Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bahasa dalam Teks Akademik Emi Emilia. Struktur Lokakarya Definisi teks akademik Ciri-ciri teks akademik Contoh-contoh isu dalam bahasa teks akademik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bahasa dalam Teks Akademik Emi Emilia. Struktur Lokakarya Definisi teks akademik Ciri-ciri teks akademik Contoh-contoh isu dalam bahasa teks akademik."— Transcript presentasi:

1 Bahasa dalam Teks Akademik Emi Emilia

2 Struktur Lokakarya Definisi teks akademik Ciri-ciri teks akademik Contoh-contoh isu dalam bahasa teks akademik

3 Teks akademik Teks yang linier, … mempunyai satu topik utama dengan setiap bagian dalam teks itu berkontribusi terhadap “the main line of argument …”. Tujuan teks akademik: memberi informasi, bukan menghibur.

4 Bahasa Akademik: Bahasa yang dipakai di kelas; Bahasa yng berbeda dari bahasa sehari-hari; Bahasa yang memerlukan waktu yang jauh lebih lama untuk dipelajari daripada bahasa sehari-hari; Bahasa yang lebih abstrak dari pada bahasa sehari-hari; Penting bagi keberhasilan akademik.

5 Academic language refers to the language used in school to acquire new and deeper understanding of the content and to communicate that understanding to others (lihat Gottlied & Ernts-Slavit, 2014:2).

6 Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Akademik Kompleks Formal Precise Objektif tetapi persuasif Eksplisit: Signposted Akurat Hedged Memperlihatkan tanggung jawab penulis

7 Complexity Bahasa tulis: lebih kompleks dari bahasa lisan; menggunakan kata-kata yang lebih panjang, secara leksikal lebih padat, dan menggunakan kosa kata yang bervariasi; menggunakan lebih banyak frase “noun-based daripada frase “verb-based”. cenderung lebih singkat daripada bahasa lisan mempunyai tata bahasa yang kompleks, menggunakan anak kalimat.

8 Bahasa Lisan: Anda bisa menggunakan pendekatan berbasis teks dalam mengajar bahasa Iggris. Kalau anda menggunakan pendekatan itu, kemampuan bahasa Inggris siswa akan meningkat. Bahasa Tulis Implementasi/penggunaan pendekatan berbasis teks bisa mendorong peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa.

9 Contoh lain: Bahasa lisan: Dulu kota Bandung sangat damai. Sekarang kota ini sudah berubah ketika banyak orang mejadi jahat. Bahasa tulis: …………………………………………………………………………………………… Bahasa lisan: Karena teknologi sudah maju, risiko penggunaan teknologi menjadi lebih sedikit, dan harganya juga menjadi lebih murah. Bahasa tulis : …………………………………………

10 Contoh lain: Pohon-pohon banyak yang ditebang. Akibatnya polusi di mana-mana dan berbagai bencana alam terus terjadi. ……………………………………………………………………… Kalau kamu banyak membaca, pengetahuan kamu akan bertambah dan kamu pun akan menjadi orang yang bijaksana. ……………………………………………………………………….

11 FORMALITAS Bahasa akademik menggunakan bahasa formal: nggak, bikin, kagak

12 Presisi Penulis teks akademik harus “precise” ketika menulis informasi, angka, tahun. UPI mempunyai banyak mahasiswa. UPI mempunyai mahasiswa.

13 Contoh lain: 1.Ada banyak anak yang tidak bisa sekolah karena jalan menuju sekolahnya terkena banjir. ………………………………………………………………………………………………………….. 2. Di program Studi … rata-rata IPK mahasiswa yang bisa lulus tepat waktu sekitar 3-an (tiga something). ………………………………………………………………………………………………….. 3. Jumlah mahasiswa drp out sekitar 50an pertahun. ………………………………………………………………………………………………………....

14 Why do people use vague language? I don’t know. “When one thinks about language as spoken by real people on a day-to day basis, it is hard to ignore the fact that much of what is said is vague” (Lipman, 2009:1)

15 Perlukan kita menggunakan vague language? Vague language makes context-sensitivity easier (Lipman, 2009:8), terutama dalam bahasa lisan. Oral language is a bridge to literacy (Gottlied & Ernst-Slavit, 2014: 12)

16 Objektivitas Penekanan utama sebaiknya pada informasi dan argumen yang disampaikan bukan pada penulis. Pembaca ingin mengetahui apa yang diteliti dan dipelajari, dan bagaimana hal itu telah menggiring pada kesimpulan penelitian. Hindari penggunaan kata “saya, saya sendiri” (pembaca akan tahu kalau pernyataan yang diungkapkan iitu tidak memakai rujukan, pernyataan itu dari penulis)

17 Penelitian ini mengindikasikan bahwa... Menurut pendapat saya, penelitian ini sangat penting Kawasan industri mengakibatkan polusi, karena itu, mengapa kita harus meggunakan kawasan itu?

18 Objektif tetapi persuasif Penelitian ini penting dilhat dari dua perspektif: teori dan praktek Secara teori …. Secara praktek ….

