Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GERAK LURUS. Posisi dan Pergeseran Perubahan posisi dari x1 ke x2 disebut pergeseran Δx = x2 - x1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GERAK LURUS. Posisi dan Pergeseran Perubahan posisi dari x1 ke x2 disebut pergeseran Δx = x2 - x1."— Transcript presentasi:

1 GERAK LURUS

2 Posisi dan Pergeseran Perubahan posisi dari x1 ke x2 disebut pergeseran Δx = x2 - x1

3 Laju/Speed, s Laju menyatakan perlu waktu berapa lama untuk menempuh suatu jarak Satuan laju dalam SI adalah meter/sekon = m/s Satuan lain: mil/jam, km/jam 20 km/jam = 12 mil/jam = 6 m/s 40 km/jam = 25 mil/jam = 11 m/s 60 km/jam = 37 mil/jam = 17 m/s 80 km/jam = 50 mil/jam = 22 m/s 100 km/jam = 62 mil/jam = 28 m/s

4 Laju Sesaat (Instanneous Speed) Adalah laju suatu benda pada suatu saat tertentu Jika sebuah mobil bergerak dengan laju sesaat 60 km/jam maka jika mobil terus bergerak (lajunya tidak berubah) selama 1 jam, mobil akan menempuh jarak 60 km. seandainya mobil bergerak selama ½ jam maka jarak yang ditempuhnya adalah 30 km. Sedangkan jika mobil bergerak selama 1 menit maka jarak yang dtempuhnya adalah 1 km saja.

5 Laju rata-rata (average speed) Laju rata-rata dinyatakan sebagai: Contoh: Jika kita bepergian sejauh 320 km mengendarai mobil selama 4 jam maka laju rata-rata adalah 80 km/jam

6 Latihan 1. Seekor cheetah berlari menempuh jarak 100m dalam waktu 4 s, berapa laju rata- ratanya? 2. Kereta api bergerak dengan laju rata-rata 60 km/jam dan kereta bergerak sejauh 60 km. [a] Berapa jarak yang ditempuh jika kereta bergerak selama 4 jam, [b] mungkinkah selama 4 jam tersebut kereta bergerak dengan laju 60 km/jam terus-menerus?

7 Kecepatan (velocity), v Pesawat terbang melintas dengan laju 360 km/jam Pesawat terbang melintas dengan laju 360 km/jam ke arah utara Apa makna kedua kalimat di atas?

8 beda laju dg kecepatan Laju cukup dinyatakan besarnya saja (besaran skalar) Kecepatan selain diberikan besarnya maka harus diserta arahnya (besaran vektor) Kecepatan tidak tergantung pada lintasan, laju tergantung pada lintasan Kecepatan dinyatakan sebagai:

9 Latihan 1. “Orang berjalan dengan laju konstan dan tidak berubah arah”. Katakan dengan kalimat yang lebih singkat! 2. Sebuah mobil A bergerak ke arah timur. Jarum pada speedometer menunjukkan 100 km/jam. Mobil A berpapasan dengan mobil B yang bergerak ke barat dengan laju 100 km/jam. Apakah A dan B memiliki kecepatan yang sama? 3. Selama waktu tertentu, jarum speedometer menunjukkan angka 60 km/jam. Apakah ini menunjukkan laju atau kecepatan konstan?

10 Percepatan (Acceleration), a Kecepatan sebuah benda berubah dari 30 km/jam menjadi 35 km/jam selama 1 s, kemudian 1 s berikutnya berubah lagi menjadi 40 km/jam, dan pada sekon berikutnya berubah menjadi 45 km/jam…dan seterusnya tiap 1 s mengalami perubahan kecepatan 5 km/jam. Perubahan kecepatan = percepatan

11 Latihan 1. Mobil bergerak dari keadaan diam hingga mencapai laju 90 km/jam dalam 10 s. Berapa percepatannya? 2. Dalam waktu 2,5 s sebuah mobil dipercepat dari 60 km/jam hingga 65 km/jam sedangkan sebuah motor bergerak dari keadaan diam menjadi memiliki laju 5 km/jam. Mana yang percepatannya lebih besar?

12 Percepatan … Untuk gerak lurus, karena arah gerak tidak berubah maka laju adalah sama dengan besarnya kecepatan sehingga besaran laju dan kecepatan bisa saling menggantikan. Karena itu percepatan juga dapat dituliskan sebagai:

13 Percepatan untuk gerak pada bidang miring Bola digelindingkan dari atas permukaan bidang miring. Manakah di antara gambar di samping yang geraknya paling cepat? Galileo menemukan bahwa dalam waktu yang berturutan (1s, 2s, 3s, …) bola yang digelindingkan pada bidang miring memiliki pertambahan laju yang konstan, berarti bola memiliki percepatan konstan. Semakin besar kemiringan bidang maka bola akan semakin cepat geraknya (waktu yang dibutuhkan bola untuk menggelinding dari puncak-bawah lebih singkat) Percepatan = perubahan laju dibagi selang waktu, maka untuk bidang yang kemiringannya besar memiliki percepatan yang lebih besar

14 Gerak jatuh bebas Gerak bola pada gb. d di atas, dengan meniadakan bidangnya, merupakan gerak jatuh bebas (free fall) Gerak dianggap sebagai jatuh bebas jika gesekan dengan udara diabaikan dan hanya ada pengaruh gravitasi Dalam kondisi demikian, benda apapun akan jatuh dengan percepatan konstan sebesar g = 9,8 m/s 2

15 Free fall… Jarak atau posisi benda yang bergerak jatuh bebas dapat ditentukan Jarak = ½(percepatan x waktu x waktu) Jika dirumuskan d adalah jarak (m) g adalah percepatan benda jatuh bebas t adalah waktu (s)

16 Free fall…

17 Latihan 1. Dalam suatu eksperimen, batu dijatuhkan dari ketinggian tertentu. Batu dipasangi speedometer sehingga lajunya dapat diketahui. Berapa laju batu setelah 3,5 s dijatuhkan dari keadaan diam? Setelah 6 s? setelah 100 s? 2. Seekor kucing melompat dari atas pagar dan jatuh ke tanah dalam waktu ½ s. Berapa kecepatannya ketika menyentuh tanah? Berapa laju rata- rata dalam waktu ½ s tersebut? Berapa tinggi pagar?


Download ppt "GERAK LURUS. Posisi dan Pergeseran Perubahan posisi dari x1 ke x2 disebut pergeseran Δx = x2 - x1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google