Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perhitungan Cost-Benefit Sederhana untuk Manfaat yang Tangible 1 Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perhitungan Cost-Benefit Sederhana untuk Manfaat yang Tangible 1 Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom."— Transcript presentasi:

1 Perhitungan Cost-Benefit Sederhana untuk Manfaat yang Tangible 1 Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom

2 Pendahuluan 2 Analisa Cost-Benefit dalam metode penghitungan investasi pengembangan teknologi informasi menggunakan prinsip perbandingan biaya yang harus dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh oleh perusahaan. Pendekatan ini biasanya digunakan pada situasi dimana penggunaan teknologi informasi memberikan manfaat yang tangible dan cenderung mudah diukur (measurable) secara kuantitatif.

3 Pendekatan Perhitungan Cost-Benefit Terkait dengan Manfaat TI 3 1. Mereduksi biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan (cost displacement); 2. Menghindari biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan (cost avoidance); 3. Memperbaiki kualitas keputusan yang diambil (decision analysis); dan 4. Menghasilkan dampak positif yang diperoleh perusahaan (impact analysis).

4 1. Cost Displacement 4 Banyak biaya yang dapat direduksi dengan dimanfaatkannya komputer atau teknologi informasi di sebuah perusahaan. Pendekatan ini biasanya digunakan pada saat teknologi informasi digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja efisiensi, dalam hal ini memanfaatkan keunggulan yang ditawarkan untuk mengurangi total biaya yang harus dikeluarkan perusahaan (terkait dengan biaya overhead).

5 1. Cost Displacement: Contoh 5 ROI Simple Payback 45,71% 2 tahun 2 bulan

6 Catatan 6 Jika manfaat per tahun yang diperoleh besarnya tetap, maka:

7 1. Cost Displacement: Contoh 7 Extend 3 tahun

8 1. Cost Displacement: Contoh 8

9 Catatan 9 Jika manfaat per tahun yang diperoleh besarnya tetap, maka:

10 2. Cost Avoidance 10 Prinsip yang digunakan dalam cost avoidance adalah menghindari pengeluaran biaya yang tidak perlu karena adanya teknologi informasi. Misalnya dengan penggunaan aplikasi Computer Based Training (CBT), maka tidak diperlukan lagi pengeluaran biaya karyawan untuk keperluan administrasi, akomodasi, material, instruktur, dan transportasi ke luar kota karena proses pelatihan tersebut dapat dilakukan di tempat kerja.

11 2. Cost Avoidance: Contoh 11 ROI Simple Payback 15,73% 6 tahun 4 bulan

12 3. Decision Analysis 12 Terkadang dengan diimplementasikannya sebuah sistem informasi yang efektif, manajemen dapat diuntungkan dalam hal pengambilan keputusan yang lebih baik. Contohnya adalah penerapan Transactional Information System dan Management Information System untuk proses pemantauan piutang dan penagihan.

13 3. Decision Analysis: Contoh 13 ROI Simple Payback 54,66% 1 tahun 10 bulan

14 4. Impact Analysis 14 Manfaat lain yang diperoleh dari implementasi teknologi informasi terkait dengan penghematan waktu, yang berdampak langsung terhadap penghematan biaya atau peluang memperoleh pendapatan. Misalnya penerapan Sales Information System untuk menggantikan proses penjualan secara manual melalui telepon atau tatap muka.

15 4. Impact Analysis: Contoh 15

16 4. Impact Analysis: Contoh 16

17 4. Impact Analysis: Contoh 17


Download ppt "Perhitungan Cost-Benefit Sederhana untuk Manfaat yang Tangible 1 Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google