19 Hindari penggunaan “ anda, kita” Sebagaimana kita ketahui, kemampuan membaca siswa di Indonesia masih belum memuaskan.……………………………………………………………………………

20 Teks akademik tidak menggunakan pertanyaan retorik Apa yang dimaksud dengan membaca? ……………………………………………………………… Mengapa “discovery learning”? ………………………………………………………………………………

21 Berdasarkan Tabel 4 kita bisa melihat bahwa dua pertiga dari responden merasa puas dengan apa yang mereka pelajari. …………………………………………………………………………………… … ………………………………………

22 Eksplisit Dalam tulisan akademik, penulis bertanggung jawab untuk membuat teksnya sejelas mungkin bagi pembaca. Penulis harus membuat tulisannya eksplisit, bisa mengantisipasi pertanyaan pembaca. Pembaca yang aktif ingin tahu tujuan penulis, bagaimana tujuan itu dicapai, apa posisi penulis tentang isu yang dibahas, bagaimana argumennya disusun; bagaimana gagasan yang satu terkait dengan gagasan yang lain. Penulis yang baik menggunakan bahasa signposting untuk menjawab semua pertanyaan itu.

23 Signposts : Major signposts: Memberi tanda aspek-aspek utama dari tulisan akademik, seperti tujuan, struktur, posisi penulis, poin- poin utama, kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah …………………………………………………… Penelitian ini mengemukakan argumen bahwa ………..……….…. Isu utama yang dibahas dalam makalah ini adalah …………… …. Bab ini akan diawali dengan pembahasan mengenai …. Kemudian …. Terakhir …. Bab ini akan membahas teori yang menjadi dasar penelitian ….. Kesimpulan dari penelitian ini adalah …..

24 Bab ini akan membahas 3 teori yang melandasi penelitian, yakni teori literasi kritis, berpikir kritis, dan linguistik sistemik fungsional a.Literasi kritis b.Berpikir kritis c. Linguistik sistemik fungsional

25 Setiap Bab harus ada pendahuluan yang memberikan gambaran tentang apa yang dibahas, dan kesimpulan yang didasarkan pada hasil pembahasan dalam bab itu.

26 Penggunaan Metadiscourse Pendekatan berbasis teks, seperti yang akan dibahas dalam bab kajian pustaka telah berhasil …….. Kualitas karya tulis mahasiswa (seperti yang akan dibahas dalam bab pembahasan) mengindikasikan peningkatan yang sangat besar dilihat dari … Penelitian ini menggunakan interview jenis “semi structured” untuk mendapatkan data mengenai …. Interview terdiri atas 10 pertanyaan terkait … (lihat Appendiks …) Penelitian ini, seperti yang telah dikemukakan dalam bab pendahuluan dari tesis ini, bertujuan untuk …

27 Kata atau Frase Penghubung: Listing: pertama, … / kedua...., … / terakhir..../ Penghubug yang mengindikasikan tambahan atau persamaan informasi: Sselain itu, …. Juga …., Dengan nada yang sama … Penghubung yang mengindikasikan perbedaan: Namun demikian … / Di sisi lain … / Penghubung untuk mengungkapkan alasan: Karena alasan ini … / karena … Penghubung untuk mengindikasikan akibat atau konsekuensi: Karena itu, … / Jadi, … / akibatnya … Penghubung untuk mereformulasikan gagasan: dengan kata lain… / yaitu... Memberi contoh : Misalnya …, Contohnya, …

28 BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang …………………………………………… B. Tujuan penelitian

29 Penggunaan bahasa ibu dalam pengajaran baasa Inggris sebagai bahasa asing sangat bermanfaat. Dari sisi kognitif penggunaan bahasa ibu membantu pemelajar memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah …. Secara sisi sosial penggunaan bahasa ibu bisa mencegah munculnya alienation di kalangan peserta didik ….

30 Penggunaan bahasa ibu dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing sangat bermanfaat, terutama dilihat dari dua aspek. Pertama, dari aspek kognitif penggunaan bahasa ibu membantu pemelajar memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah …. Kedua, dari aspek sosial, penggunaan bahasa ibu bisa mencegah munculnya alienation di kalangan peserta didik ….

31 Bab ini akan membahas teori yang mendasari penelitian. Pembahasan teori akan dibagi menjadi 3 bagian. Bagian 3.1 akan membahas teori berpikir kritis. Bagian 3.2 akan menyajikan teori tentang linguistik.... Teori tentang pengajaran berpikir kritis akan dibahas dalam bagian 3.3.

32 Bab ini akan membahas teori yang mendasari penelitian. Pembahasan teori akan dibagi menjadi 3 bagian. Bagian 3.1 akan membahas teori berpikir kritis. Bagian 3.2 akan menyajikan teori tentang linguistik.... Bagian 3.3. akan memaparkan teori tentang pengajaran

33 POSISI TEMA DALAM JUDUL Meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penggunaan project-based learning... Project based learning dalam pengajaran menulis... Menurut Tarigan (2010), Sudhana (2011); Sonjaya (2012), membaca adalah.... Membaca adalah... (Tarigan, 2010; lihat juga Sudhana, 2011; Sonjaya, )

34 Hedging Teks akademik sering diyakini memaparkan fakta atau data. Tetapi tulisan akademik juga menggunakan bahasa yang hati-hati, to save the face dan menunjukkan modesty.

