Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TAKSONOMI HASIL BELAJAR BIOLOGI SEBAGAI SASARAN EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI Di susun oleh : Intan Nurul Faidah(10008081) Rizki Nanda Okteviana(10008086)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TAKSONOMI HASIL BELAJAR BIOLOGI SEBAGAI SASARAN EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI Di susun oleh : Intan Nurul Faidah(10008081) Rizki Nanda Okteviana(10008086)"— Transcript presentasi:

1 TAKSONOMI HASIL BELAJAR BIOLOGI SEBAGAI SASARAN EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI Di susun oleh : Intan Nurul Faidah( ) Rizki Nanda Okteviana( ) Wiwit Sistiani( ) Malinda Kusumawati( ) Nur Wahyuni( ) Pend. Biologi B Leen Nanda Nuri Wiwit Intan

2 Akan di jelaskan mengenai : Pengertian Taksonomi Pengertian Tujuan Pembelajaran Ragam Taksonomi Menurut Bloom : a. Ranah KognitifRanah Kognitif b. Ranah AfektifRanah Afektif Kemampuan Kognitif menurut revisi Taksonomi Bloom Kemampuan Kognitif menurut revisi Taksonomi Bloom Penerapan Konsep Taksonomi

3 Pengertian Taksonomi Secara etimologi, taksonomi memiliki makna perincian, klasifikasi atau sistem kategori, di mana kategori-kategori disusun atas dasar pertentangan. Sedangkan secara terminologi, taksonomi merupakan suatu tipe sistem klasifikasi yang khusus, yang berdasarkan data penelitian ilmiah mengenai hal-hal yang digolongkan dalam sistematika.

4 Pengertian Tujuan Pembelajaran Menurut Standar Proses pada Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. Ini berarti kemampuan yang dirumuskan dalam tujuan pembelajaran mencakup kemampuan yang akan dicapai siswa selama proses belajar dan hasil akhir belajar pada suatu kompetensi dasar.

5 Ragam Taksonomi Guilford Struktur Intelek dalam Bentuk Kubus Gagne dan Merrill 8 Hierarki Tingkah Laku Anita Harrow a. Gerakan refleks b. Dasar dasar Gerakan c. Perceptual abilities d. Physical abilities e. Skilled movements f. Nondiscoursive communication

6 Blooms a. Ranah Kognitif b. Ranah Afektif c. Ranah Psikomotorik

7 Ranah Kognitif Terdiri atas 6 tingkatan : 1.Tingkat pengetahuan (knowledge) 2.Pemahaman (comprehension) 3.Tingkat penerapan (application) 4.Tingkat analisis (analysis) 5.Tingkat sintetis (synthetis) 6.Tingkat evaluasi (evaluation)

8 Kemampuan Kognitif menurut revisi Taksonomi Bloom Seseorang dapat dikatakan telah belajar sesuatu dalam dirinya apabila telah terjadi perubahan, akan tetapi tidak semua perubahan terjadi. Jadi hasil belajar merupakan pencapaian tujuan belajar dan hasil belajar sebagai produk dari proses belajar. Selain ranah afektif dan psikomotorik, hasil belajar yang perlu diperhatikan adalah dalam ranah kognitif. Dalam Taksonomi Bloom yang direvisi oleh David R. Krathwohl di jurnal Theory into Practice, aspek kognitif dibedakan atas enam jenjang.

9 Gb. Hierarki Ranah Kognitif menurut revisi Taksonomi Bloom

10 Ranah Afektif Terdiri atas 5 tingkatan : 1.Kemauan menerima 2.Kemauan menanggapi 3.Berkeyakinan 4.Penerapan karya 5.Ketekunan dan ketelitian

11 Penerapan Konsep Taksonomi Tingkah laku akhir (terminal behavior) Tingkah laku akhir adalah tingkah laku yang diharapkan setelah seseorang mengalami proses belajar. Di sini tingkah laku ini harus menampakan diri dalam suatu perbuatan yang dapat diamati dan diukur. Kondisi demonstrasi Kondisi demonstrasi adalah komponen TIK yang menyatakan suatu kondisi atau situasi yang dikenakan kepada siswa pada saat ia mendemonstrasikan tingkah laku akhir

12 Standar keberhasilan Standar keberhasilan adalah komponen TIK yang menunjukkan seberapa jauh tingkat keberhasilan yang dituntut oleh penilai bagi tingkah laku pelajar pada situasi akhir. Namun yang umum dikerjakan sampai saat ini hanya sampai tingkah laku akhir saja.

13 DAFTAR PUSTAKA Alim Evaluasi dan Taksonomi.http://alim- online.blogspot.com/2010/05/evaluasi-dan- taksonomi-tujuan.html. Anonim Taksonomi dan Tujuan Peembelajaran. omi-dan-tujuan-pembelajaran.html Ovie, Tarandulianda Taksonomi Bloom. ksonomi-bloom.html. Suparman, Atwi Desain Instruksional, Jakarta:PAU- PPAI, Universitas Terbuka, hal Uno, Hamzah Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

14 TERIMA KASSSSIIIIIIHHHHHH शुक्रिया 감사합니다


Download ppt "TAKSONOMI HASIL BELAJAR BIOLOGI SEBAGAI SASARAN EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI Di susun oleh : Intan Nurul Faidah(10008081) Rizki Nanda Okteviana(10008086)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google