Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIANA ANDRIANI MM., MT X. Manajemen Gaji dan Upah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIANA ANDRIANI MM., MT X. Manajemen Gaji dan Upah."— Transcript presentasi:

1 DIANA ANDRIANI MM., MT X. Manajemen Gaji dan Upah

2 2 Gaji dan Upah Bagian Dari Kompensasi Kompensasi adalah keseluruhan balas jasa yang diterima oleh pegawai sebagai akibat dari pelaksanaan pekerjaan di organisasi dalam bentuk uang atau lainnya, seperti gaji, upah, bonus, insentif, tunjangan kesehatan, hari raya, uang makan, uang cuti, dll. Tujuan kompensasi yaitu untuk menarik pegawai yang berkualitas, membangun komitmen karyawan, mendorong peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya meningkatkan kompetensi organisasi secara keseluruhan.

3 3 Gaji dan Upah Gaji adalah balas jasa dalam bentuk uang yang diterima pegawai sebagai konsekuensi dari kedudukannya sebagai seorang pegawai yang memberikan sumbangan dalam mencapai tujuan organisasi. Atau, dapat dikatakan sebagai bayaran tetap yang diterima seseorang dai keanggotaannya dalam sebuah organisasi. Upah kata lain dari gaji yang ditujukan pada pegawai tertentu, biasanya pada pegawai bagian operasi.

4 4 Langkah-langkah Penentuan Gaji dan Upah 1. Menganalisis jabatan/tugas. 2. Mengevaluasi jabatan. 3. Melakukan survei gaji dan upah. 4. Menentukan tingkat gaji.

5 5 1. Analisis Jabatan/Tugas Analisis jabatan merupakan kegiatan untuk mencari informasi tentang tugas-tugas yang dilakukan dan persyaratan yang diperlukan dalam melaksanakan tugas tersebut berhasil untuk mengembangkan uraian tugas, spesifikasi tugas dan standar unjuk kerja.

6 6 2. Evaluasi Jabatan/Tugas Evaluasi jabatan adalah proses sistematis untuk menentukan nilai relatif dari suatu pekerjaan dengan pekerjaan lain. Metode dalam penilaian pekerjaan : a.Metode pemeringkatan (job ranking). b. Metode pengelompokan (job grading). c.Metode perbandingan faktor-faktor. d.Metode penentuan poin (point system).

7 7 a. Metode Pemeringkatan (Job Ranking) Metode pemeringkatan adalah menilai tingkat kepentingan secara umum dari suatu pekerjaan dibandingkan dengan yang lain atau mengurutkan pekerjaan menurut tingkat kepentingannya dengan mempelajari informasi analisis jabatan, yaitu job description, job spesification, dan job performance standard, kemudian secara subjektif pekerjaan mana yang lebih penting diurutkan dibandingkan dengan yang lain. Langkah-langkah metode pemeringkatan : 1. Mandapatkan informasi jabatan. 2. Menentukan jabatan-jabatan tertentu yang akan dinilai. 3. Menentukan faktor-faktor yang dikompensasi. 4. Memeringkatkan jabatan satu dan yang lain yaitu mengurutkan pekerjaan dari yang terpenting hingga kurang penting.

8 8 Tabel 1. Peringkat Jabatan

9 9 b. Metode Pengelompokan (Job Grading) Metode pengelompokan adalah menetapkan suatu pekerjaan dalam kategori tertentu atau klasifikasi atau kelompok. Kelompok-kelompok itu disebut kelas jika berisi jabatan yang sama dan disebut tingkatan jika berisi pekerjaan yang berbeda tetapi mempunyai kesulitan yang sama. Langkah-langkah metode pengelompokan : 1. Mengembangkan kelas dengan membuat uraian tingkatan berdasarkan faktor-faktor yang dapat dikompensasi, seperti kesulitan pekerjaan, hubungan dengan orang lain, pengalaman, pendidikan, latihan, tanggung jawab, dll. 2. Berdasarkan faktor-faktor di atas dibuat tingkatan. 3. Mengelompokan jabatan yang sesuai dengan klasifikasi atau tingkatan yang sudah ditentukan. 4. Menetukan besarnya gaji.

10 10 Tabel 2. Uraian Tingkatan Jabatan

11 11 Tabel 2. Uraian Tingkatan Jabatan

12 12 c. Metode Perbandingan Faktor Metode perbandingan faktor adalah membandingkan beberapa faktor dalam pekerjaan yang dapat dikompensasi. Langkah-langkah metode perbandingan faktor : 1. Memperoleh informasi jabatan. 2. Menentukan faktor-faktor yang dapat dikompensasi. 3. Menentukan jabatan kunci. 4. Membuat peringkat jabatan kunci berdasarkan faktor-faktor yang dapat dikompensasi. 5. Mendistribusikan tarif upah untuk faktor-faktor yang dapat dikompensasi. 6. Menyajikan dalam sebuah bagan perbandingan. 7. Mengevaluasi pekerjaan lain.

13 13 Tabel 3. Perbandingan Peringkat Faktor

14 14 Tabel 4. Contoh Faktor yang Dapat Dinilai

15 15 Tabel 5. Skala Perbandingan Jabatan

16 16 d. Metode Penentuan Poin (Point System) Metode ini dilakukan dengan cara menentukan poin atau angka untuk faktor-faktor yang lebih rinci yang dapat dikompensasi. Misalnya, faktor tanggung jawab dipecah menjadi tanggung jawab kepada orang, peralatan dan bahan dll. Langkah-langkah metode penentuan poin : 1. Menentukan secara rinci faktor-faktor yang dapat dikompensasi. 2. Menentukan level atau tingkat faktor-faktor yang dikompensasi yang didasarkan pada pertimbangan setiap faktor yang dikompensasi berbeda di antara pekerjaan. 3. Menentukan poin untuk setiap faktor, yaitu berupa angka yang akan dipakai menentukan tingkat jabatan.

17 17 Tabel 6. Level dan Poin dari Setiap Faktor yang Dikompensasi

18 18 Tabel 7. Gambaran Tingkat Tanggung Jawab Terhadap Peralatan

19 19 Tabel 8. Gambaran Tingkat Pendidikan

20 20 3. Survei Gaji dan Upah Survei gaji dan upah merupakan kegiatan untuk mengetahui tingkat gaji yang berlaku secara umum dalam perusahaan- perusahaan yang mempunyai jabatan yang sejenis. Survei dilakukan dengan cara mendatangi perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan informasi tingkat gaji yang berlaku, membuat kuesioner secara formal.

21 21 4. Penentuan Tingkat Gaji Salah satu teknik dalam penentuan tingkat gaji adalah dengan menggunakan sebuah grafik yang disebut scattergram. Pada garis mendatar grafik tersebut terdapat poin untuk jabatan-jabatan kunci dan pada garis vertikal tercantum jumlah pembayaran berdasarkan hasil survei.

22 22 Gambar 1. Grafik Tingkatan Gaji

23 23 Tantangan dalam Penentuan Gaji 1. Tingkat gaji yang lazim. 2. Serikat buruh. 3. Pemerintah. 4. Kebijakan dan strategi penggajian. 5. Faktor internasional. 6. Nilai yang sebanding dan pembayaran yang sama. 7. Biaya dan produktivitas.


Download ppt "DIANA ANDRIANI MM., MT X. Manajemen Gaji dan Upah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google