Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROFILE BOARDS DAN VISUAL APPROACH BOARD Pertemuan 9 Matakuliah: Desain Komunikasi Visual II (New Media) Tahun : 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROFILE BOARDS DAN VISUAL APPROACH BOARD Pertemuan 9 Matakuliah: Desain Komunikasi Visual II (New Media) Tahun : 2009."— Transcript presentasi:

1

2 PROFILE BOARDS DAN VISUAL APPROACH BOARD Pertemuan 9 Matakuliah: Desain Komunikasi Visual II (New Media) Tahun : 2009

3 Bina Nusantara University 3 Tujuan Pembelajaran Mahasiswa dapat menjelaskan peran mood pada layout majalah disertai contoh-contoh. Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan studi karakteristik majalah dan profil pembacanya. Mahasiswa dapat menentukan mood yang tepat serta menemukan elemen layout yang sesuai dengan karakter majalah dan target pembacanya.

4 Bina Nusantara University 4 Mood Dalam mengemas pesan melalui layout, perlu mempertimbangkan faktor suasana (mood) yang melingkupi desain yang dibuat. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan mood adalah: - Produk / isu yang ingin dikomunikasikan - Profil dari target komunikasi - Profil dari pesaing

5 Bina Nusantara University 5 Mood Untuk mempermudah dalam menentukan mood dan menemukan elemen desain yang sesuai untuk mendukung terciptanya mood, maka perlu dibuat Profile Boards yang terdiri dari: 1.Product Profile Board 2.Audience Profile Board 3.Competitor Profile Board Setelah itu dapat dibuat Visual Approach Board

6 Bina Nusantara University 6 1. Product Profile Board Mempelajari profil dari produk / isu yang akan dikomunikasikan Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui dengan tepat karakteristik dari produk yang akan dikomunikasikan sehingga keunikan produk dapat ditonjolkan.

7 Bina Nusantara University 7 2. Audience Profile Board Mempelajari profil dari target pembaca Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui dengan tepat segala sesuatu yang berkaitan dengan target pembaca sehingga apa yang disajikan melalui visual dapat diterima sepenuhnya oleh pembaca.

8 Bina Nusantara University 8 3. Competitor Profile Board Melihat profil dari pesaing Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui dengan tepat apa yang telah dilakukan oleh pesaing dan melihat sejauh mana komunikasi visual yang dapat dirancang nantinya. Dengan demikian maka hasil rancangan komunikasi visual akan terlihat unik dan menonjol di antara pesaingnya dan dapat merebut hati target pembacanya.

9 Bina Nusantara University 9 Visual Approach Board Dari ketiga profile boards yang telah disusun maka dapat ditentukan mood yang sesuai dengan kebutuhan untuk diaplikasikan ke dalam layout. Untuk memudahkan dalam pengembangan visual maka dibuat Visual Approach Board yang merupakan referensi dari desain yang sudah ada sebelumnya, yang dapat mengarahkan style yang nantinya akan diaplikasikan pada layout. Referensi ini mencakup elemen-elemen desain seperti skema warna, bentuk tipografi, gaya fotografi / ilustrasi, bentuk elemen grafis pendukung, dan lain sebagainya.

10 Bina Nusantara University 10 Visual Approach Board


Download ppt "PROFILE BOARDS DAN VISUAL APPROACH BOARD Pertemuan 9 Matakuliah: Desain Komunikasi Visual II (New Media) Tahun : 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google