Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendidikan Seni Tari OLEH: Drs. Wien Pudji Priyanto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendidikan Seni Tari OLEH: Drs. Wien Pudji Priyanto."— Transcript presentasi:

1 Pendidikan Seni Tari OLEH: Drs. Wien Pudji Priyanto

2 Seni tari merupakan salah satu jenis kesenian yang sudah ada sejak jaman dahulu, dan sampai saat ini harus dilestariakn keberadaannya. Didalam mempelajari seni tari, tidak sekedar dapat menari saja melainkan harus pula mempelajari unsusr-unsur lain yang tidak dapat ditinggalkan pada saat pentas.

3 Komponen seni pertunjukan yang tidak dapat ditinggalkan pada saat pentas, misalnya tempat dan perlengkapan yang mendukung serta terkait satu sama lainnya, yang semuanya itu terdapat dalam tata teknik pentas.

4 Tata teknik pentas merupakan pengetahuan yang mempelajati seluk beluk pementasan atau pertunjukan, antara lain pengenalan pentas atau panggung ( staging ), komposisi pentas ( composition ), tata rias ( make up ), tata busana ( costuminng ), tata lampu ( lighting ), dekorasi ( scenery ), dan tata suara ( sound sistem ).

5 Menurut dramaturgi, tata teknik pentas adalah segala yang menyangkut soal tata pakaian, tata rias, tata dekor, tata sinar, semuanya ini disesuaikan dengan nada dasar / kebutuhan. Menurut Tjcahyono, tata teknik pentas adalah pengetahuan yang mempelajari seluk beluk tentang pementasan.

6 Ruang Lingkup Tata teknik pentas Ruang lingkup tata teknik pentas meliputi tata panggung, tata dekor, tata cahaya, tata suara, perlengkapan pentas, dan cara perlakuannya.

7 Sejarah pentas meliputi zaman primitif, zaman yunani, zaman romawi, zaman abad pertengahan, zaman ralezan.

8 Bentuk-bentuk pentas Bentuk Arena. Bentuk Proscenium. Bentuk Campuran.

9 Pengertian bentuk-bentuk pentas Bentuk arena adalah pentas yang meniadakan batas pemisah antara pemeran dengan penonton. Bentuk proscenium adalah bentuk pementasan yang memisahkan antara pemain / pentas dengan penonton. Bentuk campuran adalah bentuk pentas yang memiliki bentuk campuran dari teater arena dan teater proscenium dengan menggabungkan dan meniadakan beberapa sifatnya.

10 Fungsi dan Manfaat Mempelajari Tata Teknik Pentas Tata teknik pentas berfungsi sebagai unsur atau komponen yang penting bagi sebuah pertunjukan, tanpa pengetahuan atau menguasai hal tersebut maka hasil secara totalitas nilai artistik kurang baik. Tata teknik pentas sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang penting da perlu diketahui, dipelajatri dan dikuasai oleh oleh mereka yang menggeluti dunia seni pertunjukan. Manfaat bagi individu seniman, artis guru seni, sutradara, koreografer, menjadikan mereka percaya diri, menguasai panggung, arena pertunjukan, dan membuat penonto tertarik.


Download ppt "Pendidikan Seni Tari OLEH: Drs. Wien Pudji Priyanto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google