Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apakah Java Itu ? Pertemuan 1 ASWAR R.. JAVA Java adalah bahasa pemrograman serbaguna. Java dapat digunakan untuk membuat suatu program sebagaimana Anda.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apakah Java Itu ? Pertemuan 1 ASWAR R.. JAVA Java adalah bahasa pemrograman serbaguna. Java dapat digunakan untuk membuat suatu program sebagaimana Anda."— Transcript presentasi:

1 Apakah Java Itu ? Pertemuan 1 ASWAR R.

2 JAVA Java adalah bahasa pemrograman serbaguna. Java dapat digunakan untuk membuat suatu program sebagaimana Anda membuatnya dengan bahasa seperti Pascal atau C++. Yang lebih menarik, Java juga mendukung sumber daya Internet yang saat ini populer, yaitu World Wide Web atau yang sering disebut Web saja. Java juga mendukung aplikasi klien/server, baik dalam jaringan lokal (LAN) maupun jaringan berskala luas (WAN).

3 Java dikembangkan oleh Sun Microsystems pada Agustus 1991, dengan nama semula Oak. Konon Oak adalah pohon semacam Jati yang terlihat dari jendela tempat pembuatnya, James Gosling, bekerja. Ada yang mengatakan bahwa Oak adalah singkatan dari "Object Application Kernel", tetapi ada yang menyatakan hal itu muncul setelah nama Oak diberikan. Pada Januari 1995, karena nama Oak dianggap kurang komersial, maka diganti menjadi Java.

4 Java Tidak Bergantung Platform Program Java bersifat tidak bergantung pada platform; Artinya, Java dapat dijalankan pada sebarang komputer dan bahkan pada sebarang sistem operasi. Beberapa platform dan sistem operasi yang didukung oleh Java

5 Tabel Java pada berbagai sistem operasi.

6 Kode yang disebut bytecode dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi karena kode ini berbeda dengan kode mesin. Kode mesin sangat bergantung pada platform, sedangkan bytecode dapat dimengerti oleh semua platform yang telah dilengkapi dengan interpreter Java. Mengingat bahwa hasil kompilasi Java dapat dijalankan pada sebarang sistem operasi ataupun prosesor, Java sering dikatakan bersifat netral terhadap arsitektur komputer.

7 skema pengkompilasian kode sumber Java hingga terbentuk bytecode dan juga menunjukkan interpreter Java yang berperan untuk menerjemahkan bytecode.

8 Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (suatu model pengembangan perangkat lunak yang saat ini sangat populer). Sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek, Java menggunakan kelas untuk membentuk suatu objek. Sejumlah kelas sudah tersedia dan Anda dapat menggunakannya dengan mudah, dan bahkan Anda dapat mengembang­kannya lebih jauh melalui konsep pewarisan. Pewarisan adalah salah satu sifat yang ada pada bahasa pemrograman berorientasi objek, yang me­ mungkinkan sifat-sifat suatu objek diturunkan dengan mudah ke objek lain.

9 Jenis Program Java Applet adalah program yang dibuat dengan Java, dapat diletakkan pada Web server dan diakses melalui Web browser. Dalam hal ini browser yang digunakan adalah yang memiliki kemampuan Java (misalnya Netscape Navigator, Internet Explorer, dan HotJava). Aplikasi adalah program yang dibuat dengan Java yang bersifat umum. Aplikasi dapat dijalankan secara langsung, tidak perlu perangkat lunak browser untuk menjalankannya. Aplikasi dapat Anda bayangkan seperti program yang Anda tulis dengan bahasa C atau Pascal. Setelah dikompilasi, Anda dapat mengeksekusinya secara langsung.

10 Mengenal J2SDK Kompiler Java Interpreter Java Debugger Java Penampil Applet Pembangkit Dokumentasi Pembangkit Header C

11 Menginstal Java Perangkat lunak Java yang Anda instal harus disesuaikan dengan computer yang Anda gunakan J2SDK versi Windows yang digunakan. Bila Anda telah menginstalnya, maka default direktori yang ter­bentuk berupa j2sk Di dalam direktori tersebut terdapat sejumlah direktori; antara lain bin dan demo. Subdirektori bin berisi program­ mogram seperti java dan javac. Subdirektori demo berisi sejumlah contoh code sumber Java.

12 Menulis, Menampilkan, dan menjalankan Aplikasi Salah satu caranya adalah dengan mengklik tombol Start dan kemudian pilihlah Run.... Dalam kotak dialog Run, ketikkan command dan klik tombol OK. Ketika prompt DOS muncul, berikan perintah: MKDIR \latjava tekanlah tombol Enter. Perintah di atas digunakan untuk mencipta­kan direktori bernama latjava yang terletak dalam direktori \. Perintah ini tentu saja cukup Anda lakukan sekali saja. Selanjutnya jadikan direktori ini sebagai direktori kerja. Berikan perintah MKDIR babl dan kemudian jadikan direktori ini sebagai direktori kerja.

13 Menulis Aplikasi // Berkas: SelamatBelajar.java public class SelamatBelajar { public static void main(String[] args) { System.out.println("Selamat Belajar Java");

14 Mengkompilasi Program C:\latjava\bab2C:\latjava\bab2> javac SelamatBelajar.java C:\latjava\bab2C:\latjava\bab2> _

15 Menjalankan Program C:\latjava\bab2C:\latjava\bab2> java SelamatBelajar Selamat Belajar Java

16 Perintah Menulis, Menampilkan, dan menjalankan Applet Program : // berkas: AppletSelamat.java import java.awt.graphics; public class AppletSelamat extends java.applet.Applet { public void paint (Graphics g) { g. drawstring (“Selamat Belajar Java”, 5, 20) ; }

17 Sekian


Download ppt "Apakah Java Itu ? Pertemuan 1 ASWAR R.. JAVA Java adalah bahasa pemrograman serbaguna. Java dapat digunakan untuk membuat suatu program sebagaimana Anda."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google