Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rencana Pemasaran (Marketing Plan). Ruang lingkup rencana pemasaran Where have we been? Where have we been? Where do we want to go? Where do we want to.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rencana Pemasaran (Marketing Plan). Ruang lingkup rencana pemasaran Where have we been? Where have we been? Where do we want to go? Where do we want to."— Transcript presentasi:

1 Rencana Pemasaran (Marketing Plan)

2 Ruang lingkup rencana pemasaran Where have we been? Where have we been? Where do we want to go? Where do we want to go? How do we get there? How do we get there?

3 Marketing plan merupakan bagian dari business plan. Marketing plan merupakan bagian dari business plan. Inti kegiatan marketing plan: Inti kegiatan marketing plan: - Analisa situasi lingkungan dan peluang pasar peluang pasar - Mengembangkan sasaran pemasaran pemasaran - Menetapkan strategi pemasaran pemasaran - Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan. pelaksanaan.

4 Konsep AIDA + S A= Attention A= Attention I= Interest I= Interest D= Desire D= Desire A= Action A= Action S= Satisfaction S= Satisfaction Tujuan pemasaran Menimbulkan kepuasan bagi konsumen

5 Wirausaha harus melaksanakan konsep pemasaran 5 konsep pemasaran: Konsep Produksi (production concept) Konsep Produksi (production concept) Konsep Produk (product concept) Konsep Produk (product concept) Konsep Penjualan (Selling concept) Konsep Penjualan (Selling concept) Konsep Pasar (Marketing concept) Konsep Pasar (Marketing concept) Konsep pemasaran berwawasan sosial (society concept) responsibility Konsep pemasaran berwawasan sosial (society concept) responsibility

6 Mengutamakan pelanggan Untuk memelihara langganan maka pelanggan harus memperoleh kepuasan melalui nilai lebih yang diterimanya dibandingkan dengan uang yang dia keluarkan untuk memperoleh suatu barang

7 Tiga komponen marketing Concept Customer orientation Organizational integration Goal achievement Success The marketing Concept

8 Komoditi yang dipasarkan Para wirausaha memasarkan berbagai jenis barang dan jasa, seperti: Barang konsumsi (covenience goods, shopping goods, specialty goods, instence goods, bulk goods) Barang konsumsi (covenience goods, shopping goods, specialty goods, instence goods, bulk goods) Barang hasil bumi Barang hasil bumi Barang industri Barang industri Jasa Jasa

9 Siapa & Bagaimana memasarkan Memasarkan suatu komoditi adalah melalui fungsi-fungsi yang terdapat dalam marketing yang meliputi liputi tiga fungsi: Memasarkan suatu komoditi adalah melalui fungsi-fungsi yang terdapat dalam marketing yang meliputi liputi tiga fungsi: - Fungsi yang melakukan pertukaran - Fungsi yang melakukan kegiatan fisik barang fisik barang - Fungsi yang memberikan fasilitas atau kemudahan-kemudahan. atau kemudahan-kemudahan.

10 Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar sasaran tersebut. Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar sasaran tersebut.

11 Dalam menyusun strategi pemasaran ada 2 variable utama yang perlu dipertimbangkan: 1. Variabel yang dapat dikontrol (market segmentation, market budget, timing, marketing mix) 2. Variabel yang tidak dapat dikontrol oleh pengusaha

12 Marketing Mix Para pengusaha yang kreatif akan selalu menciptakan kombinasi yang terbaik dari elemn 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process) yang menjadi komponen marketing mix. Para pengusaha yang kreatif akan selalu menciptakan kombinasi yang terbaik dari elemn 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process) yang menjadi komponen marketing mix.

13 Pengembangan produk Pengembangan produk pada suatu perusahaan dapat dilakukan melalui berbagai tahap. Pengembangan produk pada suatu perusahaan dapat dilakukan melalui berbagai tahap. Tahap-tahap yang biasanya diikuti dalam pengembangan produk adalah adanya suatu ide, penyaringan ide, pengembangan ide, pembuatan percobaan, analisis usaha, percobaan penjualan di pasar. Tahap-tahap yang biasanya diikuti dalam pengembangan produk adalah adanya suatu ide, penyaringan ide, pengembangan ide, pembuatan percobaan, analisis usaha, percobaan penjualan di pasar.

14 Tujuan pengembangan produk: Memenuhi keinginan konsumen Memenuhi keinginan konsumen Memenangkan persaingan Memenangkan persaingan Meningkatkan jumlah penjualan Meningkatkan jumlah penjualan Mendayagunakan sumber- sumber produksi Mendayagunakan sumber- sumber produksi Mencegah kebosanan konsumen. Mencegah kebosanan konsumen.

