Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARSITEKTUR CLIENT SERVER. Keunggulan Aristektur Peer to Peer  Biaya pengembangan lebih rendah  Kemudahan dalam set-up dan pengoperasian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARSITEKTUR CLIENT SERVER. Keunggulan Aristektur Peer to Peer  Biaya pengembangan lebih rendah  Kemudahan dalam set-up dan pengoperasian."— Transcript presentasi:

1 ARSITEKTUR CLIENT SERVER

2 Keunggulan Aristektur Peer to Peer  Biaya pengembangan lebih rendah  Kemudahan dalam set-up dan pengoperasian

3 Kelemahan Arsitektur Peer to Peer  Tidak dapat mendukung sistem jaringan yang besar  Relatif lebih lambat  Terbatas untuk kemungkinan-kemungkinan dilakukannya ekspasi jaringan  Perlu kerja keras dalam mengelola lalu lintas jaringan

4 Keunggulan Arsitektur Client Server  Unggul dalam kecepatan  Seluruh kemampuan dapat dioptimalkan  Mendukung standar industri dan mendukung untuk sistem jaringan yang besar

5 Kelemahan Arsitektur Client Server  Mahal  Sulit dalam instalasi  Membutuhkan administrator jaringan sebagai pengelolanya.

6 Jaringan Komputer Client Server memiliki dua model arsitektur yaitu :  Two Tier  Three Tier

7 Two Tier Thin Client-Thick Server Client : penyaji dari tampilan aplikasi dan data yang diakses dari server. Server : memberikan layanan penggunaan bersama aplikasi-aplikasi (application server) dan data (data atau file server) kepada semua client. Thick Client-Thin Server Client : Penyaji data interface dan mengoperasikan aplikasi. Server : mengelola data saja.

8 Thin Client-Thick Server

9 Thick Client Thin Server

10 Three Tier  Merupakan arsitektur client server yang memisahkan antara data (data management tier) aplikasi (middle tier) dan penyajian (presentation tier).

11

12 data management tier  merupakan komputer server yang dikhususkan untuk menangani pengelolaan basis data.

13 middle tier  merupakan komputer server yang dikhususkan untuk menangani aplikasi-aplikasi dimana prosedur- prosedur dan perhitungan-perhitungan yang kompleks dieksekusi disini.

14 presentation tier  merupakan komputer client yang menjadi interface bagi pengguna untuk memasukkan data, mengajukan permintaan layanan kepada server dan melihat hasilnya.

15 Keuntungan Three Tier  masing-masing tier akan beroperasi dengan stabilitas yang tinggi karena beban terbagi secara merata.  Pada masing-masing tier bisa diterapkan paltform berbeda.  Proses modifikasi pada satu tier tidak akan mempengaruhi tier yang lain.  Pada middle tier dapat dikembangkan berbagai macam aplikasi yang tersebar dalam beberapa server sesuai kebutuhan yang akan diakses oleh client sehingga tidak terjadi kemacetan.

16 Komponen Utama Aplikasi  Presentation layer /lapisan presentation  Application layer /lapisan application  Business logic layer / logika bisnis  Data layer / lapisan data

17 Lapisan dalam n-tier  Lapisan Data  Lapisan Proses  Lapisan Presentation

18 Lapisan Data /Data Layer  Free table  Basis data (ms.access, dbf)  Basis Data SQL  Berkas XML Aplikasinya : Ms.access, Visual Foxpro, MS SQL, My SQL, Sybase

19 Lapisan Process  Merupakan inti dari sebuah aplikasi  Mengetahui aturan-aturan bisnis dalam aplikasi serta melakukan proses validasi  Contoh : Perintah SQL dituliskan dalam lapisan ini

20 Presentation Layer  Mengubah data menjadi format yang dapat ditampilkan dan untuk menampilkan data serta berinteraksi dengan pengguna


Download ppt "ARSITEKTUR CLIENT SERVER. Keunggulan Aristektur Peer to Peer  Biaya pengembangan lebih rendah  Kemudahan dalam set-up dan pengoperasian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google