Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMBUAT LAPORAN PDF DENGAN PHP MUHAMMAD YUSUF D3 Manajemen Informatik – Universitas Trunojoyo FB/

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMBUAT LAPORAN PDF DENGAN PHP MUHAMMAD YUSUF D3 Manajemen Informatik – Universitas Trunojoyo FB/"— Transcript presentasi:

1 MEMBUAT LAPORAN PDF DENGAN PHP MUHAMMAD YUSUF D3 Manajemen Informatik – Universitas Trunojoyo FB/

2 INTRODUCTION Untuk membuat dokumen PDF, langkah pertama adalah menginstal library yg khusus utk membuat dokumen PDF tsb. Secara default, PHP belum mempunyai library tersebut Jenis Library PDF yg terkenal adalah PDFlib yg bisa di download di Namun, library itu bersifat shareware, meskipun dpt digunakan scr gratis tetapi akan muncul teks melintang di halaman PDF yg dibuat. Teks itu akan hilang jika kita membeli library tsb.www.pdflib.com

3 INTRODUCTION (2) Alternatif lainnya adalah menggunakan FPDF (Free PDF), yaitu merupakan class dari PHP yg dpt digunakan utk membuat PDF tanpa menggunakan library. FPDF ini Gratis. FPDF dapat di download di Kelebihan FPDF adalah : - Terdapat pilihan utk ukuran unit, format halaman dan margin - Memiliki kemampuan dalam manajemen header, footer dan tabel - Memiliki fasilitas utk pemisah halaman otomatis - Memiliki fasilitas utk pemisah baris otomatis dan perataan teks - Mendukung JPEG dan PNG - Mendukung warna dan link - Mendukung kompresi halaman - Mendukung True Type Font dan Encoding

4 MEMBUAT DOKUMEN PDF Dg FPDF FPDF harus di download terlebih dahulu. Didalam bundle FPDF tsb terdapat file fpdf.php. Didalam file tsb terdapat class PHP utk membuat dokumen PDF. Setiap membuat dokumen PDF, file tsb harus di include-kan ke dalam script PHP. File fpdf.php dapat ditaruh dimana saja dlm folder htdocs atau www.

5 CONTOH SEDERHANA DOKUMEN PDF Berikut ini adalah scriptnya (contoh.php)

6 CONTOH SEDERHANA DOKUMEN PDF (2)

7 CONTOH SEDERHANA DOKUMEN PDF (3)

8 MEMFORMAT HALAMAN DOKUMEN $pdf=new FPDF(‘L’, ’cm’, ’A4’);

9 MEMFORMAT MARGIN

10 CONTOH MEMFORMAT MARGIN Berikut ini adalah perintah untuk memformat margin : 4 cm (margin kiri), 4 cm (margin atas), dan 3 cm (margin kanan)

11 CONTOH SCRIPT UTUH PENGATURAN MARGIN

12 TAMPILAN PENGATURAN MARGIN

13 MENULIS TEKS

14 MENULIS TEKS (2)

15 CONTOH MENULIS TEKS Berikut ini adalah script untuk menulis teks pada posisi koordinat 50 mm horizontal dan 20 mm vertikal

16 CONTOH MENULIS TEKS (2)

17 MENULIS TEKS MENGGUNAKAN PERINTAH CELL

18 MENULIS TEKS MENGGUNAKAN PERINTAH CELL(2)

19 MENULIS TEKS MENGGUNAKAN PERINTAH CELL(3)

20 CONTOH SCRIPT Script Menampilkan beberapa jenis output teks dari penggunaan Cell() yang berbeda

21 CONTOH SCRIPT(2)

22 TAMPILAN SCRIPT

23 MULTICELL

24 Contoh Script Multicell

25 Contoh Script Multicell(2)

26 Contoh Script Multicell(3)

27 Tampilan Script Multicell

28 Mengubah Warna Teks Secara default, warna teks adalah hitam. Kita dpt mengubahnya dg perintah SetTextColor(). Warna yg diinginkan ditulis dlm RGB Contoh :

29 Contoh Mengubah Warna Teks(2)

30 Tampilan Script Mengubah Warna Catatan : Pengubahan warna teks tidak dapat dilakukan secara inline (hanya teks tertentu pd suatu paragraf atau multiline)


Download ppt "MEMBUAT LAPORAN PDF DENGAN PHP MUHAMMAD YUSUF D3 Manajemen Informatik – Universitas Trunojoyo FB/"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google