Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERFORMANCE STUDIES Klasifikasi Sistem Lambang menurut Tadeuz Kowzan (Sumber: Elaine Aston dan George Savona, Theatre as Sign-System: A Semiotics of Text.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERFORMANCE STUDIES Klasifikasi Sistem Lambang menurut Tadeuz Kowzan (Sumber: Elaine Aston dan George Savona, Theatre as Sign-System: A Semiotics of Text."— Transcript presentasi:

1 PERFORMANCE STUDIES Klasifikasi Sistem Lambang menurut Tadeuz Kowzan (Sumber: Elaine Aston dan George Savona, Theatre as Sign-System: A Semiotics of Text and Performance, 1991) 1. kata 2. Nada naskah lisan pemain tanda-tanda yang terdengar waktu tanda-tanda yang terdengar (pemain) 3. mimik 4. gerak-isyarat 5. gerakan – gerakan gerakan ekspresi gerak tubuh tanda-tanda yang terlihat ruang dan waktu tanda-tanda yang terlihat (pemain) 6. dandanan 7. Potongan rambut rambut 8. kostum penampilan bagian luar pemain 9. perlengkapan 10. latar belakang belakang 11. lampu keadaan panggung di luar pemain ruang dan waktu tanda-tanda yang terlihat (di luar pemain) 12. musik 13. pengaruh bunyi bunyi bunyi-bunyi yang tidak diucapkan tanda-tanda yang terdengar waktu tanda-tanda yang terdengar (di luar pemain)

2 Performance Studies Daftar Pertanyaan menurut Patrice Pavis, Pembahasan umum tentang pertunjukan a.Apa yang menyatukan elemen-elemen pertunjukan. b.Hubungan antara sistem-sistem pementasan. c.Berhubungan atau tidak berhubungan. d.Prinsip-prinsip keindahan dari pembuatannya. e.Apa yang menjadi hambatan mengenai produksi, gerakan-gerakan yang kuat atau lemah, gerakan-gerakan yang membosankan.

3 2. Skenografi a.Bentuk-bentuk ruangan: suasana pedesaan, sifat arsitektur, sifat keindahan alami, dan sifat keisyaratan. b.Hubungan antara jenis pertunjukan dengan organisasi ruangan (pentas). c.Sistem pewarnaan dan konotasinya. d.Prinsip-prinsip organisasi ruangan: hubungan pemandangan antara dalam pentas dan luar pentas, hubungan antara daya khayal naskah drama dan ruangan tempat terjadinya cerita dalam pertunjukan tersebut.

4 3. Sistem Pencahayaan 4. Perlengkapan panggung, jenis, fungsi, dan hubungannya dengan ruangan dan hubungannya dengan ruangan serta postur tubuh para pemain. serta postur tubuh para pemain. 5. Kostum: bagaimana keserasiannya dan hubungannya dengan postur tubuh hubungannya dengan postur tubuh para pemain. para pemain.

5 6. Penampilan para pemain a.Gaya permainan yang konvensional atau individual. b.Hubungan antara pemain dan kelompoknya. c.Hubungan antara naskah cerita dan postur tubuh antara pemain dan perannya. d.Kualitas penggunaan isyarat dan kemampuan melawak. e.Kualitas suara. f.Bagaimana mengembangkan dialog.

6 7. Fungsi pengaruh bunyi dan musik 8. Kemajuan pertunjukan a.Kemajuan secara keseluruhan. b.Kemajuan sistem daya tarik tertentu (pencahayaan, kostum, dan daya isyarat). c.Kemajuan yang terus-menerus atau terputus-putus.

7 9. Penafsiran jalan cerita dalam pertunjukan a.Lakon apa yang dipentaskan. b.Pilihan gaya pertunjukan. c.Apa keambiguan yang muncul dalam pertunjukan dan apa batas-batas penjelasannya. d.Bagaimana alur cerita dibentuk. e.Bagaimana cerita dibentuk oleh para pemain dan pentas. f.Apa aliran naskah drama tersebut.

8 10. Naskah cerita dalam pertunjukan a.Ciri-ciri terjemahannya. b.Peran apa yang diberikan pada naskah drama dalam pembentukannya. c.Hubungan antara naskah cerita dengan daya khayal. 11. Penonton a.Di mana pertunjukan itu diselenggarakan. b.Harapan-harapan apa yang Anda inginkan dalam pertunjukan itu. c.Bagaimana tanggapan penonton. d.Peran penonton dalam pembentukan makna.

9 12. Bagaimana mendokumentasikan (dalam bentuk foto atau film) produksi pertunjukan ini a.Bagaimana teknis mendokumentasikan pertunjukan. b.Gambaran pertunjukan mana yang telah disimpan. 13. Apa yang tidak bisa disandikan a.Apa yang tidak memberikan makna menurut penafsiran Anda dalam pembentukan makna. b.Apa yang tidak bisa diungkapkan melalui tanda- tanda dan makna (dan mengapa).

10 14. Lain-lain a.Apakah ada masalah-masalah khusus yang perlu dievaluasi. b.Apa komentar-komentar, saran-saran untuk pengelompokan lebih lanjut tentang daftar pertanyaan dan produksinya.


Download ppt "PERFORMANCE STUDIES Klasifikasi Sistem Lambang menurut Tadeuz Kowzan (Sumber: Elaine Aston dan George Savona, Theatre as Sign-System: A Semiotics of Text."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google