Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GPS & GPRS I KETUT SATHYA ANANDA SUPUTRA (19) 9B.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GPS & GPRS I KETUT SATHYA ANANDA SUPUTRA (19) 9B."— Transcript presentasi:

1 GPS & GPRS I KETUT SATHYA ANANDA SUPUTRA (19) 9B

2 PENGERTIAN GPS Global Positioning System (GPS) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi. Dibantu dengan sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh 24 satelit ke bumi. Sinyal akan diterima oleh alat penerima di bumi. Dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkap, NAVSTAR GPS.

3 PENGERTIAN GPRS Teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan , data gambar.

4 CARA KERJA GPS Control Segment Bagian untuk mengontrol. Sinyal dari satelit diterima oleh bagian ini. Dikoreksi, dan dikembalikan. Koreksi data lokasi yang tepat dari satelit disebut Data Ephemeris Space Segment Terdiri dari 24 kumpulan satelit. Kumpulan ini diatur sedemikian rupa sehingga alat navigasi menerima sedikitnya sinyal dari 4 satelit. Sinyal ini bisa melewati awan, kaca. User Segment Terdiri dari alat navigasi yang digunakan. Satelit memancarkan Data Almanak dan Ephemeris yang akan diterima secara teratur.

5 KOMPONEN GPRS GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, network screening, user screening, address mapping. SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, updatepelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru. PCU : komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS

6 CARA KERJA SGSN bertugas: 1. Mengirim paket ke Mobile Station (MS) dalam satu area. 2. Mengirim sejumlah pertanyaan ke HLR untuk memperoleh profile data pelanggan GPRS (management mobility). 3. Mendeteksi MS-GPRS yang baru dalam suatu area servis yang menjadi tanggung jawabnya (location management). 4. SGSN dihubungkan ke BSS (Base station subsystem) pada GSM dengan koneksi frame relay melalui PCU (Packet Control Unit) di dalam BSC(Base station controller). GGSN bertugas: Sebagai interface ke jaringan IP external seperti : public internet atau mobile service provider. Memutakhirkan informasi routing dari PDU ( Protokol Data Units ) ke SGSN.

7 PERBANDINGAN GPS DAN GPRS GPS adalah sistem untuk memosisikan, GPRS adalah paket data yang digunakan di HP. GPS dipergunakan untuk mengetahui lokasi di bumi, GPRS untuk mengakses ke internet. GPS menggunakan pancaran sinyal dari satelit yang bergerak, GPRS menggunakan menara pusat penyambungan. GPS membutuhkan 3 stasiun atau lebih untuk bekerja, GPRS hanya 1. GPS bisa digunakan dimana saja, GPRS tidak terjangkau seluas GPS.


Download ppt "GPS & GPRS I KETUT SATHYA ANANDA SUPUTRA (19) 9B."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google