Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI,PSI. motivasi adalah merupakan suatu energi dalam diri manusia yang dapat mendorong untuk melakukan aktivitas tertentu dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI,PSI. motivasi adalah merupakan suatu energi dalam diri manusia yang dapat mendorong untuk melakukan aktivitas tertentu dengan."— Transcript presentasi:

1 ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI,PSI

2 motivasi adalah merupakan suatu energi dalam diri manusia yang dapat mendorong untuk melakukan aktivitas tertentu dengan tujuan tertentu, artinya tanpa motivasi seorang siswa tidak akan membaca, belajar dan sekolah dan akhirnya tentu saja tidak akan mencapai suatu keberhasilan dalam belajar

3 A. Motivasi Ekstrinsik,motivasi ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian siswa mau melakukan sesuatu atau belajar. seperti imbalan dan hukuman. B. Motivasi instrinsik Jenis motivasi ini timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri

4 1. Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepas energi. Motivasi dalam hal ini merupakan penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan. 2. Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang akan dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya. 3. Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan- perbuatan yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan- perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut sehingga anak didik dalam proses pembelajaran mengevaluasi perilaku yang dilakukannya.

5 Model pembelajaran ARCS merupakan suatu bentuk pendekatan pemecahan masalah untuk merancang aspek motivasi serta lingkungan belajar dalam mendorong dan mempertahankan motivasi siswa untuk belajar a.Perhatian (Attention) :Perhatian siswa muncul didorong rasa ingin tahu. Oleh sebab itu rasa ingin tahu ini perlu mendapat rangsangan, sehingga siswa akan memberikan perhatian, dan perhatian tersebut terpelihara selama pembelajaran, bahkan lebih lama lagi. b. Relevansi (Relevance) : Relevansi menunjukan adanya hubungan materi perkuliahan dengan kebutuhan dan kondisi siswa.

6 c. Kepercayaan diri (Confidence) : Merasa diri kompeten atau mampu,merupakan potensi untuk dapat berinteraksi secara positif dengan lingkungan. d. Kepuasan (Satisfaction) : Keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan akan menghasilkan kepuasan, dan siswa akan termotivasi untuk terus berusaha mencapai tujuan yang serupa. Kepuasan karena mencapai tujuan dipengaruhi oleh konsekuensi yang diterima, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa.

7 a. Cita-cita atau aspirasi siswa b. Kemampuan siswa. c. Kondisi siswa. d. Kondisi lingkungan siswa e. Upaya guru dalam membelajarkan siswa.

8 1. Menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik. 2. Hadiah 3. Saingan/kompetisi 4. Pujian 5. Hukuman 6. Memberikan perhatian maksimal 7. Membantu kesulitan belajar 8. Menggunakan metode yang bervariasi, dan 9. Menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran


Download ppt "ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI,PSI. motivasi adalah merupakan suatu energi dalam diri manusia yang dapat mendorong untuk melakukan aktivitas tertentu dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google