Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 2012."— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 2012

2 Game Masalah dalam pengembangan (koding) Software Game (jaman dulu): Produk hardware sebagai pendukung game, jumlahnya banyak (banyak vendor yang memproduksi). Kombinasi yang didapat antar hardware dalam PC menjadi lebih banyak Progammer harus meng-koding sendiri (low-level) untuk memberikan perintah pada hardware, seperti untuk menggambar, memutar suara, dsb. Programmer biasanya hanya menguji softwarenya pada beberapa jenis hardware (video dan suara). Software game mungkin bisa bekerja dengan baik pada satu jenis hardware (ketika ditulis), tetapi tidak dapat dipastika juga akan bekerja dengan baik pada hardware yang lain. Hardware PC: layar, suara, papan ketik, joystick, hardware 3D dan 2D framebuffer 2

3 Game Solusi Diperlukan suatu library (fungsi) untuk menjembatani antara hardware dengan bahasa pemrograman yang digunakan programmer. Programmer cukup memanggil library (high-level) untuk perintah yang berkaitan dengan hardware. Programmer tidak perlu kuatir bahwa software gamenya akan tidak kompatibel dengan hardware yang berbeda dengan yang digunakannya, karena masalah akses langsung ke hardware sudah dikendalikan oleh library. Permasalahan hardware (dan kombinasinya dalam PC) yang jumlahnya banyak bisa terselesaikan. 3

4 Library (Fungsi) Game - Grafis DirectX ◦ Library windows untuk akses ke hardware. ◦ Platform Microsoft OpenGL (Open Graphics Library) ◦ Dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) ◦ Digunakan secara luas dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan SDL (Simple DirectMedia Layer) ◦ Pertama kali ditulis oleh Sam Lantinga pada tahun ◦ Tujuan agar game yang dikembangkan kompatibel dengan Windows, Mac, BeOS dan Linux ◦ Saat ini sudah menjadi modul utama Linux. Library yang lain: ClanLib, OGRE 3D, dsb. 4

5 Library (Fungsi) Game - Suara OpenAL (Open Audio Library) ◦ Saudara kandung OpenGL FMOD ◦ Library komersial ◦ Kompatibel dengan Windows, Linux. Library yang lain: BASS, dsb. 5

6 Jenis – jenis game 6 Aksi Petualangan Tomb Raider Gotham City Impostors Aksi First Person Shooter, Half Life, Call of Duty

7 Jenis – jenis game 7 Simulasi, Konstruksi, Manajemen SimCity, Spore

8 Jenis – jenis game 8 Role Play Games Final Fantasy, World of Warcraft, Fallout

9 Jenis – jenis game 9 Strategi Age of Empire, Starcraft, Command and Conquer

10 Jenis – jenis game 10 Balapan Daytona, Top Gear, Need for Speed

11 Jenis – jenis game 11 Olahraga FIFA, Winning Eleven, PES, NBA Puzzle Tetris, Minesweeper, Bomberman

12 Perkuliahan kita ? 12 Greenfoot GUI Java yang mengkhususkan pada pembuatan game. Isi perkuliahan:  Membuat game puzzle  Membuat game simulasi

13 Pre-requirement 13 Logika dan Algoritma Bahasa Pemrograman Konsep Object Oriented Bahasa C / C++ Bahasa Java Bahasa VB Bahasa Delphi  Wajib Kifayah  Wajib Ain  Sunnah  Sunnah Muakkad  Sunnah Konsep Object Oriented Programming:  Class, Object  Encapsulation: Public, Protected, Private  Inheritance  Polimorfisme PRE - TEST

14 Mengukur kesiapan mahasiswa dalam memulai kuliah pemrograman game. Dapat menentukan strategi dan pilihan terbaik sistem tugas untuk perkuliahan yang maksimal. Harap diisi secara jujur dan sesuai kenyataan. Obyektif, jangan nyontek teman. Tidak berkaitan dengan penilaian kuliah anda. Waktu: 15 menit. 14

15 15 1.Atribut atau method dengan status dapat dilihat oleh kelas itu sendiri dan turunannya instansiasi 2.Hirarki kelas-kelas yang semakin mengerucut/khususoverloading 3.Pembuatan objek dari kelas yang sudah didefinisikanoverriding 4.Banyak bentukextends 5.Hanya dapat diakses pada kelas tempat dideklarasikanreusability 6.Blueprintprotected 7.Method dengan nama yang sama dalam satu kelaskelas 8.Method yang otomatis dijalankan ketika pembuatan objeksuper 9.Pendefinisian ulang method yang telah ada dikelas indukpolimorfisme 10.Kelas yang tidak dapat diinstansiasiprivate 11.Pembungkusankonstruktor 12.Memodifikasi kelas yang sudah ada sehingga menghasilkan kelas yang barusuperclass 13.Mengacu pada kelas indukinheritance 14.Kontrol yang menyebabkan suatu atribut mendapat status dapat diakses oleh kelas luar sekalipun this 15.Perilaku objekpublic 16.Mengacu pada kelas itu sendiriinisialisasi 17.Salah satu kelebihan OOP adalah dapat dilakukan penggunaan kembali koding yang sudah ada tanpa harus mengubah koding yang lama encapsulation 18.Kelas indukkelas abstrak 19.Pemberian nilai awal sebuah atributspecialization 20.Kata kunci dalam koding Java yang menyatakan bahwa sebuah kelas merupakan turunan kelas yang lain method Soal Pre - Test

16 16 1. Bahasa pemrograman yang anda kuasai ? Java / C / C++ / Delphi / Visual Basic / Lainnya …… 2. Berapa tingkat penguasaan ? Sedikit / Sedang / Banyak / Expert Soal Pre - Test Tunggu hasilnya minggu depan …


Download ppt "Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google