Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-GOVERNMENT By: DIEN NOVITA. POKOK BAHASAN SEKILAS TENTANG PENERAPAN TIK MODEL, STRATEGI DAN ROAD MAP E-GOVERNMENT JENIS-JENIS APLIKASI TIK IMPLEMENTASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-GOVERNMENT By: DIEN NOVITA. POKOK BAHASAN SEKILAS TENTANG PENERAPAN TIK MODEL, STRATEGI DAN ROAD MAP E-GOVERNMENT JENIS-JENIS APLIKASI TIK IMPLEMENTASI."— Transcript presentasi:

1 E-GOVERNMENT By: DIEN NOVITA

2 POKOK BAHASAN SEKILAS TENTANG PENERAPAN TIK MODEL, STRATEGI DAN ROAD MAP E-GOVERNMENT JENIS-JENIS APLIKASI TIK IMPLEMENTASI TIK

3 Definisi e-Government e-Government secara umum dapat didefinisikan sebagai penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) e-Government juga dapat didefinisikan sebagai penggunaan teknologi digital untuk mentransformasi kegiatan-kegiatan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan penyampaian layanan. (Mark A.Forman, “Using it to transform the effectiveness and efficiency of government”, June2005)

4 Definisi e-Government lanjutan… E-Government bukanlah sebuah perhelatan tunggal dalam waktu yang singkat melainkan sebuah proses evolusioner jangka panjang dalam mentransformasi pemerintah untuk fokus pada layanan masyarakat.

5

6

7

8

9 Harapan Publik untuk e-Government Responsif Efisiensi Aksesibilitas Layanan

10

11 Manfaat e-Government Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara. Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep good governance; Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholder-nya untuk keperluan aktivitas sehari-hari

12 Manfaat e-Government Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.

13 Ruang Lingkup e-Government Government to Citizens (Pemerintah ke Masyarakat) Pemerintah membangun dan menerapkan berbagai aplikasi teknologi informasi untuk memperbaiki hubungan interaksi dengan masyarakat. Tipe relasi ini diorientasikan untuk mempermudah dan memperluas akses masyarakat terhadap pelayanan publik.

14 Ruang Lingkup e-Government Government to Business (Pemerintah ke Pelaku Usaha) Tipe relasi ini dibangun dengan tujuan untuk memperlancar para praktisi bisnis dalam menjalankan perusahaannya. Relasi semacam ini juga bisa mempermudah dan memperluas akses pelaku usaha terhadap informasi- informasi yang diperlukan bagi kepentingan usahanya, misalnya beragam kebijakan publik, prosedur perizinan, dan lain-lain.

15 Ruang Lingkup e-Government Government to Government (Pemerintah ke Pemerintah) Tujuannya untuk mempermudah komunikasi antarnegara dalam rangka kepentingan diplomasi. Memperlancar kerjasama antarnegara dan kerjasama antarentiti negara (masyarakat, industri, perusahaan, dll).

16 Ruang Lingkup e-Government Government to Employees (Pemerintah ke Aparatnya) Tujuannya untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan PNS di instansi yang bersangkutan.


Download ppt "E-GOVERNMENT By: DIEN NOVITA. POKOK BAHASAN SEKILAS TENTANG PENERAPAN TIK MODEL, STRATEGI DAN ROAD MAP E-GOVERNMENT JENIS-JENIS APLIKASI TIK IMPLEMENTASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google