Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kuliah S2 IPK 22 Jan 2014 Jam 08:00-10:00 Rossi Sanusi

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kuliah S2 IPK 22 Jan 2014 Jam 08:00-10:00 Rossi Sanusi"— Transcript presentasi:

1 Kuliah S2 IPK 22 Jan 2014 Jam 08:00-10:00 Rossi Sanusi

2 Apa beda Skripsi, Tesis & Disertasi? Skripsi = tulisan Tesis = usulan Disertasi = sanggahan Sumber: tentang apa? tentang suatu teori

3 1.Teori = ? 2.Mengapa perlu ditulis, diusulkan & disanggah? 3.Memilih teori pendidikan yang perlu dipermasalahkan. 4.Hubungan masalah teori dan masalah praktek. 5.Menulis Masalah Penelitian

4 1. Teori = ? Penjelasan berdasarkan pengamatan dan penalaran  dari siapa? Himpunan proposisi yang saling berkaitan  proposisi = ?

5 Sumber: Student motivation theories (http://en.wikiversity.org/wiki/Motivation_and_emotio n/Textbook/Motivation/Student_motivation_theories)http://en.wikiversity.org/wiki/Motivation_and_emotio n/Textbook/Motivation/Student_motivation_theories

6

7

8 Proposisi Proposisi = pernyataan hubungan antara dua atau lebih konstruk dari suatu Unit Analisis (UA). Konstruk = konsep tentang sifat atau kerja dari suatu UA, yang bervariasi intra-UA (inter-waktu) dan/atau inter-UA yang terstruktur (mempunyai definisi, dimensi & variabel-variabel). UA = (kumpulan) benda/orang yang dianalisis hubungan konstruk2nya.

9 Contoh UA: Contoh Konstruk: Contoh Proposisi:

10 Proposisi(-proposisi) yang diteliti dinyatakan dengan suatu model/kerangka konsep yang mendiskripsikan peran dan hubungan antara konstruk2. Wujud model/kerangka konsep: narasi, rumus matematik dan/atau diagram. Peran konstruk: prediktor/penyebab, kriterion/akibat, moderator atau mediator.

11 11 Moderator Prediktor/ Penyebab Kriterion/ Akibat Mediator Hubungan antar konstruk: korelasi atau kausasi. V1

12 Variabel = konsep tentang sifat atau kerja dari suatu Unit Pengamatan (UP), yang bervariasi intra-UP (inter-waktu) dan/atau inter-UA yang terstruktur (mempunyai definisi, skala & cara pengukuran). UP = benda/orang yang memiliki sifat atau kerja. Hipotesis Penelitian = pernyataan hubungan antara dua atau lebih variabel yang sebaiknya berbeda UP-nya (untuk mencegah same source bias).

13 Contoh UP: Contoh Variabel: Contoh hipotesis penelitian:

14 2. Mengapa perlu ditulis, diusulkan & disanggah? Karena teori2 “bermasalah” – bersifat tentatif (i.e., belum selesai, belum lengkap, belum disepakati). Yang dapat dipermasalahkan di Skripsi - Apakah konstruk(-konstruk)nya valid? Bagaimana mengumpulkan dan mengolah data dari variabel2nya secara valid?

15 KonstrukProposisi ValidKonsistenValidKonsistenLengkap Skripsi√√ Tesis√√√√ Disertasi√√√√√ Tesis - Apakah peran dan hubungan konstruk2nya sudah tepat? Disertasi - Apakah semua proposisi yang valid sudah tercakup oleh teori? Tabel Masalah Penelitian:

16 Bagaimana kalau Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa S3 tidak “linier”?

17 3. Memilih Teori Pendidikan yang perlu dipermasalahkan Baca-baca (browse) makalah2 penelitian empirik di berkala2 ilmu2 sosial & perilaku (mulai dari yang terkini). Dari daftar rujukannya lacak ke belakang makalah2 penelitian empirik sebelumnya, makalah2 review dan makalah2 konsep.

18 Dari hasil browsing terlihat ada penelitian yang “menarik”  sesuai dengan masalah praktis yg dihadapi, banyak “pro” dan “con”, dapat dilanjutkan menjadi disertasi, rekam- jejak teori jelas, ada alat ukurnya, dst. Pilih penelitian yang layak di-replikasi. Rumuskan masalah penelitian (memperta- nyakan proposisi dari suatu teori pendidikan)  Apakah peran dan hubungan konstruk2- nya sudah tepat? (Jangan lupa masalah penelitian S1 terkait!)

19 Apa beda Journal & Periodical? Journal = 1. Catatan harian. 2. Koran (terutama harian). 3. Berkala atau majalah, terutama yg diterbitkan utk kelompok khusus. 4. Notulen (minutes), proceedings. 5. Bookkeeping. (http://dictionary.reference.com/browse/journal)http://dictionary.reference.com/browse/journal

20 4. Hubungan Masalah Teori & Masalah Praktek Proposisi2 dari teori tsb diuji pada populasi unit analisis yang sesuai. Unit Analisis dapat berupa individu, diad, kelompok, organisasi, kawasan, periode waktu. (Apa bedanya dgn U. Pengamatan?) Rekomendasi untuk penerapan & penelitian lebih lanjut didasarkan atas kesimpulan hasil penelitian (i.e., Proposisi2 didukung/tidak didukung hasil penelitian).

21 5. Menulis Masalah Penelitian Di Bab I (Pendahuluan), setelah Latar Belakang.

22 Bagian2 Proposal/Tesis Halaman2 Muka (penomeran halaman dengan angka Romawi huruf kecil Latin) Bagian Utama: I. Pendahuluan II. Telaah Pustaka III. Metoda Penelitian IV. Rencana Pelaksanaan Penelitian/ Hasil Penelitian, Kesimpulan & Rekomendasi V. Daftar Rujukan Lampiran2 (penomeran halaman dilanjutkan setelah halaman terkahir bagian utama dengan angka Arab)

23 I. Pendahuluan A.Latar belakang dari teori dan populasi yang digunakan untuk menguji teori tsb. B.Masalah penelitian (= masalah teori). C.Tujuan penelitian (apa yang akan dikerjakan peneliti untuk memecahkan masalah2 tsb). D.Manfaat penelitian (untuk menyempurnakan teori dan/ataumemperbaiki praktek apa).

24 E.Keaslian penelitian (perbaikan teori dan/ atau rancangan metoda dari penelitian yg akan direplikasi) Catatan: Laporan penelitian yg tidak asli (i.e., yg palsu) adalah laporan penelitian yang mengandung plagiasi tulisan/ gagasan atau data/informasi yang dimanipulasi/direka.

25 II. Telaah Pustaka Rekam jejak Teori Pendidikan yang akan diteliti. Penelitian2 yg menguji Teori Pendidikan tsb. (kerangka kosep & rancangan penelitiannya) Kerangka Teori & Kerangka Konsep Hipotesis & Pertanyaan Penelitian.

26 PR untuk Kuliah 24 Jan 2014 Cari makalah penelitian empirik yang akan direplikasi dan ke saya. Presentasi singkat tentang kerangka konsep dan rancangan penelitian tsb dan apa yang akan diperbaiki.


Download ppt "Kuliah S2 IPK 22 Jan 2014 Jam 08:00-10:00 Rossi Sanusi"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google