15 Siklus kehidupan produk & strategi pemasarannya Siklus kehidupan produk: Tahap introduksi (introduction) Tahap introduksi (introduction) Tahap pengembangan (growth) Tahap pengembangan (growth) Tahap kematangan (maturity) Tahap kematangan (maturity) Tahap menurun (decline) Tahap menurun (decline) Tahap ditinggalkan (abandonment) Tahap ditinggalkan (abandonment)

16 Strategi pemasaran Produk baru diperkenalkan di pasar, strategi: Produk baru diperkenalkan di pasar, strategi: - Berusaha selalu memperbaiki penampilan produknya produknya - Menyebarkan barang sebanyak-banyaknya ke seluruh toko ke seluruh toko - Melakukan sell out Produk sudah dikenal, strategi Produk sudah dikenal, strategi - Usaha terus mencari segmen baru, menambah jumlah tenaga penjual, me- menambah jumlah tenaga penjual, me- nambah armada pengangkutan nambah armada pengangkutan - Selalu memperbaiki mutu produk - Mempertimbangkan strategi menurunkan harga utk barang-2 yg harganya tinggi. harga utk barang-2 yg harganya tinggi.

17 Pasar jenuh (masa maturity), strategi: Pasar jenuh (masa maturity), strategi: - Berusaha mencari segmen-segmen kecil yang belum terisi yang belum terisi - Menciptakan produk dgn kemasan besar - Memperbaiki penampilan produk dengan sesuatu yang baru sesuatu yang baru Jika strategi ini tidak berhasil, maka akan timbul masa penurunan (decline). Strategi: - Jika gejala sudah parah, anggaran promosi harus di stop promosi harus di stop - Pusatkan perhatian pada pasar yang masih ada harapan, pasar lain dihentikan masih ada harapan, pasar lain dihentikan - Menghentikan pasaran produk secara menyeluruh & menciptakan produk baru. menyeluruh & menciptakan produk baru.

18 Market inteligent Market inteligent termasuk dalam rangka pengumpulan informasi pemasaran (internal & eksternal) Market inteligent termasuk dalam rangka pengumpulan informasi pemasaran (internal & eksternal) Sistem intelijen pasar adalah seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh manajer untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan lingkungan pemasaran. Sistem intelijen pasar adalah seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh manajer untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan lingkungan pemasaran.

19 4 langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas inteligen pemasaran 1. Melatih dan mendorong staf penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan baru di pasar 2. Perusahaan mengirim spesialis untuk mengumpulkan intelijen pemasaran ke toko lain sebagai mystery shoppers yang berperan seperti pembeli 3. Perusahaan membeli informasi dari pihak luar ataupun agen-agen penjualan berbagai komoditi 4. Beberapa perusahaan membentuk suatu pusat pemasaran dan mengumpulkan informasi dengan cara menyebarkan intelijen pemasaran.

20 Turbo Marketing “Pertempuran” marketing dari tahun ke tahun selalu berubah “Pertempuran” marketing dari tahun ke tahun selalu berubah Kecepatan layanan merupakan tuntutan konsumen pada masa kini. Kecepatan layanan merupakan tuntutan konsumen pada masa kini. Produsen memulai dengan strategi memproduksi, melayani dan mengirimkan barang lebih cepat dari saingan Produsen memulai dengan strategi memproduksi, melayani dan mengirimkan barang lebih cepat dari saingan

21 Mega Marketing Mega marketing adalah koordinasi yang strategi dari keahlian ekonomi, psikologi, politik dan keahlian public relation untuk mendapatkan kerja sama dari berbagai pihak untuk memasuki suatu pasar tertentu. Mega marketing adalah koordinasi yang strategi dari keahlian ekonomi, psikologi, politik dan keahlian public relation untuk mendapatkan kerja sama dari berbagai pihak untuk memasuki suatu pasar tertentu.

22 Menyusun Marketing Plan Marketing plan memuat hal-hal: Analisa situasi (SWOT) Analisa situasi (SWOT) Tujuan pemasaran (marketing objectives) Tujuan pemasaran (marketing objectives) Strategi inti (Core strategy) Strategi inti (Core strategy) Jadual pelaksanaan (Action plan) Jadual pelaksanaan (Action plan) Anggaran pemasaran (marketing budget) Anggaran pemasaran (marketing budget) Kontrol (Control) Kontrol (Control)


Download ppt "Rencana Pemasaran (Marketing Plan). Ruang lingkup rencana pemasaran Where have we been? Where have we been? Where do we want to go? Where do we want to."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google