— Transcript presentasi:

1

2 TAKSONOMI dan TUJUAN INSTRUKSIONAL RI/9202

3 TAKSONOMI Berasal dari bahasa Yunani: ‘tassein’ yang berarti untuk mengklasifikasi, dan ‘nomos’ yang berarti aturan. Suatu pengklasifikasian atau pengelompokan yang disusun berdasarkan ciri-ciri tertentu. Klasifikasi berhirarki dari sesuatu, atau prinsip yang mendasari klasifikasi. Klasifikasi bidang ilmu, kaidah, dan prinsip yang meliputi pengklasifikasian objek.

4 Beberapa Macam Taksonomi 1.Taksonomi Ranah/bidang Kognitif 2.Taksonomi Ranah/bidang Afektif 3.Taksonomi Ranah/bidang Psikomotorik

5 Tujuan Ranah Kognitif: berorientasi pada kemampuan berfikir, mencakup kemampuan intelektual yang sederhana, yaitu mengingat sampai pada kemampuan memecahkan suatu masalah.

6 Menurut Bloom Ranah Kognitif ada 6 Kategori: 1.Mengenal/pengetahuan (recognition/knowledge) 2.Pemahaman (comprehension) 3.Penerapan (application) 4.Analisis (analysis) 5.Sintesis (syntesis) 6.Evaluasi (evaluation)

7 Disain Instruksional MENULIS TUJUAN INSTRUKSIONAL TAKSONOMI TUJUAN PENDIDIKAN DALAM KAWASAN KOGNITIF MENGINGATDANMENGHAFAL MENTERJEMAHKANMENGINTERPRETASIKANMENYIMPULKAN KONSEP DG KATASENDIRI MENYATUKANKONSEPSECARATERINTEGRASIMENJADIBENTUKIDEGAGASANYANGMENYELURUH MENGUNAKANKONSEPPRISIPDANPROSEDURUNTUK MELAKUKAN MELAKUKANSESUATU MENENTUKANNILAI(VALUE)UNTUKSUATUMAKSUDDENGANMENGGUNAKANSTANDARTERTENTU MENJABARKANKONSEPMENJADIBAGIAN2ATAUMENJELASKANGAGASANYANGMENYELURUH PENGETAHUAN(KNOWLEDGE) PEMAHAMAN(COPMREHENTION) PENERAPAN(APLICATION) ANALISIS SINTESIS(SYINTHESIS) EVALUASI

8 Tujuan Ranah Afektif: Berorientasi pada kemampuan yang berhubungan dengan perasaan, emosi, sistem nilai dan sikap hati yang menunjukkan penerimaan atau penolakan terhadap sesuatu.

9 Menurut Krathwohl, Bloom, Masia Ranah Afektif ada 5 kelompok: 1.Penerimaan 2.Pemberian Respon 3.Penghargaan terhadap Nilai 4.Pengorganisasian sistem Nilai 5.Pengamalan: pengorganisasian dan pengintegrasian sistem nilai dalam suatu sistem nilai pribadi.

10 TAKSONOMI TUJUAN INSTRUKSIONAL Penerimaan Pemberian respon Penilaian Pengorganisasian Karakterisasi KEMAMPUAN BERSIKAP/NILAI (AFEKTIF) Kratwohl,dkk

11 Tujuan Ranah Psikomotorik: Berorientasi pada keterampilan motorik yang berhubungan dengan anggota tubuh, atau tindakan.

12 Menurut Harrow Ranah Psikomotorik ada 5 Tingkat: 1.Meniru 2.Manipulasi 3.Ketepatan gerakan 4.Artikulasi 5.Naturalisasi

13 TAKSONOMI TUJUAN INSTRUKSIONAL MENIRU MENGGUNAKAN KETEPATAN MERANGKAIKAN NATURALISASI KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

14 Tujuan Instruksional Tujuan yang menggambarkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan sikap yang harus dimiliki oleh pembelajar sebagai akibat dari hasil pengajaran yang dinyatakan dalam bentuk tingkah laku (behavior) yang dapat diamati dan diukur. Rumusan pernyataan mengenai kemampuan atau tingkah laku yang diharapkan dimiliki/dikuasai pembelajar setelah ia menerima proses pengajaran. Suatu tujuan pengajaran yang harus dikuasai pembelajar setelah proses pengajaran.

15 Tujuan Instruksional terbagi menjadi 2 yaitu: 1.Tujuan Instruksional Umum 2.Tujuan Instruksional Khusus

16 Manfaat Tujuan Instruksional: Guru mempunyai arahan untuk memilih bahan pelajaran dan memilih prosedur (metode) mengajar. Siswa pengetahui arah belajarnya. Setiap guru mengetahui batas-batas tugas dan wewenangnya dalam pengajarkan suatu bahan. Guru mempunyai patokan dalam menilai kemajuan belajar siswa. Guru mempunyai kriteria untuk mengevaluasi kualitas maupun efisiensi pelajarannya.

17 Syarat dalam merumuskan Tujuan Instruksional: 1.Harus berpusat pada perubahan tingkah laku pembelajar. 2.Harus berisikan tingkah laku operasional (dapat diukur pada saat itu juga) 3.Harus berisikan makna dari pokok bahasan yang diajarkan pada saat itu.


Download ppt "TAKSONOMI dan TUJUAN INSTRUKSIONAL RI/9202 TAKSONOMI Berasal dari bahasa Yunani: ‘tassein’ yang berarti untuk mengklasifikasi, dan ‘nomos’ yang berarti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google