Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Neraca Konsolidasi Pemilikan tidak langsung dan saling memiliki saham Rizka Ayu Pratiwi 12.03.4098.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Neraca Konsolidasi Pemilikan tidak langsung dan saling memiliki saham Rizka Ayu Pratiwi 12.03.4098."— Transcript presentasi:

1 Neraca Konsolidasi Pemilikan tidak langsung dan saling memiliki saham Rizka Ayu Pratiwi

2 Pemilikan Tidak Langsung Suatu perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi bertingkat yang terdiri dari Perusahaan induk-Perusahaan sub induk-Perusahaan anak. Pada hubungan afiliasi tersebut dapat dipahami bahwa Perusahaan induk sudah pasti memiliki hak control terhadap perusahaan anak yang diperoleh dari pemilikan saham tidak langsung.

3 Pemilikan Saham Tidak Langsung Kepemilikan saham pada suatu perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi bertingkat yang terdiri dari perusahaan induk - Perusahaan sub induk memiliki hak control terhadap perusahaan anak yang diperoleh dari pemilikan saham tidak langsung. Hak kontrol pada pemilikan saham tidak langsung : a. Pemilikan saham-saham perusahaan anak, terjadi sesudah adanya hak control oleh perusahaan induk pada perusahaan sub induk. b. Pemilikan saham-saham perusahaan anak, terjadi sebelum adanya hak kontrol oleh perusahaan induk pada perusahaan sub induk c. Hak control yang diperoleh dengan adanya hubungan afiliasi di antara perusahaan-perusahaan (anak)

4 Saling Memiliki Saham Hubungan afiliasi akan semakin kompleks jika antar perusahaan induk dan perusahaan anak terjadi saling memiliki saham. Perusahaan induk satu pihak memiliki saham-saham perusahaan anak dan dipihak lain perusahaan anak juga memiliki sebagian saham- saham perusahaan induk. Apabila hal ini terjadi maka laba (rugi) dan atau kenaikan (penurunan) saldo laba yang ditahan selama terjadinya saling pemilikan dari perusahaan-perusahaan afiliasi akan saling mempengaruhi satu sama lain. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini ialah bahwa, terhadap saham-saham perusahaan induk yang dimiliki oleh perusahaan anak tidak boleh diperlakukan sebagai modal saham yang beredar di dalam neraca yang dikonsolidasi. Di dalam neraca konsolidasi hak-hak pemilikan saham oleh perusahaan anak atas perusahaan induk harus dieliminasi.Adapun prosedur eliminasinya dilakukan dengan cara yang sama terhadap hak pemilikan perusahaan induk pada perusahaan anak.

5 Mutual Holding  Kepemilikan saham oleh perusahaan yang berafiliasi. Struktur mutual holding ada dua bentuk yaitu saham induk dimiliki oleh perusahaan dan saham anak dimiliki oleh anak perusahaan yang lainnya.  Mutual Holding terjadi jika pemegang saham minoritas anak perusahaan memiliki saham perusahaan induk.

6 Hak control yang diperoleh dengan pemilikan tidak secara langsung a) Pemilikan saham-saham perusahaan anak, terjadi sesudah adanya hak control oleh perusahaan induk pada perusahaan sub induk. b) Pemilikan saham-saham perusahan anak, terjadi sebelum adanya kontrol oleh perusahaan induk pada perusahaan sub induk. c) Hak control yang diperoleh dengan adanya hubungan afiliasi di antara perusahaan-perusahaan (Anak)

7


Download ppt "Neraca Konsolidasi Pemilikan tidak langsung dan saling memiliki saham Rizka Ayu Pratiwi 12.03.4098."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google