35 Hedging yang bisa digunakan Tampaknya … Diyakini … Kadang-kadang, sering … Secara umum … Dapat …. Akan …..

36 Orang Indonesia tidak mampu berpikir kritis. Pemerintah mengabaikan petani kecil. Kemampuan bahasa Indonesia siswa Indonesia sangat memprihatinkan. Semua partisipan memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pelatihan, kecuali tiga orang. Penggunaan metode A meningkatkan kemampuan …. Siswa perempuan pasif dalam pelajaran matematika…. Siswa A tidak mampu ….

37 Memperlihatkan tanggung jawab penulis Penulis bertanggung jawab untuk memperlihatkan pemahaman terhadap teks sumber dan memberikan bukti dan justifikasi terhadap pernyataan yag dibuat. Caranya: mencantumkan kutipan dan memasukkan referensinya. How malapah gedang should the language of academic writing be?

38 Abstract Beberapa aspek visual mampu membantu kelancaran komunikasi untuk membantu manusia saling berinteraksi. Salah satu kehadiran gambar ilustrasi sebagai aspek visual yang mampu menjembatani komunikasi manusia secara tidak langsung. Pembelajaran ilustrasi sangat dibutuhkan untuk menjawab ketersediaan komunikasi tidak langsung yang efektif. Pengembangan model synectics dalam pembelajaran ilustrasi merupakan salah satu upaya dalam pengembangan kemampuannya. Masalah yang muncul kemudian adalah mengenai tahapan-tahapan synectics dan implementasinya dalam pembelajaran ilustrasi dengan mengacu pada nilai-nilai kearifan local. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapannya dan implementasi dari tahapan yan sudah dibuat berdasrkan nilai-nilai kearifan local. metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hal tersebut berguna untuk untuk menguraikan setiap tahapan synectics yang dibuat berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa tingkat 2 yang akan menempuh mata kuliah ilustrasi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan kemampuan para mahasiswa dalam menggambar ilustrasi sekaligus upaya pelestarian nilai-nilai kearifan local.

39 This study entitled “The Effectiveness of Role Play Technique in the Teaching of Speaking Skill at One Vocational School” was aimed at investigating whether or not the use of role play can significantly improve students’ speaking skill. The study used a pre-experimental research method involving a class of 41 students of a private vocational high school in Bandung. The study used a pre- and post-tests as the sources of data. These data were analysed quantitatively. The study found out that the implementation of role play could improve students’ speaking skills. The improvement was proven by the result of one sample t-test which revealed that the value of t obt (91,472) was greater than the t crit (72,807). The study recommends that.... Keywords: Role Play, Speaking, Vocational Sch

40 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari metode A terhadap prestasi belajar siswa. Dua hipotesis diuji dalam penelitian ini. Metode experimen digunakan dalam penelitian ini.

41 Suatu hari, ada seorang bapak yang hidup di desa dengan tiga anak perempuannya. Anak perempuan yang paling kecil sangat cantik sehingga setiap orang menyebutnya “cantik” Suatu hari, si bapak harus pergi ke kota. Dia bertanya kepada ketiga puterinya apa yang mereka mau.

42 Latar Belakang Proposal PTK tentang pengajaran berbicara dalam bahasa Arab Bahasa arab merupakan bahasa salah satu bahasa asing yang diajarkan di Indonesia. Sukses dalam belajar bahasa Arab ditentukan oleh penguasaan empat keterampilan berbahasa, yakni membaca, menulis, berbicara dan menyimak (Sundari, 2015: 12). Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa...

43 Klaim tentang pentingnya topik yang dikaji Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa …(dukung dengan referensi …) Masalah Namun demikian, banyak siswa mengalami kesulitan dalam berbicara dalam abhasa Arab … (dukung dengan referensi….). Katakan bahwa hasil penelitian terkait program atau teknik akan dibahas di Bab kajian pustaka …. Salah satu solusi pemecahan masalah Salah satu cara yang bisa dipakai untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berbicaranya adalah … (dukung dengan teori dan referensi …) Gap penelitian Walaupun pendekatan … telah dilaporkan berbasil dalam mebantu siswa meningkatkan …, penelitain tentang implementasi … dalam konteks bahsa Inggris ebagai bahasa sing masih jarang …. (dukung dengan teori). Tujuan penelitian Untuk itu, untuk mengisi gap penelitian terkait topik …, penelitian ini bertujuan untuk ….

44 Terima kasih


Download ppt "Bahasa dalam Teks Akademik Emi Emilia. Struktur Lokakarya Definisi teks akademik Ciri-ciri teks akademik Contoh-contoh isu dalam bahasa teks akademik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google