Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ABNASIH, 6301909030 HUBUNGAN ANTARA PANJANG TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN LARI CEPAT 60 METER PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SERUTSADANG DAN SD NEGERI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ABNASIH, 6301909030 HUBUNGAN ANTARA PANJANG TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN LARI CEPAT 60 METER PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SERUTSADANG DAN SD NEGERI."— Transcript presentasi:

1 ABNASIH, HUBUNGAN ANTARA PANJANG TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN LARI CEPAT 60 METER PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SERUTSADANG DAN SD NEGERI PULOREJO 02 KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ABNASIH - NIM : PRODI : Pendidikan Kepelatihan Olahraga - JURUSAN : Ilmu Kepelatihan Olah Raga - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - abnasih pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : DRS. MARGONO M.Kes - PEMBIMBING 2 : SOEDJATMIKO M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul HUBUNGAN ANTARA PANJANG TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN LARI CEPAT 60 METER PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SERUTSADANG DAN SD NEGERI PULOREJO 02 KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

4 Abstrak Latar belakang penelitian adalah dari pengamatan awal yang dilakukan peneliti pada saat tes lari di SD Negeri Serutsadang Pati, siswa kelas IV dan V SD Negeri Serusadang rata-rata memiliki panjang tungkai yang pendek. Namun demikian mereka hampir mengimbangi hasil kecepatan lari dari siswa yang tungkainya lebih panjang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara panjang tungkai terhadap kecepatan lari 60 meter siswa kelas IV, V di SD N Serutsadang dan SD N Pulorejo 02 Pati ? Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara panjang tungkai dengan kecepatan lari cepat 60 meter kelas IV, V di SD N Serutsadang dan SD N Pulorejo02 Pati Tahun Pelajaran 2010 / Metode penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran. Populasi yang digunakan adalah siswa putra kelas IV SD N Serutsadang dan di V SD N Pulorejo 02 Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik penarikan sampel adalah total sampling sehingga seluruh populasi sebanyak 143 siswa menjadi sampel. Pengujian normalitas data dengan Kolmogorov-Smirnov test, pengujian homogenitas menggunakan Chi-square test, dan pengujian hipotesis dengan korelasi serta regresi simple pada taraf signifikansi 5%. Dari analisis data diperoleh hasil 1) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan kecepatan lari cepat 60 meter yang dibuktikan dengan t hitung ≥ t tabel yaitu 11,758 ≥ 1,96 dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan nilai r korelasi product moment sebesar 0,923 yang berarti bahwa korelasi atau hubungan antara panjang tungkai dengan prestasi lari cepat 60 meter adalah kuat. Simpulan dalam penelitian ini adalah Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan kecepatan lari cepat 60 meter pada siswa kelas IV, V SDN Serutsadang dan SD N Pulorejo 02 Pati. Disarankan 1) bagi para pelatih di dalam melatih para pemain hendaknya diimbangi dengan peningkatan kondisi fisik berupa panjang tungkai sehingga pelatihan yang dilakukan dapat berhasil guna dan berdaya guna, 2) dalam pemilihan atlet hendaknya memperhatikan tinggi badan dan panjang tungkai agar pola pembinaan dan proses pelatihan yang dilakukan dapat berhasil guna dan berdaya guna, 3) sarana dan prasarana harus dipenuhi dan ditingkatkan penggunaannya sehingga dapat memberikan kenyamanan dan semangat bagi seorang atlit untuk berlatih.

5 Kata Kunci Panjang Tungkai terhadap Kecepatan, Lari

6 Referensi Aip Syaifuddin, Anatomi fisiologi untuk Mahasiswa Keperawatan. Jakarta : Depdikbud Anton M. Mulyono, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdikbud Balai Pustaka. Bompa Tudor O, 1994: Theory and Methodologhy of Training, Dubugue, Lowa: Hunt Publishing Company Darsono, Dasar-Dasar Penelitian. Jakarta : Rineka cipta. Depdiknas, Standar Kompetensi Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdiknas. Didin Budiman, Psikologi Anak dalam Pendidikan Jasmani. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Donnel Kevin O, Dinamika Kecepatan, Jakarta: PB PASI Engkos Kosasih, Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta : Akademika Pressindo. Gambetta Vern, 1992: Track And Field Coaching Manual, Champaign, Illionis: Leisure Press Harsono Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching, Jakarta: Depdikbud. Imam Hidayat, Biomekanika. Bandung : IKIP FPOK Bandung. Jonath. U, F Haag, R. Krempel, Track and Field, New York: Sterling Publishing Co. Inc M. Sajoto, Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olah Raga. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK. Suhardjo, Untung, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan SMU. Jakarta : Depdikbud Suharno HP, Ilmu Coaching Umum. Jogjakarta : IKIP FKIP Jogjakarta. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. _______________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Sutrisno Hadi, Statistik II. Yogjakarta : Andi offset. W.J.S Poerwadarminto, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

7 Terima Kasih


Download ppt "ABNASIH, 6301909030 HUBUNGAN ANTARA PANJANG TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN LARI CEPAT 60 METER PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SERUTSADANG DAN SD NEGERI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google