Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KLASIFIKASI MODEL. Model adalah penyederhanaan dari sesuatu aktifitas, kegiatan suatu objek yang disebut entitas Pada DSS terdapat banyak macam model.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KLASIFIKASI MODEL. Model adalah penyederhanaan dari sesuatu aktifitas, kegiatan suatu objek yang disebut entitas Pada DSS terdapat banyak macam model."— Transcript presentasi:

1 KLASIFIKASI MODEL

2 Model adalah penyederhanaan dari sesuatu aktifitas, kegiatan suatu objek yang disebut entitas Pada DSS terdapat banyak macam model yang dapat digunakan untuk membantu memberikan dukungan keputusan. Gambar klasifikasi model seperti berikut:

3 MODEL FISIKMATEMATIKA STATISDINAMISSTATISDINAMIS NumerikAnalitisNumerik Simulasi

4 Model Fisik Model fisik adalah penggambaran suatu hal / permasalahan dalam bentuk 3 dimensi Model fisik dapat berupa maket tempat pembelanjaan, prototype mobil dsb Tujuan agar dapat dengan mudah merubah bentuk dengan biaya yang murah pada tahap rancangan

5 Model Matematika Menggunakan notasi² dan persamaan² matematika untuk merepresentasikan sistem. Pada model matematika, atribut² dinyatakan dengan variabel², dan aktivitas² dinyatakan dengan fungsi matematika yang menjelaskan hubungan antar variabel² tersebut.

6 Model Matematika Misal menentukan jumlah pesanan Economic order quantity EOQ = 2PS M P = biaya pembelian per unit (Rp) S = penjualan setahun (unit) M = biaya penyimpanan per unit dalam 1 tahun

7 Model Statis Digunakan bila jangka waktu variabel dianggap konstan dan interelasi unsur-unsur model dinyatakan sebagai persamaan yang tidak berubah dengan waktu. Sebagian besar situasi pengambilan keputusan statis diperkirakan berulang dengan kondisi yang identik. Contoh: satu keputusan mengenai membuat sendiri atau membeli satu produk.

8 Model Dinamis Menempatkan waktu sebagai variabel bebas, sehingga model jenis ini menggambarkan dinamika suatu sistem sebagai fungsi dari waktu. Untuk memperoleh hasil, perhitungan dilakukan secara berulang-ulang (iterasi) sampai tercapai nilai kesalahan (error) yang minimal Contoh: proyeksi rugi-laba 5 tahun dimana data input seperti biaya, harga, dan kuantitas berubah dari tahun ke tahun.

9 Model Numerik & Analitik Model Numerik adalah model yang diselesaikan dengan teknik numerik yang menghasilkan solusi melalui tahapan² perhitungan iteratif Model ini mampu memberikan solusi yang bersifat khusus pada keadaan tertentu dan mampu menyelesaikan persoalan² yang lebih kompleks. Model Analitik adalah model yang penyelesaiannya dilakukan dengan teknis analitis, yaitu dilakukan dengan menggunakan deduksi teori-teori matematika. Memberikan solusi langsung dan bersifat umum

10 Model Simulasi Simulasi didefinisikan sebagai suatu model sistem yang komponen-komponennya direpresentasikan oleh proses² aritmatik dan logika yang ada pada komputer, untuk memperkirakan sifat² dinamis sistem tersebut Simulasi merupakan pemodelan suatu proses atau sistem sedemikian rupa sehingga model menyerupai sistem nyata dengan segala event yang terjadi di dalamnya. DKL, simulasi adlh proses mendesain model dari suatu sistem nyata dan melakukan eksperimen dengan model tersebut untuk memahami perilaku sistem dan mengevaluasi berbagai strategi operasi dari sistem.

11 Siklus Model Konsep dasar membentuk siklus model meliputi 3 fase pengembangan: 1.Fase Penentuan Masalah, 2.Fase Pengembangan Model, 3.Fase Pengambilan Keputusan


Download ppt "KLASIFIKASI MODEL. Model adalah penyederhanaan dari sesuatu aktifitas, kegiatan suatu objek yang disebut entitas Pada DSS terdapat banyak macam model."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google